Evaluasi Program Student-Led Conference (SLC) Dalam Meningkatkan Kepemimpinan Siswa

Authors

  • Marianto Sarassang SMP Kristen Palopo
  • Budi Wibawanta Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.2815

Keywords:

Student-Led Conference, CIPP, Evaluasi Program, Kepemimpinan Siswa

Abstract

Student-led-conference (SLC) merupakan salah satu strategi untuk mengkomunikasikan hasil belajar siswa dengan orang tua. Berbeda dengan PTC (Parents-teachers conference), di SLC siswa lebih terlibat dan aktif. Penelitian menemukan bahwa konferensi yang dipimpin siswa dapat meningkatkan pembelajaran siswa karena mereka lebih aktif terlibat untuk mempresentasikan dan mendiskusikan peningkatan mereka dengan orang tua mereka. Oleh karena itu, SLH Palopo menggunakan SLC sebagai strategi untuk mengkomunikasikan kemajuan siswa kepada orang tuanya. Namun SLC sebagai program belum pernah dievaluasi secara komprehensif sejak pertama kali diadakan pada tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dengan menganalisis setiap komponen. Aspek-aspek yang dinilai adalah kebutuhan dan tujuan program SLC di SLH Palopo, perangkat SLC, siklus SLC, alur SLC, dan produk yang menjadi kebutuhan dan tujuan tercapai, dan umpan balik orang tua tentang program ini tahun depan. Berdasarkan evaluasi, program ini sudah baik di setiap komponen, namun masih terus ditingkatkan untuk lebih baik lagi. Berdasarkan evaluasi konteks, sekolah perlu membuat kebijakan khusus untuk program ini dalam konteks SLH Palopo. Sebagai masukan, setiap alat di SLC perlu digunakan secara lebih efektif. Dalam prosesnya, sekolah perlu memfasilitasi kegiatan setelah SLC berdasarkan penetapan tujuan siswa dan melibatkan orang tua. Pada produk, fasilitasi umpan balik orang tua pada SLC berikutnya terutama tentang waktu. Oleh karena itu, program ini akan dilanjutkan tahun depan dengan rekomendasi agar lebih baik lagi di lain waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvianita, C., Tanti, & Hariyadi, B. (2022). Construction and Validation of Evaluation Intrument for Science Learning Programs Based on Context, Input, Process, and Product (CIPP) Models. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8 (3), 1089-1095. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1369 DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1369

Adinugraha, H. H., Sartika, M., Astuti, S. D., & Mahmud, M. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Siswa sebagai Sarana Pengembangan Bakat Kepemimpinan Siswa yang Jujur, Percaya Diri, Tanggungjawab, Disiplin, dan Kreatif. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 251-257. https://doi.org/10.30653/002.202161.653

Arifin, Z. (2019). Evaluasi program. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Astuti, B., & Purwanta, E. (2019). Bimbingan Karier untuk meningkatkan Kesiapan karier. Devstudika.

Arni, I. H., Gunawan, G., Fatwa, B., & Sentoso, I. (2021). Kegunaan Model CIPP dalam Evaluasi Pendidikan Inklusi. MASALIQ, 1(3), 164-175. https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.60 DOI: https://doi.org/10.58578/masaliq.v1i3.60

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75-82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109 DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Barton, R., H. (2015).Memperkuat Jiwa Kepemimpinan Anda: Mencari dan Menemukan Allah di Tengah Tantangan Kepemimpinan. Jawa Timur: Literatur Perkantas.

Benson, B., P. & Barnett, S., P. (2005). Student-led conference: Using showcase portfolios (ed. 2). California: Corvin Press.

Berger, R., Vilen, A. & Woodfin, L. (2020). The Leaders of Their Own Learning Companion: New Tools and Tips For Tackling the Common Challenges of Student-Engaged Assessment. California: Jossey-Bass.

Brown, C. (2020). The Influence of Student-Led Conferences on Communication and Dialogue with Parents. Florida Journal of Educational Research, 58 (7), 58-74.

Cahyorinartri, N. (2018). Motivasi mahasiswa berorganisasi di kampus. Jurnal Psikologi Insight, 2(2), 27-38. https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.14158 DOI: https://doi.org/10.17509/insight.v2i2.14158

Christiani, Y. (2018). Penerapan Model CIPP dalam Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(1). https://doi.org/10.26740/jupe.v6n1.p%25p

Conderman, G., Ikan, P., A., & Hatcher, R., F. (2000). Student-Led Conferences in Inclusive Settings. Intervention in School and Clinic, 36 (1), 22-26. https://doi.org/10.1177/105345120003600103 DOI: https://doi.org/10.1177/105345120003600103

Delfino, A., P. (2019). Student Engagement and Academic Performance of Students of Partido State University. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v15i3.05

Djuanda, I. (2020). Implementasi evaluasi program pendidikan karakter model cipp (context, input, process dan output). Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 3(01), 37-53. https://doi.org/10.36670/alamin.v3i1.39

Enceng, A., L., Wulandari F, R., Purwanto, A. J. (2014). Kepemimpinan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fahmi, A., Hardiansyah, H., & Hakim, L. (2021). Lokakarya dasar kepemimpinan pribadi untuk siswa. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13-16. https://doi.org/10.36312/pmi.v1i1.10

Frey, B., B (Editor). (2018). The Sage Encyclopedia of Educational Research, Measurement, And Evaluation. California: Sage Publications, Inc, DOI: https://doi.org/10.4135/9781506326139

Foster-King, Angele’, (2011).Student-led conferences: perceptions held by parents of children attending a Christian Elementary School. Theses and Dissertations. 126. https://digitalcommons.pepperdine.edu/etd/126

Hidayati, A. N. (2021). Peran Pendidikan Kepramukaan sebagai Media Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 11-20. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191 DOI: https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.191

Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi program pembelajaran di PAUD inklusi dengan model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2), 179-194. https://doi.org/10.14421/ijds.050202 DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Kasmawati, Y. (2021). Kepemimpinan kolaboratif: sebuah bentuk kepemimpinan untuk sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(2), 197-207. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120 DOI: https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i2.5120

Komarudin, K., & Nurpratiwiningsih, L. (2023). Pelatihan Dasar Kepemimpinan untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa SD Negeri Pebatan 01. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 124-134. https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1136 DOI: https://doi.org/10.32815/jpm.v4i1.1136

Klosel, K. (2022). Self-leadership: The Power Behind Empowerment. Journal of the International Council for Small Business, 3 (4), 262-269. https://doi.org/10.1080/26437015.2022.2083998 DOI: https://doi.org/10.1080/26437015.2022.2083998

Krimiyati & Yulia, H. (2018). The Relationship Between Student Engagement and Their Perception of Success in Online Learning. Jurnal Pendidikan teknologi dan Kejuruan,29 (1), 12-22. https://doi.org/10.21831/jptk.v29i1.53966. DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v29i1.53966

Maxwell, J., C. (2017).The 360 Leader: Mengembangkan Pengaruh Anda dari Posisi Manapun dalam Organisasi. Jakarta: BIP.

Moreira, P., A., S., et all. (2018). School Effects on Students’ Engagement with School: Academic Performance Moderates the Effect of School Support for Learning on Students' EngagementLearning and Individual Differences 67, 67-77. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.07.007 DOI: https://doi.org/10.1016/j.lindif.2018.07.007

Newcomer, K., E., Hatry, H., P., & Wholey, J., S. (2015). Handbook of Practical Program Evaluation (ed. 4). New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. DOI: https://doi.org/10.1002/9781119171386

Northouse, Peter G. Leadership: Theory and Practice (ed. 7). California: Sage Publications, Inc, 2016.

Novalinda, R., Ambiyar, A., & Rizal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 137-146. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644 DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Prijambodo. (2014). Monitoring dan Evaluasi. Bogor: IPB Press.

Putra, M. I., Kurniawan, D., & Neliwati, N. (2022). Manajemen Pendidikan Kepemimpinan Siswa di Madrasah Aliyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1426-1434. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2163 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2163

Sisman C., &Bahadir, E. (2021). The Effects of Student Led Conferences on the Improvement of 21st Century Career and Life Skills. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research,20 (4), 152-169. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.4.9. DOI: https://doi.org/10.26803/ijlter.20.4.9

Steinhardt M., A., Dolbier C., L, Mallon, M., W, dan Adams D., T. (2021). The Development and Validation of a Scale for Measuring Self-Leadership.Journal of Self Leadership 1 (2003): 22-33.

Stufflebeam, D., L. & Coryn, C., L., S. (2014). Evaluation, theory, models, and application (ed. 2). San Fransisco: Jossey-Bass.

Taylor-Patel., C. (2011).Student-Led Conferences: An Alternative Reporting Method. Master Theses. The University of Auckland.

Warju. (2016). Educational Program Evaluation Using CIPP Model. Innovation of Vocational Technology Education, 12 (1), 36-42. https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502 DOI: https://doi.org/10.17509/invotec.v12i1.4502

Williams, K. (September 2021).Student-Led Conferences: How to Guide [Halaman Web]. Diakses dari https://hthunboxed.org/unboxed_posts/student-led-conferences-a-how-to-guide/

Walangadi, H., Umar, E., & Patilima, N. A. H. (2023). Pembentukan Karakter Kepemimpinan Siswa Melalui Latihan Dasar Kepemimpinan (Pengabdian Pada Masyarakat Di Jurusan PGSD FIP UNG). Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 413-420. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.413-420.2023

Published

2023-12-30

How to Cite

Sarassang, M., & Wibawanta, B. (2023). Evaluasi Program Student-Led Conference (SLC) Dalam Meningkatkan Kepemimpinan Siswa . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 6(3), 221–234. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.2815

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.