Analisis Proses Pembelajaran Ramah Anak dalam Penerapan Pembelajaran Daring

Authors

  • Suharjuddin Suharjuddin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Faridatul ‘Ala Faridatul ‘Ala Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Yulianti Yulianti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2479

Keywords:

Proses Pembelajaran, Ramah Anak, Pembelajaran Daring, Kualitatif Deskriptif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apakah selama pembelajaran daring yang dilakukan di Kota Bekasi dilaksanakan dengan mengedepankan prinsip pembelajaran yang ramah anak serta kendala-kendala apa saja yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan selama 1 semeter penuh. Observasi l, wawancara dan tes menjadi instrument utama dalam penelitian ini. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Triangulasi data menjadi komponen penting dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan interactive model (Data collection, data display, data reduction dan conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam keterampilan membaca puisi belum sepenuhnya berbasis konsep ramah anak. beberapa kesulitan yang dihadapi oleh peserta didik diantaranya: kendala teknis mengenai pembelajaran daring, kurangnya keterampilan teknis dalam berbicara, kepercayaan diri yang rendah, penghayatan dan artikulasi yang rendah. Dalam upaya mengatasi kendala dan masalah tersebut perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan. Adapun kendala Covid-19 menjadi sebuah tantangan baik bagi guru dan siswa untuk melakukan proses pembelajaran yang lebih interaktif. Temuan dalam penelitian ini yaitu terdapat 15% siswa tidak memiliki sarpras pendukung, baik itu HP maupun laptop. Sehingga untuk proses pembelajaran harus bergantung pada teman kelas dengan jarak rumah terdekat. Bahkan beberapa kali siswa tidak mengikuti kelas daring secara sinkronus karena masalah tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, M., Angela, M. N., Kusumawardhana, M. D., & Hikmah, K. (2022). Analisis Sekolah Ramah Anak dalam Standar Sarana dan Prasarana di SD Muhammadiyah Taman Sidoarjo. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 305-313.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Artadianti, K., & Subowo, A. (2017). Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) pada Sekolah Percontohan Di SD Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (KLA). Journal of Public Policy and Management Review, 6(3), 128-144.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7 (4), 281-288. doi:10.33394/jp.v714.2941 DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.Yogyakarta: Deepublish.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4 (1), 152-159. doi:10.29408/goldenage.v4i01.2203 DOI: https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203

Dina, L. N. A. B., Agustin, N., Sukma, M., Kusumawati, A., & Azzahrah, E. (2020, December). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Media Alternatif dalam Pembelajaran Tematik Berbasis Ramah Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. In Konferensi Nasional Pendidikan Islam.

Fahmi, A. (2021). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 33-41. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086

Febrianti, R. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Ramah Anak Abad 21. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 331-339. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.276

Fitriani, S., & Qodariah, L. (2021). A Child-Friendly School: How the School Implements the Model. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 273-284. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20765

Indraswati, D., Widodo, A., Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Erfan, M. (2020). Implementasi sekolah ramah anak dan keluarga di sdn 2 hegarsari, sdn kaligintung, dan sdn 1 sangkawana. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 7(01), 51-62. DOI: https://doi.org/10.21009/JKKP.071.05

Kusdaryani, W., Purnamasari, I., & Damayani, A. T. (2016). Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(1). DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383

Moleong,L, J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Pradipta, R. F., Hermanto, Y. A. L., Oktaviani, H. I., Dewantoro, D. A., & Yasin, M. H. M. (2021, December). Analysis of Online Learning Strategies in a Pandemic Period. In International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021) (pp. 22-29). Atlantis Press. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.004

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12

Rohman, A. (2012). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rony, Z. T. (2017). Siap Fokus, Siap Menulis Skripsi, Tesis, Disertasi (Jurus Mudah Gunakan Metode Kualitatif Tipe Studi Kasus). Jakarta: PSSDM.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214-224. doi:10.22437/bio.v6i2.9759 DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sugiono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suharjuddin, S., & Markum, M. (2021). Child-Friendly School Policy with Children’s Rights Approach in Bekasi City. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 387-397. DOI: https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1270

Tatminingsih, S., & Oktarianingsih, T. (2021). Online Learning for Early Childhood (Case Study in Indonesia). Journal of Southwest Jiaotong University, 56(1) DOI: https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.56.1.11

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian, Cetakan I,. Yogyakarta: Start Up.

Usman, I. (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 49-60. DOI: https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.328

Utari, R. E. (2016). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Di Smp Negeri 1 Tempuran Kabupaten Magelang. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(7), 695-707

Vaidya, K. (2017). The content and function of school social work in Lalitpur, Nepal in general frame of school social work (Master's thesis, fi= Lapin yliopisto| en= University of Lapland|).

Wardani, K., Prayogo, M. M., & Hangestiningsih, E. (2021). Penerapan program sekolah ramah anak di SD Negeri Tlacap pada masa pandemi covid-19. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(3), 278-294. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i3.4891

Wuryandani, W., Faturrohman, F., Senen, A., & Haryani, H. (2018). Implementasi pemenuhan hak anak melalui sekolah ramah anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86-94. DOI: https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.19789

Published

2023-04-30

How to Cite

Suharjuddin, S., Faridatul ‘Ala, F. ‘Ala, & Yulianti, Y. (2023). Analisis Proses Pembelajaran Ramah Anak dalam Penerapan Pembelajaran Daring . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 16–25. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2479

Issue

Section

Articles