Efektifitas Penggunaan Metode Problem Solving Mata Kuliah Statistika Pendidikan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.364Keywords:
Problem Solving, Hasil Belajar, Statitika PendidikanAbstract
Meningkatkan kualitas sistem penyelenggaraan dan layanan pendidikan tergantung bagaimana seorang guru memilih metode mengajar yang efektif. Persoalannya adalah tidak semua guru mampu memilih metode mengajar tepat sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan tujuan yang dihaapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode problem solving pada mata kuliah Statistika Pendidikan S1 PGSD Maros/Pangkep. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fokjar Maros dan Pangkep berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan angket dengan 3 tingkat pilihan jawaban. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif, ditemukan bahwa dari 32 sampel sebanyak 19 atau 59%orang berada di kategori sedang, 8 atau 25% orang berada pada kategori rendah, dan 5 atau 16% orang berada pada kategori tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa senang menggunakan metode peroblem solving pada mata kuliah statistika Pendidikan, karena dianggap bahwa metode tersebut dapat membantu mahasiswa menyelesaikan masalah dalam proses pembelajaran baik secara individu maupun secara berkelompok.
Downloads
References
Azwar, S. 2013. Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Kartini, K. 2014. Profil Guru Profesional. Administrasita', 5(2), 262-265.
Kartini, K. 2015. Pengaruh Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar di SMPN Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan, 4(1), 9 -20.
Sofyan, M. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta
Suharso & Retnoningsih. A. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang:
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Press Gr.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.