ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING

  • Fitrah Al Anshori Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Eva Sohriati universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kesulitan Belajar, Mahasiswa, Belajar daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu apa saja kendala yang dihadapi mahasiswa pendidikan biologi selama proses pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket. Angket berisikan pertanyaan mengenai kesulitan apa saja yang terjadi pada mahasiswa selama mengikuti pembelajaran daring. Populasi dari penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan biologi semester 1,3,5, dan 7 yang kuliah di Universitas Cokroaminoto Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik  total sampling, yaitu penggunaan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan data bahwa tidak terdapat masalah selama proses pembelajaran daring.  Aktivitas belajar mahasiswa dapat terlaksana dengan baik. Bahkan ketika  kondisi jaringan kurang memungkinkan maka pembelajaran daring dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi whatsapp yang tidak mensyarakatkan jaringan kualitas terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.
Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.
Hamzah B. Uno. (2009). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 181, 423–430. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.905.
Selvi, K. (2010). Motivating Factors in Online Courses. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 2 (2), 819–824 https://doi.org/10.1016/j.sbspro. 2010.03.110.
Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi siswa dalam studi pengaruh daring learning terhadap minat belajar ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.
Published
03-03-2021
How to Cite
Al Anshori, F., & Sohriati, E. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MAHASISWA BIOLOGI SELAMA PROSES PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Biogenerasi, 6(1), 10-16. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/491