Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Rasa Ingintahu Peserta Didik Materi Cahaya
Abstract
Dalam pembelajaran IPAS, materi cahaya masih dirasa sulit untuk dipahami. Hal ini dikarenakan peserta didik seringkali mempelajari materi cahaya dan sifatnya hanya dengan menghafal saja tanpa mempelajari lebih dalam isi materi. Dalam mempelajari isi materi, diperlukannya rasa keingintahuan untuk menggali informasi lebih dalam sehingga Peserta didik akan lebih mudah mengingat dan mengaitkan apa yang mereka pelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh model pembelajaran dan penjelasan peserta didik terhadap rasa ingin tahu peserta didik tentang materi cahaya di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasy experimen. Sampel keseluruhan pada penelitian ini berjumlah 68 peserta didik yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai T-test sebesar 0,00 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Rasa Ingintahu Peserta DIdik Materi Cahaya di SD
Downloads
Metrics
References
Agung, S., Khoirunisa, A. N., & Suryaningsih, S. (2022). Tantangan Guru Sekolah Luar Biasa Pada Pembelajaran Ipa Di Abad 21. Alotrop, 6(1), 43–52. https://doi.org/10.33369/alo.v6i1.21089
Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210–218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153
Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671-680.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2019). Urgensi Analisis Pembelajaran Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Abad 21. SNHRP, 2, 281-285.
Nabila, N., Harjono, A., & Ermiana, I. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses IPA Kelas IV dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFE). BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 24-30. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.212
Okpatrioka, O., & Nusantari, A. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Cahaya Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 174-183. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.65
Susanto, M. Y., Mumpuni, A. D., & Fadhilah, I. N. (2019). Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Scientific. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1). https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9302
Wati, N. N. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 440-446. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.43652
Mulyono, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 238-250. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536
Thelessy, R. D., Palinussa, A. L., & Gaspersz, M. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 9-14. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p9-14
Wiranti, N. P. D., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Journal of Education Technology, 1(3), 204-210. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506
Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 64-73. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1329
Khairina, K., Alberida, H., Fitri, R., & Ardi, A. (2021). The effect of applying cooperative learning model on student competence: literature study about student facilitator and explaining. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(1), 57-66. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i1.9800
Yuspita, L., Robiansyah, F., & Darmawan, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Kelas III SDN Gelam 2. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 5(2), 227-248. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.484
Sutami, N. K. (2018). Pengaruh model student facilitator and explaining berbasis Reinforcement terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2). https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710
Prihatiningtyas, N. C., Buyung, B., & Januarsi, R. (2019). Komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan alat peraga dinding diagram (dinggram) venn. Variabel, 2(2), 75-82. https://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1818
Copyright (c) 2024 Afin Nur Aini, Achmad Fanani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.