Sekolah Dasar Dalam Kondisi Transformasi Digital Sistem Pendidikan

  • Ari Wibowo Universitas Sawerigading Makassar
  • Irfawandi Samad Univerisitas Al Asy’ari Mandar
Keywords: Sekolah Dasar, Transformasi Digital, Sistem Pendidikan, Literatur Review

Abstract

Dukungan informasi pendidikan adalah bidang ilmu pedagogi yang telah berkembang secara aktif di Rusia selama beberapa dekade terakhir. Saat ini, hal tersebut telah menjadi dasar transformasi digital pendidikan, yang esensinya adalah mentransformasikan metode pengajaran profesional dengan mengintegrasikan teknologi digital dan beralih ke model pengambilan keputusan berbasis data. Di antara para peserta hubungan pendidikan, terdapat pandangan yang sangat berlawanan mengenai kemungkinan dan kelayakan digitalisasi pendidikan, terutama pada tahap awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan pandangan penulis mengenai permasalahan digitalisasi pendidikan baik pada pendidikan umum dasar pada umumnya, maupun digitalisasi mata pelajaran Matematika dan Ilmu Komputer pada khususnya pada jenjang pendidikan dasar umum. Metode penelitian meliputi analisis isi artikel ilmiah dan publikasi metodologi, kerangka peraturan pendidikan sekolah, serta generalisasi dan sistematisasi penelitian internasional di bidang transformasi digital pendidikan. Penulis mempertimbangkan aspek eksternal dari transformasi digital pendidikan dasar, yang ditentukan oleh persyaratan umum lingkungan pendidikan informasi; menyoroti bidang kegiatan yang berkaitan dengan pembentukan keterampilan digital dasar siswa dalam rangka penguasaan semua mata pelajaran tanpa kecuali; serta mengungkap permasalahan digitalisasi internal mata pelajaran Matematika dan Ilmu Komputer pada jenjang pendidikan dasar umum. Artikel ini memperkuat kelayakan memperkuat komponen logis dan algoritmik dari kursus awal matematika, garis konten yang bertanggung jawab untuk bekerja dengan data, serta beberapa masalah lain yang terkait dengan ilmu komputer teoretis, dan menguraikan prospek transformasi digital pelatihan. calon guru sekolah dasar untuk bekerja di lingkungan pendidikan digital modern.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andini, R. D. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Digital Leadership Di Era Disrupsi Digital. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(1), 58-72. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9333

Diah Hidayati, M. M. (2022). Sistem Informasi Pendidikan dan Transformasi Digital. UAD PRESS.

Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168-177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865

Hasanah, I., & Rodi’ah, S. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani berbantu media book creator digital dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa pada tingkat sekolah dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23-35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225

Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.

Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947-9957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175

Jayadi, A. (2021). Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Journal Scienti c of Mandalika (JSM), 2(4), 160-167. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss4pp160-167

Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184-193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735

Karunianingsih, D. A., Wahyudin, A., Utomo, A. S., Oktora, D. D., & Marwati, A. (2022). Pengembangan Video Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Animasi bagi Guru Sekolah Dasar. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 17-28. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.59

Kasilani, S. A., Agus, A. S. T., Siahaan, O. R. G., & Fanani, A. I. (2023). Smartdisk: Transformasi Digital Masa Depan Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Kreatif Untuk Pendidikan Yang Berkualitas. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 151-160. https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i1.91

Kustandi, C., & Ibrahim, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 415-422. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16233

Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121-1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Mitrohardjono, M., & Yunus, M. (2021). Pengembangan tehnologi di era industri 4.0 dalam pengelolaan pendidikan sekolah dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 129-138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138

Mitrohardjono, M., & Yunus, M. (2021). Pengembangan tehnologi di era industri 4.0 dalam pengelolaan pendidikan sekolah dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 129-138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138

Moscato, J., & Embre, C. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43-53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1

Moscato, J., & Embre, C. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43-53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379

Muskania, R., & Zulela, M. S. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155-165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298

Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 211-219. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p211-219

Pohan, S. S., & Suparman, S. (2020). Perspektif Literasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7(2), 164-178. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i2.2932

Putri, P. A. (2022). Transformasi Sistem Pendidikan Madrasah Dalam Wacana Metaverse Pada Program Kemenag RI. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.18592/msr.v4i2.7625

Qurrota’ainy, F. Z., Nisfisana, N., Anggraeni, R., & Nurharirah, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Inovasi untuk Meningkatkan Pembelajaran. KARIMAH TAUHID, 3(1), 859-865. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11125

Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177

Suryatni, L. (2021). Teknologi pendidikan sebagai pelaksanaan sistem informasi dalam perkuliahan online di masa pandemi covid-19. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(1), 31-46. https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.607

Triayomi, R., & Indriasari, B. A. (2022). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3334-3342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2606

Wahyuni, I. (2022). Transformasi Digital Melalui Teknologi Informasi: Adaptasi Peran Guru Perempuan Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 133-144. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.566

Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56-64. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537

Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495-1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450

Published
30-05-2024
How to Cite
Wibowo, A., & Samad, I. (2024). Sekolah Dasar Dalam Kondisi Transformasi Digital Sistem Pendidikan. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 130-137. https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.3601
Section
Articles