Analisis Karakter Siswa Hiperaktif dalam Proses Pembelajaran MI Miftahul Ulum dan Upaya Mengatasinya
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4839Keywords:
Analisis, Karakter Siswa, Hiperaktif, Proses Pembelajaran, KualitatifAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana menganalisis karakter siswa hiperaktif di MI Miftahul Ulum, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab perilaku hiperaktif pada siswa, dan mengevaluasi efektivitas upaya-upaya yang diterapkan untuk menangani perilaku tersebut dalam konteks pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum untuk menganalisis karakter siswa hiperaktif di MI Miftahul Ulum, mengidentifikasi faktor penyebab, serta mengevaluasi upaya-upaya penanganannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, melibatkan observasi, wawancara dengan guru beserta orang tua, dan dokumentasi. Adapun tahapan analisis data dilakukan dengan reduksi data yang sudah terkumpul dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian penyajian data yang telah direduksi disajikan dalam bentuk narasi deskriptif untuk memudahkan penarikan kesimpulan. Kesimpulan tersebut dibuat berdasarkan temuan-temuan mengenai karakter siswa hiperaktif, faktor penyebab dan upaya yang telah diterapkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk memverifikasi keabsahan data yang diterapkan melalui penggunaan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi memberikan gambaran langsung dari sistuasi yang diteliti, wawancara memberikan pandangan mendalam dari informan, dan dokumentasi memberikan data tertulis yang memperkaya informasi yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa hiperaktif sering menunjukkan perilaku yang sulit diatur, seperti ketidakmampuan untuk duduk diam, impulsif, dan kesulitan berkonsentrasi. Faktor penyebab termasuk kondisi keluarga yang kurang harmonis, lingkungan tempat tinggal yang tidak kondusif, dan pengaruh teman sebaya. Guru menerapkan berbagai strategi penanganan, termasuk pendekatan pribadi, pemberian tugas khusus, metode pengajaran variatif, dan kolaborasi dengan orang tua. Konseling individu dan terapi modifikasi perilaku juga digunakan untuk membantu siswa hiperaktif. Penanganan siswa hiperaktif memerlukan pendekatan komprehensif dan kerjasama antara guru, kepala sekolah, orang tua, dan siswa, dengan tujuan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan mendukung perkembangan akademik serta sosial siswa.
Downloads
References
Arita, E., Surya, H., & Erwinda, L. (2024). Peran Guru dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperaktif di TK Syamil Kids. Jurnal Syntax Admiration, 5(9), 3640-3651. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i9.1615
Khasanah, H., Nurkhasanah, Y., & Riyadi, A. (2017). Metode Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Sholat Dhuha Pada Anak Hiperaktif Di Mi Nurul Islam Ngaliyan Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(1), 1-25. https://doi.org/10.21580/jid.v36.1.1623
Laswandi, H., & Mularsih, H. (2021). Pengembangan Fasilitas Kursi Belajar Yang Ergonomis Dan Antropometri Untuk Anak Hiperaktif di Sekolah Inklusi. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 5(1), 145-153. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v5i1.7742.2021
Muhaimin, M., Sholikhah, A., Rahma, H., Al Anan, M. Y., & Inaya, V. R. (2023). Penanganan Siswa Hiperaktif di Sekolah Dasar melalui Model Contextual Teaching Learning (CTL) Berbantuan Metode Self Instruction. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(2), 169-180. https://doi.org/10.35878/guru.v3i2.811
Ningrum, S. P. (2023). Analisa Kendala Guru Dalam Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus Attention Deficit Hyperactivity Disorder di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(2), 159-166. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i2.2409
Nissa, I. (2018). Analisis Perkembangan Emosional Anak Berkebutuhn Khusus Hiperaktif Dan Gangguan Konsentrasi Di Tk Aisyiyah 33 Surabaya. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 14-22. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3601
Nurafifah, W., & Rachmania, S. (2023). Analisis kepribadian anak hiperaktif dalam proses pembelajaran di kelas ii sekolah dasar serta upaya mengatasinya. Mindset: Jurnal Pemikiran Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 36-43. https://doi.org/10.56393/mindset.v3i2.1557
Palupi, E. R. R., Utami, W., & Munfarida, A. I. (2023). Pengaruh Kombinasi Terapi Bermain Playdough Dan Origami Dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Anak Hiperaktif. Jurnal Insan Cendekia, 10(3), 160-171. https://doi.org/10.35874/jic.v10i3.1229
Rizqi, A. M., Permana, B. S., Reygita, H., Rostika, D., & Sudarmansyah, R. (2024). Analisis Faktor Dan Dampak Perilaku Hiperaktif Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Terhadap Hasil Belajar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 104-113. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2723
Roniyati, L., & Peritiwi, R. P. (2020). Permasalahan Proses Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus Hiperaktif di Sekolah Luar Biasa Negeri Martapura. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 2(1), 40-47. https://doi.org/10.30599/jemari.v2i1.547
Sabani, F. (2023). Sinergi Edukasi: Analisis Komunikasi Guru-Orang Tua Dalam Manajemen Perilaku Anak Hiperaktif. TUNAS CENDEKIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 43-51. https://doi.org/10.24256/tunascendekia.v6i2.5490
Sari, M. E., Rahmawati, M., & Rezeki, S. (2024). Upaya Mengatasi Anak Hiperaktif Dengan Metode Bernyanyi Lagu-Lagu Islami di RA Nur Hidayah Jajaran Baru 2 Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas. Tazkirah, 9(1), 7-13. https://doi.org/10.53888/tazkirah.v9i1.708
Soviana, A., Amin, S. M., Hartatik, S., & Nafiah, N. (2024). Upaya Guru dalam Pembinaan Sikap Sosial Siswa Berkebutuhan Khusus Hiperaktif di SDN Kutisari 1/268 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 828-834. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.723
Sultan, S. (2015). Perilaku Hiperaktif Siswa Di Smp Negeri 2 Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 130-142. https://doi.org/10.35905/alishlah.v13i2.497
Susanto, B. H., & Hidayat, M. I. (2022). Peran guru dalam meningkatkan minat belajar anak hiperaktif kelas V SD muhammadiyah ambarketawang 2, gamping, sleman. El Midad: Jurnal Jurusan PGMI, 14(1), 40-51. https://doi.org/10.20414/elmidad.v14i1.5169
Syahfitri, D., Witono, H., & Saputra, H. H. (2024). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif di Kelas Tinggi SD Negeri 20 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 957-965. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13419
Syahrizal, S., & Suci, A. E. (2020). Peran Guru Dalam Pembelajaran Anak Hiperaktif di PAUD Aqilah Desa Bahung Sibatu-Batu Kec Sei Dadap Kab Asahan. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 19(2), 150-158. https://doi.org/10.47467/mk.v21i2.1014
Trisna, E. L., & Ana, R. F. R. (2023). Studi Kasus Perilaku Anak Hiperaktif Di SDN 3 Sukoharjo Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung. Jurnal Simki Postgraduate, 2(4), 289-297. https://doi.org/10.29407/jspg.v2i4.458
Widodo, A., Rahmatih, A. N., Novitasari, S., & Nursaptini, N. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 145-154. https://doi.org/10.21067/jbpd.v4i2.4434
Wilyanita, N., Herlinda, S., & Wulandari, D. R. (2023). Efektifitas Peran Guru Pendamping (Shadow Teacher) Anak Hiperaktif Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3617-3622. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11589
Wulandari, H., & Yuniar, R. (2024). Peran Guru PAUD Dalam Membangun Lingkungan Belajar Yang Mendukung Bagi Anak Hiperaktif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(15), 440-444. https://doi.org/10.5281/zenodo.13823110
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.