ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI PADA MATA KULIAH MIKROBIOLOGI
Keywords:
berpikir kritis, pendidikan biologi, mahasiswaAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa di abad 21 ini. Sebab kemampuan berpikir kritis memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah yang rumit dan kompleks di dalam kehidupan sehari – hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada perkuliahan semester genap mulai Maret - Juni 2020 dan dilaksanakan pada mahasiswa semester 6 prodi pendidikan biologi yang memprogram mata kuliah mikrobiologi di Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan selanjutnya dibuat interpretasi mengenai yang telah diambil. Populasi dari penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan biologi semester VI yang memprogram mata kuliah mikrobiologi di Universitas Cokroaminoto Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Total sampel diambil dari 2 kelas mahasiswa pendidikan biologi semester 6 dengan jumlah total 62 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes kemampuan berpikir kritis yang diambil menggunakan soal pelajaran pada mata kuliah mikrobiologi. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan data hasil pengisian soal berpikir kritis mahasiswa didapatkan data bahwa mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori dominan baik dengan presentasi 50 %, dan juga kategori tertinggi selanjutnya yaitu berada pada kategori amat baik dengan resentasi 34 %. Namun walaupun demikian terdapat 16 % mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang.
Downloads
References
Ennis, R. H, (1996). Critical Thinking. (United States of America: Prentice-Hall Inc).
Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 221-225.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.
Ismaimuza, D. (2017). Kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari keterampilan proses sains dan motivasi belajar melalui model pbl. Journal of Primary Education, 6(1), 35-43.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.