Sekolah Dasar Dalam Kondisi Transformasi Digital Sistem Pendidikan
Abstract
Dukungan informasi pendidikan adalah bidang ilmu pedagogi yang telah berkembang secara aktif di Rusia selama beberapa dekade terakhir. Saat ini, hal tersebut telah menjadi dasar transformasi digital pendidikan, yang esensinya adalah mentransformasikan metode pengajaran profesional dengan mengintegrasikan teknologi digital dan beralih ke model pengambilan keputusan berbasis data. Di antara para peserta hubungan pendidikan, terdapat pandangan yang sangat berlawanan mengenai kemungkinan dan kelayakan digitalisasi pendidikan, terutama pada tahap awal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyajikan pandangan penulis mengenai permasalahan digitalisasi pendidikan baik pada pendidikan umum dasar pada umumnya, maupun digitalisasi mata pelajaran Matematika dan Ilmu Komputer pada khususnya pada jenjang pendidikan dasar umum. Metode penelitian meliputi analisis isi artikel ilmiah dan publikasi metodologi, kerangka peraturan pendidikan sekolah, serta generalisasi dan sistematisasi penelitian internasional di bidang transformasi digital pendidikan. Penulis mempertimbangkan aspek eksternal dari transformasi digital pendidikan dasar, yang ditentukan oleh persyaratan umum lingkungan pendidikan informasi; menyoroti bidang kegiatan yang berkaitan dengan pembentukan keterampilan digital dasar siswa dalam rangka penguasaan semua mata pelajaran tanpa kecuali; serta mengungkap permasalahan digitalisasi internal mata pelajaran Matematika dan Ilmu Komputer pada jenjang pendidikan dasar umum. Artikel ini memperkuat kelayakan memperkuat komponen logis dan algoritmik dari kursus awal matematika, garis konten yang bertanggung jawab untuk bekerja dengan data, serta beberapa masalah lain yang terkait dengan ilmu komputer teoretis, dan menguraikan prospek transformasi digital pelatihan. calon guru sekolah dasar untuk bekerja di lingkungan pendidikan digital modern.
Downloads
Metrics
References
Andini, R. D. (2021). Strategi Pemimpin Dalam Digital Leadership Di Era Disrupsi Digital. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(1), 58-72. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v11i1.9333
Diah Hidayati, M. M. (2022). Sistem Informasi Pendidikan dan Transformasi Digital. UAD PRESS.
Haq, A. K., Rizkiah, S. N., & Andara, Y. (2023). Tantangan dan Dampak Transformasi Pendidikan Berbasis Digital Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 168-177. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i2.865
Hasanah, I., & Rodi’ah, S. (2021). Strategi pembelajaran pendidikan jasmani berbantu media book creator digital dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar siswa pada tingkat sekolah dasar. Continuous Education: Journal of Science and Research, 2(2), 23-35. https://doi.org/10.51178/ce.v2i2.225
Ibda, H. (2022). Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara.
Isa, I., Asrori, M., & Muharini, R. (2022). Peran kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9947-9957. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4175
Jayadi, A. (2021). Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Journal Scienti c of Mandalika (JSM), 2(4), 160-167. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss4pp160-167
Jayanti, D., Septiani, J. I., Sayekti, I. C., Prasojo, I., & Yuliana, I. (2021). Pengenalan Game Edukasi sebagai Digital Learning Culture pada Pembelajaran Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 184-193. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.15735
Karunianingsih, D. A., Wahyudin, A., Utomo, A. S., Oktora, D. D., & Marwati, A. (2022). Pengembangan Video Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dan Animasi bagi Guru Sekolah Dasar. PARAHITA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 17-28. https://doi.org/10.25008/parahita.v3i1.59
Kasilani, S. A., Agus, A. S. T., Siahaan, O. R. G., & Fanani, A. I. (2023). Smartdisk: Transformasi Digital Masa Depan Sebagai Sarana Pembelajaran Yang Kreatif Untuk Pendidikan Yang Berkualitas. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 151-160. https://doi.org/10.572349/cendikia.v1i1.91
Kustandi, C., & Ibrahim, N. (2021). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Elektronik bagi Guru di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Literasi Digital. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 415-422. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i3.16233
Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121-1126. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126
Mitrohardjono, M., & Yunus, M. (2021). Pengembangan tehnologi di era industri 4.0 dalam pengelolaan pendidikan sekolah dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 129-138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138
Mitrohardjono, M., & Yunus, M. (2021). Pengembangan tehnologi di era industri 4.0 dalam pengelolaan pendidikan sekolah dasar Islam Plus Baitul Maal. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 129-138. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.129-138
Moscato, J., & Embre, C. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43-53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1
Moscato, J., & Embre, C. (2023). Strategi Pendidikan Dasar untuk Menghadapi Tantangan Era Kurikulum Digital dengan Studi Empiris. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 43-53. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.379
Muskania, R., & Zulela, M. S. (2021). Realita Transformasi Digital Pendidikan di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 155-165. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15298
Pamungkas, D. E., & Sukarman, S. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 211-219. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p211-219
Pohan, S. S., & Suparman, S. (2020). Perspektif Literasi Digital bagi Guru Sekolah Dasar. Seuneubok Lada: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 7(2), 164-178. https://doi.org/10.33059/jsnbl.v7i2.2932
Putri, P. A. (2022). Transformasi Sistem Pendidikan Madrasah Dalam Wacana Metaverse Pada Program Kemenag RI. Muẚṣarah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.18592/msr.v4i2.7625
Qurrota’ainy, F. Z., Nisfisana, N., Anggraeni, R., & Nurharirah, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Inovasi untuk Meningkatkan Pembelajaran. KARIMAH TAUHID, 3(1), 859-865. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11125
Suryana, C., & Muhtar, T. (2022). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara di Sekolah Dasar pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 6(4), 6117-6131. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3177
Suryatni, L. (2021). Teknologi pendidikan sebagai pelaksanaan sistem informasi dalam perkuliahan online di masa pandemi covid-19. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(1), 31-46. https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.607
Triayomi, R., & Indriasari, B. A. (2022). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3334-3342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2606
Wahyuni, I. (2022). Transformasi Digital Melalui Teknologi Informasi: Adaptasi Peran Guru Perempuan Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 133-144. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.566
Wening, M. H., & Santosa, A. B. (2020). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era digital 4.0. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 56-64. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3537
Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495-1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450
Copyright (c) 2024 Ari Wibowo, Irfawandi Samad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.