ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI

  • Fitrah Al Anshori Universitas Cokroaminoto Palopo
  • akhmad Syakur
Keywords: berpikir kritis, pendidikan biologi, mahasiswa

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa di abad 21 ini. Sebab kemampuan berpikir kritis memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah yang rumit dan kompleks di dalam kehidupan sehari – hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada perkuliahan semester genap mulai Maret - Juni 2020 dan dilaksanakan pada mahasiswa semester  6 prodi pendidikan biologi  yang memprogram mata kuliah mikrobiologi di Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan selanjutnya dibuat interpretasi mengenai yang telah diambil. Populasi dari penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan biologi semester VI yang memprogram mata kuliah mikrobiologi di Universitas Cokroaminoto Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik  total sampling. Total sampel diambil dari 2 kelas mahasiswa pendidikan biologi semester 6 dengan jumlah total 62 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes kemampuan berpikir kritis yang diambil menggunakan soal pelajaran pada mata kuliah mikrobiologi. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan data hasil pengisian soal berpikir kritis mahasiswa didapatkan data bahwa mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori dominan baik dengan presentasi 50 %, dan juga kategori tertinggi selanjutnya yaitu berada pada kategori amat baik dengan resentasi 34 %. Namun walaupun  demikian terdapat 16 % mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmatika, D. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan Inquiry/Discovery. Euclid, 3(1).
Ennis, R. H, (1996). Critical Thinking. (United States of America: Prentice-Hall Inc).
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.
Ismaimuza, D. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146.
Published
18-09-2020
How to Cite
Al Anshori, F., & Syakur, akhmad. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 1-6. Retrieved from https://e-journal.my.id/biogenerasi/article/view/336