Keterkaitan Prestasi Olahraga dan Prestasi Akademik “Menemukan Keseimbangan Optimal dalam Tumbuh Kembang Siswa"

Authors

  • Muhammad Harliawan Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4636

Keywords:

Prestasi Olahraga, Prestasi Akademik, Keseimbangan Belajar

Abstract

Urgensi permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih kurangnya penelitian yang membahas mengenai hubungan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar khususnya pada siswa yang memiliki prestasi dibidang olahraga. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui korelasi antara prestasi olahraga terhadap kemampuan akademik siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah trend study merupakan penelitian deskriptif untuk melihat kecendrungan perkembangan proses belajar atau prediksi dibuat berdasarkan pertimbangan data longitudinal yang ada. Hasil penelitian prestasi olahraga dapat memberikan banyak dampak positif pada prestasi akademik anak, seperti peningkatan disiplin, keterampilan memecahkan masalah, dan kepercayaan diri. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, anak yang terlalu fokus pada olahraga bisa mengalami penurunan prestasi akademik karena kurangnya waktu dan energi untuk belajar. Penting bagi orang tua, guru, dan pelatih untuk membantu anak menemukan keseimbangan antara olahraga dan akademik agar mereka dapat mencapai potensi terbaiknya dalam kedua bidang tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75-82. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82

Andiri, L., & Sultoni, K. (2017). Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi akademik mahasiswa olahraga. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 2(2), 137-141. https://doi.org/10.17509/jtikor.v2i2.8063

Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126-134. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v7i2.28103

Asih, D., & Hasanah, E. (2021). Manajemen kesiswaan dalam peningkatan prestasi siswa sekolah dasar. Academy Of Education Journal, 12(2), 205-214. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.461

Indrayogi, I. (2020). Korelasi Antara Tingkat Kesegaran Jasmani (Physical Fitness) Dan Kesehatan Mental (Mental Hygiene) Dengan Prestasi Belajarpendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar. Jounal Respecs, 2(1), 7-14. https://dx.doi.org/10.31949/jr.v2i1.2008

Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). Prediktor prestasi belajar siswa kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, 44(2), 153-164. https://doi.org/10.22146/jpsi.27454

Jauhari, R., Supriatna, S., Fadhli, N. R., & Roesdiyanto, R. (2022). Hubungan Aktivitas Olahraga dengan Prestasi Akademik pada Atlet Akademi Arema U-14. Sport Science and Health, 4(10), 881-893. https://doi.org/10.17977/um062v4i102022p881-893

Khasanah, D., & Prasetyo, D. D. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155-172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484

Khodari, R. (2017). Evaluasi Program Pendidikan Kelas Khusus Olahraga Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sewon Bantul Yogyakarta. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 15(2). http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v15i2.2740

Mona, S., & Yunita, P. (2021). Faktor-faktor yang berhubungan dengan prestasi belajar mahasiswa. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(2). https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2410

Mulyana, A., Salsabil, A. M., Muthmainah, A., Aulia, N. F., Al Syifa, N., Noviyanti, N. S., & Ristianti, R. (2024). Pentingnya Meningkatkan Kebugaran Jasmani pada Anak Sekolah Dasar Melalui Olahraga dan Aktivitas Fisik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2705-2712. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1151

Nurhidayat, N., Triadi, C., & Fathurrahman, F. (2020). Tingkat Prestasi Akademik Ditinjau Dari Kebugaran Jasmani (Vo2 Max) Mahasiswa. Jurnal Porkes, 3(1), 26-30. https://doi.org/10.29408/porkes.v3i1.2010

Olivia, N., & Ap, I. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler Bagi Siswa SMAK Peter dan Paul Tomohon. JMPK: Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 3(1), 55-62. https://doi.org/10.51667/jmpk.v3i1.1362

Pasaribu, E., Simbolon, N. T., Panjaitan, N. R. P., Situmorang, N. D., & Siddik, F. (2024). Pengaruh Program Olahraga Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(5), 6502-6508

Prasetya, R., Ningsih, M., Ningsih, S., & Widowati, A. (2024). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Siswa Berprestasi di Bidang Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(2), 76-80. https://doi.org/10.37630/jpo.v14i2.1626

Prastyawan, R. R., & Pulungan, K. A. (2022). Signifikansi Kebugaran Jasmani Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(2), 185-193. http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v18i2.55859

Richki, F., Siregar, B., Santika, M., Nabila, M., & Ritonga, N. H. (2024). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 3 Medan. Journal on Education, 6(2), 14639-14646. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.5326

Saputra, R., & Barikah, A. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(1), 60-68. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v4i1.4985

Saputra, Y. D. (2017). Hubungan efikasi diri terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani. Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 5(1). https://doi.org/10.32682/bravos.v5i1.419

Sitorus, J., Ndona, Y., & Saragi, D. (2022). Analisis Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi di SD Negeri 107955 Lubuk Pakam. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 477-481. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i03.1889

Subarjah, H. (2016). Hubungan antara Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIKA, 9(1). https://doi.org/10.2121/sosiohumanika.v9i1.660

Valentino, R. F., & Ardian, A. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga. Jurnal Olahraga, 3(1), 41-50. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.71

Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan antara kelelahan, motivasi belajar, dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. Jurnal Biomedik: JBM, 12(2), 125-131. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516

Published

2024-10-31

How to Cite

Harliawan, M. (2024). Keterkaitan Prestasi Olahraga dan Prestasi Akademik “Menemukan Keseimbangan Optimal dalam Tumbuh Kembang Siswa". Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 385–394. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4636

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.