Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.282Keywords:
Pendekatan, Konstruktivisme, Hasil Belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton, (2) untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton yang berjumlah 29 siswa, terdiri 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPS, diperoleh sebanyak 5 siswa (20%) tuntas dan 20 siswa (80%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 60%. Namun setelah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I menyatakan sebanyak 13 siswa (52%) tuntas dan 12 siswa (48%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 70,24%. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 22 siswa (88%) tuntas dan 3 siswa (12%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 81,44%. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 88% maka dinyatakan bahwa standar keberhasilan telah mencapai 75% dan tuntas.
Downloads
References
Abimayu. (2008). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Acoci, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1-14. DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3110
Aswat, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri II Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01). DOI: https://doi.org/10.31851/pernik.v2i01.3112
Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019, October). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).
Darmadi. (2013). Metode dan Model-model Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).
Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33. DOI: https://doi.org/10.30605/cjpe.212019.105
Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Sarlin, M. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap PERubahan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 1(1), 58-66.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. (2008). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Menfajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo
Tarihoran, N. (2012), Pendidikan Profesi guru dan Mutu Pendidikan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, 4(2), 113-122.
Yunus. (2009). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Prees.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.