EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ZOOM MEETING PADA MATA KULIAH PERILAKU HEWAN DI ERA PANDEMI COVID-19.

Main Article Content

sukmawati syam
Fitrah Al anshori
Ridha Yulyani Wardhi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Perilaku Hewan menggunakan Zoom Meeting selama pandemi Covid 19.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian yakni seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi semester V yang diajar mata kuliah Perilaku Hewan. Sampel penelitian ini yakni sebanyak 26 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dibagikan melalui google form. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan komputerisasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa mahasiswa menilai pembelajaran menggunakan media Zoom Meeting pada mata kuliah Perilaku Hewan sangat efektif (23,3%), sebagian besar mereka menilai efektif (46,7%), dan menilai biasa saja (20%). Meskipun ada juga mahasiswa yang menganggap pembelajaran tidak efektif (10%), dan sama sekali tidak ada (0%) yang menilai sangat tidak efektif.


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Article Details

How to Cite
syam, sukmawati, Al anshori, F., & Yulyani Wardhi, R. (2021). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ZOOM MEETING PADA MATA KULIAH PERILAKU HEWAN DI ERA PANDEMI COVID-19. Jurnal Biogenerasi, 6(1), 17-25. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v6i1.511
Section
Articles

References

Bawelle, C. F. N., Lintong, F., & Rumampuk, J. (2016). Hubungan penggunaan smartphone dengan fungsi penglihatan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado angkatan 2016. Jurnal E-Biomedik, 4(2), 0-5. (Online). https://doi.org/10.35790/ebm.4.2.2016.14865. Diakses 10 Desember 2020.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90-102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584.

Ismawati & Prasetyo. (2021). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-675.

Keegan, D. J. (1980). On Defining Distance Education. Distance Education, 1(1), 13-36.

Monica & Fitriawati. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom sebagai Media Pembelajaran Online pada Mahasiswa saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume IX, No. 2, 1630-1640.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran. Jurnal Transformatika, 9, No 2, 29-44.

Ripai, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran E-Commerse dalam Jaringan (Daring) Berbantukan Aplikasi Zoom Cloud Meeting. ICT Learning, 5(1).

Ruth, E. (2013). Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 137-146.

Sidabutar, L., Adhitya, T., Wong, F., Rici, M., & Wibisono, Y. P. (2019). Analisis Pengaruh Game Online Mobile terhadap Kesehatan Mata pada Mahasiswa FTI UAJY. Sintak, 3, 402-410.
Suleiman. 1985. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta: PT Gramedia.

Sulistiono, M. (2019). Implementasi Hybrid Learning Menggunakan Aplikasi Edmodoo pada Mata Kuliah Metode Penelitian Kualitatif. Elementerls: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 58-67.

WHO. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) outbreak.

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143-152.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>