PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN

  • sukmawati syam
  • Nur Muhajirah Yunus
Keywords: lembar kerja mahasiswa, berbasis masalah, fisiologi tumbuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja mahasiswa (LKM) berbasis masalah yang dapat digunakan pada mata kuliah Fisiologi Tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan desain penelitian Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga fase yaitu analisis kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi.  Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Biologi, kelas VIB dengan melibatkan 29 mahasiswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan angket. Selanjutnya data dianalisis dengan uji validasi, reliabilitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis validasi LKM dan angket respon mahasiswa diperoleh nilai Rx= 0,68 dan 0,75 dan nilai Rx= 0,77 dan 0,78 termasuk dalam kategori tinggi; 2) Hasil analisis reliabilitas LKM dan angket respon mahasiswa diperoleh derajat reliabilitas 0,743 dan 0,819 berada pada taraf tinggi; 3) Hasil analisis kepraktisan dengan menggunakan angket respon mahasiswa diperoleh nilai 77,07 dan 82 dengan kriteria praktis (tidak revisi). Hal ini berarti lembar kerja mahasiswa berbasis masalah yang telah dikembangkan dapat digunakan pada mata kuliah fisiologi tumbuhan

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

DAFTAR RUJUKAN
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Akker. (1999). Principles and Method of Development Research. Dalam. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training. Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Febriani, M. (2016). Pemanfaatan lembar Kerja Mahasiswa untuk meningkatkan Keaktifan Mahasiswa: Studi Penerapan Lesson Study pada Mata Kuliah Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 16, No. 1, April 2016, (https://media.neliti.com/media/publications/118475-ID-pemanfaatan-lembar-kerja-mahasiswa-untuk.pdf, Diakses 23 Maret 2020).

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Universitas Diponegoro. Yogyakarta.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelaran. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Ni’mah, S. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisiologi Tumbuhan Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Sains Vol. 2, No. 3, Hal 175-183. (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/ ISSN: 2338-9117, Diakses 23 Maret 2020).

Pasandaran, R. F dkk. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) pada Pembuktian Dalil-Dalil Segitiga. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo Volume 03, Nomor 1.

Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.

Rahmi dkk. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning pada Perkuliahan Persamaan Diferensial Biasa. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains IX, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga, 21 Juni 2014, Vol 5, No.1, ISSN: 2087-0922.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta. Bandung.

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Suryabrata, Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Widoyoko, E.P. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar. Yokyakarta.
Published
18-09-2020
How to Cite
syam, sukmawati, & Yunus, N. M. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) BERBASIS MASALAH PADA MATA KULIAH FISIOLOGI TUMBUHAN. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 29 - 37. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/352