Implementasi Kepemimpinan Mindhunnur dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa MTsN 2 Magelang

Authors

  • Fatimatun Nikmah UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Waluyo Waluyo UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Masruri Syaifurrohman UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Sohamim Sohamim UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6400

Keywords:

Implementasi, Kepemimpinan Mindhunnur, Penguatan, Pendidikan Karakter

Abstract

Urgensi penelitian ini terletak pada efektivitas kepemimpinan mindhunnur terhadap penguatan pendidikan karakter siswa untuk menanamkan sikap baik dan upaya preventif demoralisasi siswa di era disrupsi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk membahas konsep dan implementasi kepemimpinan mindhunnur dalam penguatan pendidikan karakter di MTsN 2 Magelang, termasuk kemampuan pemimpin untuk menciptakan kesadaran pendidikan, merumuskan, merubah, mensosialisasikan dan mengimplementasikan visi pendidikan karakter. Kepemimpinan mindhunnur menekankan pada perubahan di level perencanaan dan pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskripsi analisis kualitatif. Analisis data kualitatif menggunakan teori dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan karakter siswa melalui implementasi kepemimpinan mindhunnur, yang meliputi: 1) merumuskan visi pendidikan karakter, 2) membangun kesadaran pendidikan, baik guru maupun siswa, 3) mendorong kolaborasi guru dengan kesadaran intelektual baru, 4) transformasi positif-konstruktif pada peserta didik. Transformasi positif-konstruktif sebagai kunci kepemimpinan mindhunnur terbukti menguatkan karakter siswa menjadi lebih positif, mandiri, aktif dan produktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endang, R., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2024). Upaya Preventif Demoralisasi Siswa melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1590-1596. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1153

Fanani, M. I., Sa’diyah, M., Ibdalsyah, I., & Tanjung, H. (2024). Defining Strategic Management for Islamic Education Institution. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 3(2), 235-252. https://doi.org/10.54298/ijith.v3i2.360

Hendra, H., & Hasanah, A. (2024). Analisis penguatan karakter disiplin dan gotong royong berbasis pembiasaan di SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.70524

Hikmah, M., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (2025). Optimalisasi Manajemen Kurikulum untuk Mendukung Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(2), 522-533. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5821

Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60

Irsan, I. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Globalisasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 13-27. https://doi.org/10.36671/andragogi.v7i1.1008

Isnaini, M. (2015). Pendidikan Islam Sebagai Grand Design Pendidikan Karakter. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(1), 141-159. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v7i1.93

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi: Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 136-142. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Mukhid, A. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 13(2), 309-328. https://doi.org/10.19105/nuansa.v13i2.1102

Muslim, M. (2020). Kepemimpinan Menurut Perspektif Islam Dalam Membentuk Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 44-55. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.686

Nada, R. (2023). Analisis Perumusan Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Indramayu. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 28-38. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1864

Niam, K. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 Perspektif Mufassir Nusantara. Jurnal Al-Murabbi, 7(2), 271-285. https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.3217

Ningsih, D. R., Ahyani, N., & Putra, M. J. (2024). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan strategi pembelajaran dan penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Kikim Tengah. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1156-1167. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1060

Noor, I. H., & Dartim, D. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam Yang Unggul. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 5(1), 68-84. https://doi.org/10.23917/iseedu.v5i1.15993

Nurafiati, S., Rahayu, T., & Pramono, H. H. (2022). Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Vol. 1). Zahira Media Publisher.

Nurdin, A. (2021). Konsepsi manajemen Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94-116. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.155

Ogunsola, K. O., Sarif, S. M., & Fonatine, R. A. (2020). Islamic Performance Instrument (IPI): An Alternative Servant Leadership (SL) tool for Sustainable Development Goals (SDGs). IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 5(1), 1-20. https://doi.org/10.30659/ijibe.5.1.1-20

Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98-111. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i1.2123

Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1024-1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053

Rahayu, R., & Iskandar, S. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 287-297. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5484

Rijal, M. K., Nasir, M., & Syarief, R. A. (2023). Kecakapan Kepala Madrasah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berorientasi Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 53-63. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).8124

Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58

Qomar, A. S. (2022). Banteng terakhir kesultanan yogyakarta. Kepustakaan Populer Gramedia.

Published

2025-07-30

How to Cite

Nikmah, F., Waluyo, W., Syaifurrohman , M., & Sohamim, S. (2025). Implementasi Kepemimpinan Mindhunnur dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa MTsN 2 Magelang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1001–1014. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6400

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.