PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA

  • Dian Safitri Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Teams Games Tournaments, Pemecahan Masalah, Self Efficacy

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo, dengan kriteria pengaruh antara lain: (1) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (2) self efficacy siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT, (3) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional, (4) self efficacy siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada self efficacy siswa yang diajarkan dengan  pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berada pada kategori tinggi, (2) Self efficacy siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berada pada kategori baik, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan  pembelajaran konvensional, (4) Tidak terdapat perbedaan self efficacy siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan kriteria pengaruh pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, tetapi secara signifikan tidak berpengaruh terhadap self efficacy siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amalia, A., dkk. 2018. Hubungan antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Self Efficacy dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Vol. 1 No. 5. Hlm. 887-894.
Damayanti, S. dan Tohimin, M, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol. 02 No. 02. Hlm. 235-244.
Ibrahim. dan Hidayati, N. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di Tinjau Kemampuan Awal Siswa SMA Negeri 1 Seyegen. Jurnal Agri Sains. Vol. 4 No. 2. Hlm. 115-138.
Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Jatisunda, M. G. 2017. Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Theoremes (The Original Research Of Mathematics). Vol. 1 No. 2. Hlm. 24-30.
Putri, S, E. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan Self Efficacy Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 palopo. Skripsi Tidak di Terbitkan. Palopo. Pendidikan Matematika. Universitas Cokroaminoto Palopo.
Rianti, R. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.2, No. 4. Hlm. 802-812. ISSN: 2614-3097
Sariningsih, R. dan Purwasih, R. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 1. Hlm. 163-177.
Sumbung, H., Ma’rufi, & Salwah. 2019. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Genre. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 2, Hlm 27-38..
Novferma, N. 2016. Analisis Kesulitan dan Self Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol. 3 No. 1. Hlm. 76-87.
Published
28-02-2020
How to Cite
Safitri, D., Salwah, S., & Ma’rufi, M. (2020). PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN SELF EFFICACY SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 62-72. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/329
Section
Articles