Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Sertifikasi Profesi Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur

  • Irsan Sadir Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Muhammad Ilyas Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kualifikasi Akademik, Kinerja Guru, Sertifikasi Profesi

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualifikasi akademik dan sertifikasi profesi terhadap kinerja guru SD. Penelitian ini merupakan penelitian expose facto dengan sampel guru SD di kecamatan Wotu sebanyak 152 orang. Data yang dikumpulkan berupa data sekunder yang telah ada di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh secara simultan variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara kualifikasi akademik terhadap kinerja guru SD di kecamatan Wotu sebesar 29,3%. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara sertifikasi profesi terhadap kinerja guru SD di kecamatan Wotu sebesar 31,8%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara kualifikasi akademik dan sertifikasi profesi terhadap kinerja guru SD di kecamatan Wotu sebesar 43,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Ma'rufi, M. R., & Muhammad Ilyas, M. I. (2017). Tinjauan Teoritis Tentang Pengembangan Pedagogical Content Knowledge Guru Melalui Lesson Study. Tinjauan Teoritis Tentang Pengembangan Pedagogical Content Knowledge Guru Melalui Lesson Study, 2(1), 106-160.

Mulyasa, E. (2012). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramdan. (2013). Dampak Positif Sertifikasi THD Kinerja Guru di SD Babakanmadang di Bogor. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Rasyid, H. (2013). Analisis Standar Kualifikasi Akademik Guru SD di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1), 1-16. doi:https://doi.org/10.21107/widyagogi]

Sofyana. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Insan Cendekia: Surabaya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2014 , (2014).

Widyastuti, S., & Yulianto, A. (2018). Peran Mediasi Motivasi Kerja Pada Pengaruh Sertifikasi Profesi Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 15–28.

Published
27-10-2021
How to Cite
Sadir, I., Ilyas, M., & Nurdin, N. (2021). Pengaruh Kualifikasi Akademik dan Sertifikasi Profesi Terhadap Kinerja Guru SD di Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 185-196. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1454

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3