Pengaruh Pembelajaran Origami terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Al-Ghufron Sumberejo Ambulu
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5935Keywords:
Pengaruh, Perkembangan Motorik Halus, Pembelajaran Origami, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa keterampilan motorik halus merupakan aspek penting dalam perkembangan anak usia dini karena berkaitan langsung dengan kemampuan mereka melakukan aktivitas sehari-hari, seperti menulis, menggambar, atau menyusun benda kecil. Namun, masih banyak anak yang mengalami hambatan dalam pengembangan keterampilan ini. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif dan menyenangkan untuk melatih motorik halus adalah melalui aktivitas seni melipat kertas (origami). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran origami terhadap perkembangan keterampilan motorik halus anak usia 5–6 tahun di TK Al-Ghufron Sumberejo Ambulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan model pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Sampel terdiri atas dua kelompok: satu kelompok diberi perlakuan berupa kegiatan origami, sementara kelompok kontrol tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi berbasis indikator perkembangan motorik halus anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kelompok eksperimen, di mana 58,33% anak mencapai kategori "berkembang sesuai harapan" dan 41,67% masuk kategori "berkembang sangat baik", sedangkan tidak ada lagi anak yang berada pada kategori "belum berkembang". Uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,002 (< 0,05), yang mengonfirmasi bahwa pembelajaran origami memberikan pengaruh positif terhadap perkembangan motorik halus. Dengan demikian, origami dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang tidak hanya kreatif dan menyenangkan, tetapi juga efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dasar anak usia dini, serta direkomendasikan untuk diterapkan secara rutin dalam kegiatan pembelajaran di PAUD.
Downloads
References
Adetya, S., & Gina, F. (2022). Bermain origami untuk melatih keterampilan motorik halus anak usia dini. Altruis: Journal of Community Services, 3(2), 46-50. https://doi.org/10.22219/altruis.v3i2.21501
Afifah, T. S., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Montase Pada Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 358-368.
Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46-56. https://doi.org/10.46244/penjaskesrek.v8i1.1368
Alfikri, I., & Ahsyar, T. K. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Seni Origami Berbasis Animasi untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 50-60. http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i2.4286
Andayani, S. (2021). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Jurnal An-nur: kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman, 7(02), 199-212.
Dahlan, M. Z. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 4(3), 335-348. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i3.1911
Damayanti, A., & Aini, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Melipat Kertas Bekas. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 65-77. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.65-77
Fauziah, H. (2024). Pengaruh Aktivitas Membatik Sederhana Dengan Media Tisu Terhadap Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3), 168-175. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i3.7908
Hasanah, U., & Priyantoro, D. E. (2019). Pengembangan kreativitas anak usia dini melalui origami. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 61-72.
Idris, N. R. (2022). Pengaruh Bermain Paper Quilling Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 79-89. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v8i2.10352
Legi, J., Molintao, W., & Sumampouw, V. (2025). Pengaruh Permainan Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah 3-6 Tahun Di Kelurahan Perkamil Lingkungan 8 Kota Manado. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MANADO, 4(1).
Luthfiyah, N. U., Maharani, P. A., Amanda, B., & Rizkia, R. N. (2023). Pengaruh Bermain Origami Terhadap Perkembangan Motorik Anak Paud. Journal of Psychology Today, 1(3), 224-232.
Palupi, E. R. R., Utami, W., & Munfarida, A. I. (2023). Pengaruh Kombinasi Terapi Bermain Playdough Dan Origami Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Hiperaktif. Jurnal Insan Cendekia, 10(3), 160-171. https://doi.org/10.35874/jic.v10i3.1229
Parapat, A. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Origami pada Anak Usia Dini di TK Al-Hikmah. AUD Cendekia, 1(1), 9-17.
Pawestri, C. S., Widyaningsih, T. S., & Tamrin, T. (2020). Pengaruh Bermain Origami terhadap Kreativitas Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ners Widya Husada, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.33666/jners.v5i1.324
Pradita, E. L., Dewi, A. K., Tsuraya, N. N., & Fauziah, M. (2024). Peran orang tua dalam pengembangan bahasa anak usia dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1238-1248. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.883
Puspiani, D., Purbayani, R., & Herniawati, A. (2024). Pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA Sabilissalam Baregbeg Ciamis. Jurnal Intisabi, 2(1), 146-161. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i1.57
Puspitasari, D., & Sofia, A. (2019). Pengaruh Kegiatan Bermain Origami Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). http://dx.doi.org/10.23960/JPSI
Rasid, J., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Kajian tentang kegiatan cooking class dalam meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 5-6 tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 82-91. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2041
Susanti, S., Pusvitasari, D. A., & Hidayat, Y. (2025). Analisis Implementasi Permainan Origami Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Kober Al Hidayah. Jurnal Intisabi, 2(2), 207-223. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i2.86
Wahida, A., & Amal, A. (2023). Pengaruh Kegiatan Melipat (Origami) Menggunakan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Di TK Wahyu. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 4(3), 1713-1722. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i3.2235
Yustiyani, W., & Riyaningrum, W. (2024). Efektivitas Kegiatan Meronce Dengan Media Manik-Manik Dan Media Origami Untuk Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Pertiwi Sokaraja Kulon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 814-823. https://doi.org/10.5281/zenodo.10472254
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.