Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo

  • Fitrah Al Anshori Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Khaerati
Keywords: Gaya belajar, mahasiswa

Abstract

Belajar adalah hak setiap manusia, di Indonesia hak belajar setiap anak mencapai 12 tahun. Hak belajar siswa hari ini sudah bisa dipenuhi negara dengan baik terlihat dari tidak ada lagi anak di negeri ini yang tidak menyelesaikan pendidikan 12 tahun, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil mulai September - Oktober 2019 dan dilaksanakan di 1 kelas mahasiswa semester VII prodi pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini  adalah metode deskriptif. Metode deskriptif untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik  probability sampling dan menggunakan teknik simple random sampling. Sample dipilih secara random dari 2 kelas mahasiswa pendidikan biologi semester VII prodi pendidikan biologi yaitu kelas VII A dan VII B. Hasil pengundian sample secara random maka terpilihlah kelas VII A sebagai sample untuk penelitian ini. Sebanyak 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pertanyaan meengenai gaya belajar mahasiswa yang telah mereka lakukan. Berdasarkan hasil pengisian angket gaya belajar, didapatkan data bahwa dominan mahasiswa pendidikan biologi memiliki gaya belajar kinestetik. Dengan  presentasi mendapai 36 %, sedangkan presentasi mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 31%, presentasi mahasiswa dengan gaya belajar auditorial. Adapun presentasi mahasiswa yang memiliki gaya belajar Auditorial sebanyak 33%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
503 Service Unavailable

Service Unavailable

The server is temporarily unable to service your request due to maintenance downtime or capacity problems. Please try again later.

Additionally, a 503 Service Unavailable error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.