Implementasi Fundamental Movement Skills (FMS) Pada Anak Sekolah Dasar

  • Muhammad Harliawan Universitas Negeri Makassar
  • Andi Temmassonge Universitas Muhammadiyah Bone
  • Rahmat Ilahi Universitas Muhammadiyah Bone
Keywords: Fundamental Movement Skills, Sekolah Dasar, Deskriptif Kuantitatif, Keterampilan Gerak Dasar

Abstract

Fundamental Movement Skills (FMS) merupakan keterampilan dasar yang sangat penting untuk dimiliki siswa dengan tujuan meningkatkan kualitas gerak dalam kehidupan sehari-hari Keterampilan gerak dasar siswa adalah subjek penelitian ini, meliputi kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi. Penelitian ini menggunakan Metode survei deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini disalah satu sekolah dasar negeri di Makassar dengan jumlah sampel 30 siswa berusia 6-9 tahun, dengan menggunakan metode sampling purposive. Pada penelitian ini mengukur keterampilan gerak dasar siswa melalui gerakan yang mengukur kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan gerak fundamental pada aspek kelincahan siswa terdapat 18 siswa persentasi 60% berkategori tinggi, 9 siswa dengan persentasi 30% berkategori sedang, dan 3 siswa dengan persentasi 10% berkategori rendah pada siswa, keterampilan gerak dasar pada aspek keseimbangan terdapat 9 siswa dengan persentasi 30% berkategori tinggi, terdapat 15 siswa dengan persentasi 50% berkategori sedang, dan 6 siswa dengan persentasi 20% berkategori rendah, keterampilan gerak dasar pada aspek koordinasi terdapat 6 siswa dengan persentasi 20% berkategori tinggi, 15 siswa dengan persentasi 50% berkategori sedang dan 9 siswa dengan persentasi 30% berkategori rendah. Temuan dari penelitian ini yaitu pentingnya memberikan support dan dorongan kepada anak khususnya usia sekolah dasar untuk latihan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar atau Fundamental Movement Skills.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Atty, J. C. (2023). Peningkatan Pola Gerak Dasar Menggunakan Model Permainan Menjala Ikan pada Siswa TK Dharwasi Nonbes. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2920-2932. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6189

Desri, D., Nuryadi, N., & Carsiwan, C. (2023). Profil Gerak Dasar Manipulatif Melempar Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 6(2), 154-164. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i2.6243

Hadi, H., Royana, I. F., & Setyawan, D. A. (2017). Keterampilan gerak dasar anak usia dini pada taman kanak-kanak (tk) di kota surakarta. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 3(2).

Haris, I. N., Rosti, R., Zulfikar, M., & Esni, E. (2022). Studi Cross Sectional Fundamental Movement Skills Siswa Sekolah Dasar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(2), 222–228. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i2.1420

Irsakinah, I., & Yaswinda, Y. (2021). Gambaran Keterampilan Gerak Dasar Anak di Taman Kanak-Kanak Sani Ashilla II Kota Padang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 99-108. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.99-108

Ismail, G. Z., Indahwati, N., & Tuassikal, A. R. S. (2024). Development of the Fusion Raceway Circuit Game to Improve Students' Fundamental Movement Skills. Teknodika, 22(1). https://doi.org/10.20961/teknodika.v22i1.84804

Karisman, V. A., Friskawati, G. F., & Supriadi, D. (2018). Kontribusi Media Pembelajaran Edukatif dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Dasar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 185-192.

Kesumawati, S. A. A., Fahritsani, H., Asri, N., & Pratiwi, E. (2020). The effectiveness of the let’s exercise fundamental movement skills model on children with mild intellectual disabilitys in special need education of palembang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 114-121. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12528

Ningrum, D. T. M., Hafizah, H., Amelia, D., Mahyudi, Y. V., Maulana, E., & Rizqia, R. (2024). Introduction of Fundamental Movement Skill (FMS) in Elementary School. GANDRUNG: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1408-1416. https://doi.org/10.36526/gandrung.v5i1.3520

Nurcahyo, P. J., & Budi, D. R. (2021). Fundamental Movement Skills: Identifikasi Keterampilan Gerak Dasar Olahraga Pada Siswa. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 6(2), 265-270. https://doi.org/10.36526/kejaora.v6i2.1473

Oktadinata, A., Subarjah, H., & Hidayat, Y. (2023). Pengaruh Integrasi Latihan Gerak Dasar Pendidikan Jasmani terhadap Perkembangan Motorik Siswa SD diMasa Pandemi Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 506-517. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5263

Pakabu, S. R., Ardini, P. P., & Utoyo, S. (2021). Stimulasi Gerakan Nonlokomotor pada Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi. Student Journal of Early Childhood Education, 1(1), 40-50.

Permana, R., Winarno, M. E., Rahayu, S., & Pd, H. S. (2024). Literasi Fisik di Sekolah Dasar: Teori dan Praktik menilai Literasi Fisik Usia 8-12 Tahun. EDU PUBLISHER.

Pratama, H. (2023). Fundamental Movement Skills (FMS): Identifikasi Keterampilan Gerak Dasar Dalam Ekstrakurikuler Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Hikmah, 4(2), 1-10.

Ricky, Z., & Triana, E. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Dengan Modifikasi Permainan Kecil Di Sekolah Dasar. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 5(02), 161-167. https://doi.org/10.35569/biormatika.v5i02.516

Ropi, U. A., & Kardani, G. (2021). Pengaruh Program Fundamental Movement Skills Terhadap Pengembangan Proses Sosial (Assosiatif dan Disosiatif) Siswa SD. Jurnal Keolahragaan, 7(1), 28-39. https://doi.org/10.25157/jkor.v7i1.5313

Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi, I. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438-448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2260

Syafei, M., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Festiawan, R., Kusnandar, K., Nurcahyo, P. J., ... & Qohhar, W. (2020). Functional Movement Screening: An early detection of the student injury risk in sport class. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 5(2), 182-191.

Tumaloto, E. H., & Ruslan, R. (2023). Pengaruh Permainan Kasti terhadap Gerak Dasar Siswa SDN 70 Kota Tengah. Journal on Education, 6(1), 6063-6071. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3776

Utoyo, S., Juniarti, Y., Sari, N., & Mangge, K. (2020). Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Fundamental Movement Skill (FMS) pada Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 404-413. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.605

Wahidi, R. W., Purnama, A. A., & Rahman, R. (2024). Pendekatan Fundamental Movement Skills Terhadap Motor Ability Siswa Kelas IV SDN 3 Bunigeulis. Jurnal Lensa Pendas, 9(1), 118-124. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i1.3655

Yani, A., & Sina, I. (2022). Pengaruh Latihan Fundamental Movement Skills (FMS) pada Anak dengan Gangguan Koordinasi Perkembangan (Dyspraxia). Physical Activity Journal (PAJU), 4(1), 111-122. https://doi.org/10.20884/1.paju.2022.4.1.6940

Yuniar, S. T., Nuryadi, N., & Hambali, B. (2023). Analisis Gerak Lokomotor Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dan 4 Pada Masa Pandemi Covid-19. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(1), 51-57. http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v6i1.10899

Published
30-05-2024
How to Cite
Harliawan, M., Temmassonge, A., & Ilahi, R. (2024). Implementasi Fundamental Movement Skills (FMS) Pada Anak Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 138-146. https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3663
Section
Articles