MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII DITINJAU DARI HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION

  • Nur Wahidin Ashari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Kadek Widiani Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Matematis, Habit of Striving for Accuracy and Precision

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model Problem Based Learning dan siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model konvensional ditinjau dari habit of striving for accuracy and precision, (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model problem based learning lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model konvensional, (3) kualitas peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui problem based learning dan siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui model konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIA dan VIIB SMP Negeri 3 Palopo, pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII pada sekolah tersebut. Kemampuan kecakapan matematis yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami konsep dengan baik. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah Tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan Angket Habits of Striving for Accuracy and Precision (HSAP). Teknik analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif dan inferensial dengan uji-t dan anova dua jalur. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) peningkatan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Palopo yang diajar dengan model pembelajaran PBL lebih baik daripada peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model konvensional. Baik secara deskriptif maupun secara inferensial. (2) peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model PBL memiliki kualitas peningkatan yang dikategorikan tinggi, sedangkan kualitas peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajar dengan model konvensional dikategorikan sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Allsopp, dkk (2017). Supporting Mathematical Proficiency Strategies for New Special Education Teachers. Teaching Exceptional Children, Vol. 49, No. 4, pp. 273–283. Copyright 2017 The Author(s). DOI: 10.1177/0040059917692112.
Ashari (2018). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Directed Learning dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1 Nomor 1.
Boyes, & Watts. (2009). Developing Habits of Mind in Secondary Schools. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Kilpatric Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it up: Helping children learn mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Lim, K. (2013). General and Mathematical Habits of Mind: An Overview. San Diego: University of Texas at El Paso.
Ma'rufi, M Ilyas, RF Pasandaran, Salwah. (2019). Exploration of teachers’“knowledge of students” in study-based teaching on polyhedron material. Journal of Physics: Conference Series, Vol 1397 (1) Page 012088.
Nafiah, Y, N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi. Vol 4, Nomor 1, Februari 2014.
Paul, R., & Elder, L. (2008). Miniature guide to critical thinking concepts and tools. Dillon Beach: Foundation for Critical Thinking Press. www.criticalthinking.org.
Salwah & Ashari, N.W. 2019. Students’ Mathematical Proficiency in Solving Generating Function and Recurrence Relation in Discrete Mathematics Course. International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series, 257-261.
Published
01-03-2021
How to Cite
Ashari, N. W., Salwah, S., & Widiani, K. (2021). MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII DITINJAU DARI HABIT OF STRIVING FOR ACCURACY AND PRECISION. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 67-75. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.505

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>