Analisis Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo
Abstract
Belajar adalah hak setiap manusia, di Indonesia hak belajar setiap anak mencapai 12 tahun. Hak belajar siswa hari ini sudah bisa dipenuhi negara dengan baik terlihat dari tidak ada lagi anak di negeri ini yang tidak menyelesaikan pendidikan 12 tahun, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil mulai September - Oktober 2019 dan dilaksanakan di 1 kelas mahasiswa semester VII prodi pendidikan Biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif untuk mendeskripsikan gaya belajar mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dan menggunakan teknik simple random sampling. Sample dipilih secara random dari 2 kelas mahasiswa pendidikan biologi semester VII prodi pendidikan biologi yaitu kelas VII A dan VII B. Hasil pengundian sample secara random maka terpilihlah kelas VII A sebagai sample untuk penelitian ini. Sebanyak 45 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan pertanyaan meengenai gaya belajar mahasiswa yang telah mereka lakukan. Berdasarkan hasil pengisian angket gaya belajar, didapatkan data bahwa dominan mahasiswa pendidikan biologi memiliki gaya belajar kinestetik. Dengan presentasi mendapai 36 %, sedangkan presentasi mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 31%, presentasi mahasiswa dengan gaya belajar auditorial. Adapun presentasi mahasiswa yang memiliki gaya belajar Auditorial sebanyak 33%.
Downloads
Metrics
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.