Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa di Kelas I UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5417Keywords:
Game Edukasi, Wordwall, Media Pembelajaran, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan untuk menemukan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menarik bagi siswa di era digital, mengingat tantangan dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam belajar Bahasa Indonesia, serta pentingnya pemanfaatan teknologi interaktif seperti game edukasi untuk mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana penggunaan game edukasi Wordwall berdampak pada bagaimana siswa kelas I di UPT SPF SD Negeri Panaikang 1 Makassar belajar Bahasa Indonesia lebih baik. Metode eksperimen kuasi digunakan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah menggunakan game edukasi Wordwall. Eksperimen ini dirancang dengan desain pre-test dan post-test. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, tes hasil belajar, dan angket siswa tentang penggunaan Wordwall dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Wordwall meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa secara signifikan. Selain itu, sebagian besar siswa menyukai penggunaan Wordwall karena dianggap menyenangkan dan membantu mereka memahami materi yang diajarkan.
Downloads
References
Amanda, D. A. (2019). Pengembangan game edukasi pada mata pelajaran matematika materi bangun datar berbasis android di SDN 1 jepun. JoEICT (Journal of Education And ICT), 3(2). https://doi.org/10.29100/joeict.v3i2.1241
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.2069
Anugrah, A., Istiningsih, S., & Zain, M. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-216.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Dotutinggi, M., Zees, A., & Rahmat, A. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall Pada Hasil Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Siswa di Sekolah. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 3(2), 363-368. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.363-368.2023
Fajriani, G., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Evaluasi Berbasis Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Generasi Z Kelas X Di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 36-42. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18411
Hasanah, U., & Gudnanto, G. (2023). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Khazanah Pendidikan, 17(2), 73-84. https://dx.doi.org/10.30595/jkp.v17i2.17650
Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2632-2635. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.732
Hidayat, I., Supriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implemantasi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam. Journal on Education, 6(1), 6933-6942.
Lestari, R. D. (2021). Upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi wordwall di kelas IV sdn 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal ilmiah profesi guru (JIPG), 2(2), 111-116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi berbasis wordwall dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140-147. http://dx.doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Nugroho, B. T. T. A. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran pai di sd negeri candirejo. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas dan Intelektualitas, 7(1). https://doi.org/10.31942/pgrs.v7i1.2722
Nuraeni, E. R., Rustini, T., & Mulyana, A. (2023). Analisis Penggunaan Game Edukasi Wordwall Pada Pelajaran IPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas IV SD. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 201-214. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2031
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi wordwall tema indahnya kebersamaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093-4100. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490
Rahayu, W. P., Hidayat, R., Zutiasari, I., Rusmana, D., Indarwati, R. A. A., & Zumroh, S. (2023). Peningkatan kemampuan membuat media pembelajaran dengan bantuan website Genially pada guru-guru SMK Islam Batu. Universitas, 1, 6.
Reza, M. F., & Nopiyadi, D. (2022). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran berbasis Game Edukasi Wordwall pada Mata Kuliah Jarigan Komputer. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5459-5467. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6346
Rohmatin, R. (2023). Penggunaan game edukasi berbasis wordwall untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79-88. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2039
Susanti, D., Sari, L. Y., & Fitriani, V. (2022). Increasing student learning motivation through the use of interactive digital books based on Project Based Learning (PjBL). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 1730-1735. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1669
Walidah, G. N., Mudrikah, A., & Saputra, S. (2022). Pengaruh penggunaan game edukasi wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Uninus Journal of Mathematics Education and Science (UJMES), 7(2), 105-115. https://doi.org/10.30999/ujmes.v7i2.2140
Widyastuti, R., & Puspita, L. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis game edukasi pada matpel IPA tematik kebersihan lingkungan. Paradigma–Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 95-100. https://doi.org/10.31294/p.v21i2
Wijayanto, E., & Istianah, F. (2017). Pengaruh penggunaan media game edukasi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Kajartengguli Prambon Sidoarjo. Jurnal penelitian pendidikan guru sekolah dasar, 5(3), 254411.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.