Implementasi Fundamental Movement Skills (FMS) Pada Anak Sekolah Dasar
Abstract
Fundamental Movement Skills (FMS) merupakan keterampilan dasar yang sangat penting untuk dimiliki siswa dengan tujuan meningkatkan kualitas gerak dalam kehidupan sehari-hari Keterampilan gerak dasar siswa adalah subjek penelitian ini, meliputi kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi. Penelitian ini menggunakan Metode survei deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini disalah satu sekolah dasar negeri di Makassar dengan jumlah sampel 30 siswa berusia 6-9 tahun, dengan menggunakan metode sampling purposive. Pada penelitian ini mengukur keterampilan gerak dasar siswa melalui gerakan yang mengukur kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gerak fundamental pada aspek kelincahan siswa terdapat 18 siswa persentasi 60% berkategori tinggi, 9 siswa dengan persentasi 30% berkategori sedang, dan 3 siswa dengan persentasi 10% berkategori rendah pada siswa, keterampilan gerak dasar pada aspek keseimbangan terdapat 9 siswa dengan persentasi 30% berkategori tinggi, terdapat 15 siswa dengan persentasi 50% berkategori sedang, dan 6 siswa dengan persentasi 20% berkategori rendah, keterampilan gerak dasar pada aspek koordinasi terdapat 6 siswa dengan persentasi 20% berkategori tinggi, 15 siswa dengan persentasi 50% berkategori sedang dan 9 siswa dengan persentasi 30% berkategori rendah. Temuan dari penelitian ini yaitu pentingnya memberikan support dan dorongan kepada anak khususnya usia sekolah dasar untuk latihan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar atau Fundamental Movement Skills.
Downloads
Metrics
References
Atty, J. C. (2023). Peningkatan Pola Gerak Dasar Menggunakan Model Permainan Menjala Ikan pada Siswa TK Dharwasi Nonbes. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2920-2932. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6189
Desri, D., Nuryadi, N., & Carsiwan, C. (2023). Profil Gerak Dasar Manipulatif Melempar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2), 154-164. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i2.6243
Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan gerak dasar anak usia dini pada taman kanak-kanak (tk) di kota surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 3(2).
Haris, I. N., Rosti, R., Zulfikar, M., & Esni, E. (2022). Studi Cross Sectional Fundamental Movement Skills Siswa Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 222–228. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1420
Irsakinah, I., & Yaswinda, Y. (2021). Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 99-108. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.99-108
Ismail, G. Z., Indahwati, N., & Tuassikal, A. R. S. (2024). Development of the Fusion Raceway Circuit Game to Improve Students' Fundamental Movement Skills. Teknodika, 22(1). https://doi.org/10.20961/teknodika.v22i1.84804
Karisman, V. A., Friskawati, G. F., & Supriadi, D. (2018). Kontribusi Media Pembelajaran Edukatif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 185-192.
Kesumawati, S. A. A., Fahritsani, H., Asri, N., & Pratiwi, E. (2020). The effectiveness of the let’s exercise fundamental movement skills model on children with mild intellectual disabilitys in special need education of palembang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 114-121. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12528
Ningrum, D. T. M., Hafizah, H., Amelia, D., Mahyudi, Y. V., Maulana, E., & Rizqia, R. (2024). Introduction of Fundamental Movement Skill (FMS) in Elementary School. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1408-1416. https://doi.org/10.36526/gandrung.v5i1.3520
Nurcahyo, P. J., & Budi, D. R. (2021). Fundamental Movement Skills: Identifikasi Keterampilan Gerak Dasar Olahraga Pada Siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 265-270. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1473
Oktadinata, A., Subarjah, H., & Hidayat, Y. (2023). Pengaruh Integrasi Latihan Gerak Dasar Pendidikan Jasmani terhadap Perkembangan Motorik Siswa SD diMasa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 506-517. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5263
Pakabu, S. R., Ardini, P. P., & Utoyo, S. (2021). Stimulasi Gerakan Nonlokomotor pada Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 40-50.
Permana, R., Winarno, M. E., Rahayu, S., & Pd, H. S. (2024). Literasi Fisik di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik menilai Literasi Fisik Usia 8-12 Tahun. EDU PUBLISHER.
Pratama, H. (2023). Fundamental Movement Skills (FMS): Identifikasi Keterampilan Gerak Dasar Dalam Ekstrakurikuler Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 1-10.
Ricky, Z., & Triana, E. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Dengan Modifikasi Permainan Kecil Di Sekolah Dasar. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(02), 161-167. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i02.516
Ropi, U. A., & Kardani, G. (2021). Pengaruh Program Fundamental Movement Skills Terhadap Pengembangan Proses Sosial (Assosiatif dan Disosiatif) Siswa SD. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 28-39. https://doi.org/10.25157/jkor.v7i1.5313
Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi, I. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438-448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2260
Syafei, M., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Festiawan, R., Kusnandar, K., Nurcahyo, P. J., ... & Qohhar, W. (2020). Functional Movement Screening: An early detection of the student injury risk in sport class. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 182-191.
Tumaloto, E. H., & Ruslan, R. (2023). Pengaruh Permainan Kasti terhadap Gerak Dasar Siswa SDN 70 Kota Tengah. Journal on Education, 6(1), 6063-6071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3776
Utoyo, S., Juniarti, Y., Sari, N., & Mangge, K. (2020). Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Fundamental Movement Skill (FMS) pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 404-413. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.605
Wahidi, R. W., Purnama, A. A., & Rahman, R. (2024). Pendekatan Fundamental Movement Skills Terhadap Motor Ability Siswa Kelas IV SDN 3 Bunigeulis. Jurnal Lensa Pendas, 9(1), 118-124. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i1.3655
Yani, A., & Sina, I. (2022). Pengaruh Latihan Fundamental Movement Skills (FMS) pada Anak dengan Gangguan Koordinasi Perkembangan (Dyspraxia). Physical Activity Journal (PAJU), 4(1), 111-122. https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6940
Yuniar, S. T., Nuryadi, N., & Hambali, B. (2023). Analisis Gerak Lokomotor Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dan 4 Pada Masa Pandemi Covid-19. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 51-57. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.10899
Copyright (c) 2024 Muhammad Harliawan, Andi Temmassonge, Rahmat Ilahi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.