Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Wordwall pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Enrekang

Authors

  • Isra Nurul Asfani Risal Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Putriyani Putriyani Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Nadar Nadar Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4825

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Edukatif Wordwall, Bangun Datar, Hasil Belajar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran game edukatif berbasis Wordwall pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Enrekang. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran game edukatif berbasis wordwall pada materi bangun datar kelas IV SDN 1 Enrekang, dan juga bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran (guru kelas IV) serta diuji coba pada 22 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli media memberikan penilaian sebesar 100%, ahli materi 89%, dan praktisi pembelajaran 97%. Secara keseluruhan, validasi dari ketiga ahli tersebut memperoleh nilai rata-rata 96%, yang dikategorikan sangat valid. Ujicoba lapangan terhadap 22 peserta didik menggunakan game edukatif wordwall memperoleh 93% dengan hasil tersebut menunjukkan kategori yang dicapai yaitu “sangat layak”. maka kepraktisan media pembelajaran game edukatif dikategori sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Pada saat uji lapangan menggunakan media pada tahap pretest diperoleh nilai persentase 65% dan nilai persentase pada tahap postest 87% peningkatan terlihat pada peserta didik terhadap hasil belajar materi bangun datar di kelas IV SDN 1 Enrekang. Hasil penilaian media pembelajaran berupa game edukatif berbasis Wordwall yang dikembangkan peneliti menunjukkan bahwa efektif dan layak dipergunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar peserta didik kelas IV di SDN 1 Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afidah, N., & Subekti, F. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Game Edukasi Digital terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 8(3), 1944-1952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7564

Auliya, A. F., Fitriasari, E., Nurunnisa, M., & Marini, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 953-968. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i8.5765

Dahnial, I. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Gaull (Game Edukasi Wordwall) Pada Materi Hak Dan Kewajiban Kelas V Upt SD Negeri 065003 Medan Labuhan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 17-30. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13040

Hasanah, K. U., Makmun, M. N. Z., & Aisyah, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(1), 69-78. https://doi.org/10.51214/bip.v4i1.854

Istika, D. D. B., & Rusnilawati, R. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Wordwall Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12658-12663. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.34183

Jianingsih, P., Fatimah, P., Sabarunisa, N. I., Zaini, A. N., Sari, N., & Sani, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran PBL Berbasis Media Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 787-793. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2169

Lindha, F., & Awaliyah, S. (2021). Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media (PASIPUT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas III SDN 6 DAMPIT. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2545

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884-6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Marlita, I. N., Patonah, S., Ariestanti, E., & Miyono, N. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Game dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 725-735. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4229

Maryanti, I. (2024). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Peserta Didik dengan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(1), 630-639. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1636

Melisa, M., Arafah, A. A., Sukriadi, S., Rahmi, R. P., Iksam, I., & Wahyuningsih, T. (2024). Pengembangan WEBANGDA sebagai Media Pembelajaran Digital berbasis Weebly dan Wordwall Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(2), 567-575. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1618

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.791

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. http://dx.doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Nuria, S., Firman, F., & Desyandri, D. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Wordwall Pada Pembelajaran Matematika di SDN Percobaan Padang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2264-2273. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11740

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran online berbasis game edukasi wordwall tema indahnya kebersamaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093-4100. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81-95. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8749

Putri, R. N., Suhendra, I., Darmansyah, D., & Fitria, Y. (2024). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Sdn 12 Sungai Sapih. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 1954-1963. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11655

Sari, L. N., Budiyono, B., & Febriani, E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif Dan Game Edukasi Wordwall di SD Negeri Lawangan Daya 2 Pamekasan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3351-3359. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14225

Setiawan, D., & Darmawan, P. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Ular Tangga Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V Di Sdn Tlogomas 2 Pada Konsep Perbandingan Ciri-Ciri Bangun Datar. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(9), 1-1. https://doi.org/10.17977/um067v3i92023p1

Siagian, G. I., & Tarigan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 6(1), 886-893. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3007

Sitinjak, E. K., Marpaung, L. N. B., Simanungkalit, A. N., Simanullang, W., & Sihite, D. M. (2024). Penerapan Media Berbasis Wordwall Dalam Belajar Di SMA Swasta Bersama Brastagi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 1854-1859. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2978

Syahputera, A. A., Misdalina, M., & Septeiyawan, B. Z. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall Materi Bangun Datar SD. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 10(2), 331-339. https://doi.org/10.30596/edutech.v10i2.20534

Utami, D., & Setiabudi, D. I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Al-Zaytun. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 8(3), 21-30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v8i3.6974

Wildan, A., Suherman, S., & Rusdiyani, I. (2023). Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623-1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357

Yusra, I., & Reflina, R. (2024). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wordwall Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10(1), 303-313. https://doi.org/10.29100/jp2m.v10i1.6215

Published

2024-11-26

How to Cite

Risal, I. N. A., Putriyani, P., & Nadar, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukatif Berbasis Wordwall pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Enrekang . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 564–576. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4825

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.