Pengembangan Media Video sebagai Edukasi Stunting

  • Hawa Rihhadhatul Aisy Universitas Negeri Jakarta
  • Nur Riska
  • Rina Febriana
Keywords: Media Video, Edukasi Stunting, Pengembangan (R&D), ADDIE

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran video animasi yang layak dan efektif dalam meningkatkan pengetahuan gizi ibu serta pembelajaran mengenai stunting. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data melibatkan uji one to one, uji small group dan uji field test. Hasil yang diperoleh dari uji Uji one to one menyatakan persentase sebesar 89% dengan kategori baik dengan revisi,. Uji Small group menyatakan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik, masih terdapat saran pada uji small group, dan uji field test menyatakan persentase sebesar 93% dengan kategori sangat baik, dan sudah tidak ada saran. Media video animasi ini akan diunggah pada platform video terbesar yaitu Youtube, yang dapat digunakan oleh para ibu untuk mendapatkan informasi serta pembelajaran mengenai stunting

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Asyhar, R. (2011). Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada Press.

BAPPENAS, & UNICEF. (2017). Laporan Baseline SDG tentang Anak-Anak di Indonesia. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Dan United Nations Children’s Fund, 1–105. https://www.unicef.org/indonesia/id/SDG_Baseline_report.pdf

Haile, D., Azage, M., Mola, T., & Rainey, R. (2016). Exploring spatial variations and factors associated with childhood stunting in Ethiopia: Spatial and multilevel analysis. BMC Pediatrics, 16(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12887-016-0587-9

Kemenkes RI. (2020). Angka Stunting Tahun 2019. Diakses melalui: https://www.kemkes.go.id/article/view/19101900001/minister-of-health-announces-result-of-ssgbi-2019.html

Mulyadi, M. I., Warjiman, & Chrisnawati. (2018). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Media Video, Pendidikan Kesehatan.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan: teori & aplikasi. Rineka Cipta.

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta.

Susilowati, D. (2016). Promosi Kesehatan. Kemenkes RI.

Tegeh, M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, Masyarakat, Dan Keamanan, 1–15.

Widyawati, S. A., Afandi, A., & Wahyuni, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil dan Menyusui Melalui Pengembangan Model dan Media Animasi Pemberian ASI Eksklusif Pada Bayi. Jurnal Ilmiah Permas.

Huriah, T., Sintaningrum, A. D., & Hermawan, A. (2021). Pengembangan Media Pendidikan Kesehatan Audio Visual pada Program Pendidikan Anak Usia Dini–Integrasi Cegah Stunting (PAUD-Incasting) Anak Usia Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(1), 363-370.

Sutiyono, N. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Ibu Primigravida 1 Tetang Stunting. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu 2(1), pp. 448-456.

Harizal, N., Neherta, M., & Yeni, F. (2021). Upaya Pencegahan Stunting pada Balita Menggunakan Intervensi Pendidikan Kesehatan Gizi pada Ibu Hamil. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 151-168.

Has, D. F. S. (2021). Pemberdayaan Kader Posyandu Dalam Program Pencegahan Stunting Pada Balita Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Community Dedication in Health (IJCDH), 1(2), 7-14.

Published
14-03-2022
How to Cite
Aisy, H. R., Riska, N., & Febriana, R. (2022). Pengembangan Media Video sebagai Edukasi Stunting. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(1), 134-40. https://doi.org/10.30605/cjpe.512022.1589
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)