Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik dalam Mata Pembelajaran Al – Qur’an Hadist di Mi Al – Qur’anul Hakim Kota Probolinggo

Authors

  • Prety Shinta Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
  • Nur Khosiah Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
  • Yulina Fadilah Institut Ahmad Dahlan Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4868

Keywords:

Penanaman, Karakter Disiplin, Peserta Didik, Mata Pembelajaran, Al – Qur’an Hadist

Abstract

Penanaman karakter disiplin pada peserta didik melalui mata pelajaran Al-Qur'an Hadist di Al – Quranul Hakim Kota Probolinggo merupakan upaya penanaman untuk membentuk kepribadian dan sikap peserta didik yang bertanggung jawab dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari penanaman karakter disiplin dalam konteks pendidikan agama Islam, dengan fokus pada penguatan kemandirian, peningkatan prestasi akademik, dan pengembangan etika serta moral. Melalui pendekatan pembelajaran yang terintegrasi dengan ajaran Al-Qur'an dan Hadist, peserta didik diajarkan untuk mematuhi aturan, menjalankan ibadah dengan konsisten, dan mengembangkan sikap tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin secara signifikan meningkatkan kemandirian peserta didik dalam mengelola waktu dan tugas, serta memperbaiki prestasi akademik mereka. Selain itu, peserta didik mengalami penguatan dalam aspek etika dan moral, yang berkontribusi pada pembentukan karakter positif dan kemampuan sosial yang baik. Namun, penelitian juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti potensi tekanan berlebih dan keterbatasan kreativitas yang mungkin timbul akibat penerapan disiplin yang kaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, S. (2018). Pendidikan Islam dalam membangun karakter bangsa di era milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 233-247. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.286-308

Magfiroh, L., Desyanty, E. S., & Rahma, R. A. (2019). Pembentukan karakter disiplin anak usia dini melalui metode pembiasaan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Nonformal, 14(1), 54.

Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Batusangkar. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 147-160.

Muhammad, R., Arif, M. Z., & Kurniato, R. (2020). Pemikiran Ibnu Sahnun Tentang Etika Profesi Guru Dan Relevansinya Dengan Undang-Undang Kode Etik Profesi Guru. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 286–308. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.2.286-308

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. 3(6), 3758–3768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303

Sultonurohmah, N. (2017). Strategi penanaman nilai karakter jujur dan disiplin siswa. AL IBTIDA': Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 1-21.

Surakarta, I. (2019). Laporan Hasil Observasi Siswa Pendahuluan. 3(1), 1–13.

Katili, T. (2018). Revitalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Meningkatkan Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 81-101.

Supiana, S., Hermawan, A. H., & Wahyuni, A. (2019). Manajemen Peningkatan Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 193-208. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5526

Bidin, I., Isnaini, M., Mishart, M., Wismanto, W., & Amin, K. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 4(4), 1448-1460.

Ibrahim, R., Asmarika, A., Salim, A., Wismanto, W., & Abunawas, A. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1082-1088. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.371

Junaidi, J., Syahputra, A., Asmarika, A., Syafitri, R., & Wismanto, W. (2023). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam Pembinaan Akhlak di SDIT Uwais Al Qarni Pekanbaru. Journal of Education Research, 4(3), 1162-1168. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.391

Saadah, R., Asy’ari, H., & Jemani, A. (2022). Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.1

Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolosi Industri 4.0 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(2), 220-231. https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049

Neng, N. N. (2023). Konsep Peserta Didik Dalam Alquran Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Era Digital. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 7(1). http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i1.13386

Syaifuddin, M. A., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan pendidikan karakter melalui kurikulum muatan lokal di SMP muhammadiyah 2 taman. Palapa, 7(2), 267-285. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i2.358

Herlina, R., Saam, Z., & Syahza, A. (2022). Penanaman Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), 97-107.

Aulia, M. G., & Nafiisah, J. (2023). Internalisasi Nilai Nilai Pembelajaran Al Qur'an Hadis dalam Kehidupan Siswa: Studi Kasus MTsN 1 Bantul. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 3(1), 63-75. https://doi.org/10.14421/hjie.2023.31-05

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44-50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1342

Rukajat, A., & Iskandar, S. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Kebiasaan Ibadah Shalat Peserta Didik Di SDIT Al–Istiqomah dan MI Al–I’anah Kabupaten Karawang. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 458-471. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i1.507

Published

2024-11-26

How to Cite

Shinta, P., Khosiah, N., & Fadilah, Y. (2024). Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik dalam Mata Pembelajaran Al – Qur’an Hadist di Mi Al – Qur’anul Hakim Kota Probolinggo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 577–587. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4868

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.