Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Rasa Ingintahu Peserta Didik Materi Cahaya

  • Afin Nur Aini Universitas Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas Adi Buana Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaning, Rasa Ingin Tahu, Quasi Experimental

Abstract

Dalam pembelajaran IPAS, materi cahaya masih dirasa sulit untuk dipahami. Hal ini dikarenakan peserta didik seringkali mempelajari materi cahaya dan sifatnya hanya dengan menghafal saja tanpa mempelajari lebih dalam isi materi. Dalam mempelajari isi materi, diperlukannya rasa keingintahuan untuk menggali informasi lebih dalam sehingga Peserta didik akan lebih mudah mengingat dan mengaitkan apa yang mereka pelajari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh model pembelajaran dan penjelasan peserta didik terhadap rasa ingin tahu peserta didik tentang materi cahaya di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian quasy experimen. Sampel keseluruhan pada penelitian ini berjumlah 68 peserta didik yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan nilai T-test sebesar 0,00 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Rasa Ingintahu Peserta DIdik Materi Cahaya di SD

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agung, S., Khoirunisa, A. N., & Suryaningsih, S. (2022). Tantangan Guru Sekolah Luar Biasa Pada Pembelajaran Ipa Di Abad 21. Alotrop, 6(1), 43–52. https://doi.org/10.33369/alo.v6i1.21089

Artinta, S. V., & Fauziah, H. N. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 210–218. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.153

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671-680.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Fanani, A., & Kusmaharti, D. (2019). Urgensi Analisis Pembelajaran Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pembelajaran Abad 21. SNHRP, 2, 281-285.

Nabila, N., Harjono, A., & Ermiana, I. (2021). Pengaruh Keterampilan Proses IPA Kelas IV dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFE). BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 1(1), 24-30. https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i1.212

Okpatrioka, O., & Nusantari, A. (2022). Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Cahaya Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 174-183. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i3.65

Susanto, M. Y., Mumpuni, A. D., & Fadhilah, I. N. (2019). Pengembangan Pola Pikir Rasional dan Objektif dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Scientific. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1). https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9302

Wati, N. N. K. (2021). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 440-446. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.43652

Mulyono, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 238-250. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536

Thelessy, R. D., Palinussa, A. L., & Gaspersz, M. (2022). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 3(1), 9-14. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v3.i1.p9-14

Wiranti, N. P. D., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Peta Konsep Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Journal of Education Technology, 1(3), 204-210. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12506

Rianti, L., & Nulhakim, L. (2017). Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(1), 64-73. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1329

Khairina, K., Alberida, H., Fitri, R., & Ardi, A. (2021). The effect of applying cooperative learning model on student competence: literature study about student facilitator and explaining. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 6(1), 57-66. http://dx.doi.org/10.24036/apb.v6i1.9800

Yuspita, L., Robiansyah, F., & Darmawan, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI di Kelas III SDN Gelam 2. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 5(2), 227-248. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.484

Sutami, N. K. (2018). Pengaruh model student facilitator and explaining berbasis Reinforcement terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2). https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14710

Prihatiningtyas, N. C., Buyung, B., & Januarsi, R. (2019). Komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan alat peraga dinding diagram (dinggram) venn. Variabel, 2(2), 75-82. https://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1818

Published
30-05-2024
How to Cite
Aini, A. N., & Fanani, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning Terhadap Rasa Ingintahu Peserta Didik Materi Cahaya . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 120-129. https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3643
Section
Articles