Keterkaitan Prestasi Olahraga dan Prestasi Akademik “Menemukan Keseimbangan Optimal dalam Tumbuh Kembang Siswa"
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4636Keywords:
Prestasi Olahraga, Prestasi Akademik, Keseimbangan BelajarAbstract
Urgensi permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih kurangnya penelitian yang membahas mengenai hubungan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar khususnya pada siswa yang memiliki prestasi dibidang olahraga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara prestasi olahraga terhadap kemampuan akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah trend study merupakan penelitian deskriptif untuk melihat kecendrungan perkembangan proses belajar atau prediksi dibuat berdasarkan pertimbangan data longitudinal yang ada. Hasil penelitian prestasi olahraga dapat memberikan banyak dampak positif pada prestasi akademik anak, seperti peningkatan disiplin, keterampilan memecahkan masalah, dan kepercayaan diri. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, anak yang terlalu fokus pada olahraga bisa mengalami penurunan prestasi akademik karena kurangnya waktu dan energi untuk belajar. Penting bagi orang tua, guru, dan pelatih untuk membantu anak menemukan keseimbangan antara olahraga dan akademik agar mereka dapat mencapai potensi terbaiknya dalam kedua bidang tersebut.
Downloads
References
Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75-82. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82
Andiri, L., & Sultoni, K. (2017). Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi akademik mahasiswa olahraga. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 137-141. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i2.8063
Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126-134. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103
Asih, D., & Hasanah, E. (2021). Manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi siswa sekolah dasar. Academy Of Education Journal, 12(2), 205-214. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.461
Indrayogi, I. (2020). Korelasi Antara Tingkat Kesegaran Jasmani (Physical Fitness) Dan Kesehatan Mental (Mental Hygiene) Dengan Prestasi Belajarpendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jounal Respecs, 2(1), 7-14. https://dx.doi.org/10.31949/jr.v2i1.2008
Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153-164. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454
Jauhari, R., Supriatna, S., Fadhli, N. R., & Roesdiyanto, R. (2022). Hubungan Aktivitas Olahraga dengan Prestasi Akademik pada Atlet Akademi Arema U-14. Sport Science and Health, 4(10), 881-893. https://doi.org/10.17977/um062v4i102022p881-893
Khasanah, D., & Prasetyo, D. D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155-172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484
Khodari, R. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 15(2). http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2740
Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2). https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2410
Mulyana, A., Salsabil, A. M., Muthmainah, A., Aulia, N. F., Al Syifa, N., Noviyanti, N. S., & Ristianti, R. (2024). Pentingnya Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Anak Sekolah Dasar Melalui Olahraga dan Aktivitas Fisik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2705-2712. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1151
Nurhidayat, N., Triadi, C., & Fathurrahman, F. (2020). Tingkat Prestasi Akademik Ditinjau Dari Kebugaran Jasmani (Vo2 Max) Mahasiswa. Jurnal Porkes, 3(1), 26-30. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2010
Olivia, N., & Ap, I. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Bagi Siswa SMAK Peter dan Paul Tomohon. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), 55-62. https://doi.org/10.51667/jmpk.v3i1.1362
Pasaribu, E., Simbolon, N. T., Panjaitan, N. R. P., Situmorang, N. D., & Siddik, F. (2024). Pengaruh Program Olahraga Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6502-6508
Prasetya, R., Ningsih, M., Ningsih, S., & Widowati, A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Siswa Berprestasi di Bidang Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(2), 76-80. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i2.1626
Prastyawan, R. R., & Pulungan, K. A. (2022). Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 185-193. http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v18i2.55859
Richki, F., Siregar, B., Santika, M., Nabila, M., & Ritonga, N. H. (2024). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Medan. Journal on Education, 6(2), 14639-14646. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5326
Saputra, R., & Barikah, A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 60-68. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4985
Saputra, Y. D. (2017). Hubungan efikasi diri terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 5(1). https://doi.org/10.32682/bravos.v5i1.419
Sitorus, J., Ndona, Y., & Saragi, D. (2022). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 107955 Lubuk Pakam. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 477-481. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1889
Subarjah, H. (2016). Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIKA, 9(1). https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v9i1.660
Valentino, R. F., & Ardian, A. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga. Jurnal Olahraga, 3(1), 41-50. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.71
Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan antara kelelahan, motivasi belajar, dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. Jurnal Biomedik: JBM, 12(2), 125-131. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.