Implementasi Kepemimpinan Mindhunnur dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa MTsN 2 Magelang
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6400Keywords:
Implementasi, Kepemimpinan Mindhunnur, Penguatan, Pendidikan KarakterAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada efektivitas kepemimpinan mindhunnur terhadap penguatan pendidikan karakter siswa untuk menanamkan sikap baik dan upaya preventif demoralisasi siswa di era disrupsi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk membahas konsep dan implementasi kepemimpinan mindhunnur dalam penguatan pendidikan karakter di MTsN 2 Magelang, termasuk kemampuan pemimpin untuk menciptakan kesadaran pendidikan, merumuskan, merubah, mensosialisasikan dan mengimplementasikan visi pendidikan karakter. Kepemimpinan mindhunnur menekankan pada perubahan di level perencanaan dan pelaksanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskripsi analisis kualitatif. Analisis data kualitatif menggunakan teori dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan karakter siswa melalui implementasi kepemimpinan mindhunnur, yang meliputi: 1) merumuskan visi pendidikan karakter, 2) membangun kesadaran pendidikan, baik guru maupun siswa, 3) mendorong kolaborasi guru dengan kesadaran intelektual baru, 4) transformasi positif-konstruktif pada peserta didik. Transformasi positif-konstruktif sebagai kunci kepemimpinan mindhunnur terbukti menguatkan karakter siswa menjadi lebih positif, mandiri, aktif dan produktif.
Downloads
References
Endang, R., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2024). Upaya Preventif Demoralisasi Siswa melalui Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1590-1596. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1153
Fanani, M. I., Sa’diyah, M., Ibdalsyah, I., & Tanjung, H. (2024). Defining Strategic Management for Islamic Education Institution. International Journal of Islamic Thought and Humanities, 3(2), 235-252. https://doi.org/10.54298/ijith.v3i2.360
Hendra, H., & Hasanah, A. (2024). Analisis penguatan karakter disiplin dan gotong royong berbasis pembiasaan di SDN 101228 Pargarutan Tapanuli Selatan. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.70524
Hikmah, M., Trihantoyo, S., & Sholeh, M. (2025). Optimalisasi Manajemen Kurikulum untuk Mendukung Elemen Pembelajaran Berdiferensiasi di SMK. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(2), 522-533. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5821
Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Teacher in Educational Research, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.33292/ter.v2i1.60
Irsan, I. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Globalisasi. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 13-27. https://doi.org/10.36671/andragogi.v7i1.1008
Isnaini, M. (2015). Pendidikan Islam Sebagai Grand Design Pendidikan Karakter. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 7(1), 141-159. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v7i1.93
Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi: Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 136-142. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377
Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287
Mukhid, A. (2016). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 13(2), 309-328. https://doi.org/10.19105/nuansa.v13i2.1102
Muslim, M. (2020). Kepemimpinan Menurut Perspektif Islam Dalam Membentuk Budaya Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(01), 44-55. https://doi.org/10.30868/im.v3i01.686
Nada, R. (2023). Analisis Perumusan Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah Negeri 9 Indramayu. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 28-38. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i1.1864
Niam, K. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an Surat Al-‘Alaq Ayat 1-5 Perspektif Mufassir Nusantara. Jurnal Al-Murabbi, 7(2), 271-285. https://doi.org/10.35891/amb.v7i2.3217
Ningsih, D. R., Ahyani, N., & Putra, M. J. (2024). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan strategi pembelajaran dan penguatan pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Kikim Tengah. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1156-1167. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1060
Noor, I. H., & Dartim, D. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Pendidikan Islam Yang Unggul. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 5(1), 68-84. https://doi.org/10.23917/iseedu.v5i1.15993
Nurafiati, S., Rahayu, T., & Pramono, H. H. (2022). Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Vol. 1). Zahira Media Publisher.
Nurdin, A. (2021). Konsepsi manajemen Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur’an. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 94-116. https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v3i01.155
Ogunsola, K. O., Sarif, S. M., & Fonatine, R. A. (2020). Islamic Performance Instrument (IPI): An Alternative Servant Leadership (SL) tool for Sustainable Development Goals (SDGs). IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 5(1), 1-20. https://doi.org/10.30659/ijibe.5.1.1-20
Olifiansyah, M., Hidayat, W., Dianying, B. P., & Dzulfiqar, M. (2020). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. EL-HIKMAH: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 98-111. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v14i1.2123
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1024-1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053
Rahayu, R., & Iskandar, S. (2023). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 287-297. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5484
Rijal, M. K., Nasir, M., & Syarief, R. A. (2023). Kecakapan Kepala Madrasah dalam Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berorientasi Higher Order Thinking Skill. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 53-63. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).8124
Triana, N. (2022). Pendidikan karakter. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 11(1). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v11i1.58
Qomar, A. S. (2022). Banteng terakhir kesultanan yogyakarta. Kepustakaan Populer Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fatimatun Nikmah, Waluyo Waluyo, Masruri Syaifurrohman , Sohamim Sohamim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.