PROFESSIONAL COMPETENCE: MATHEMATICS CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU PADA MATA KULIAH ANALISIS KURIKULUM MATEMATIKA

  • Salwah Salwah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nur Wahidin Ashari Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Fitriani A Universitas Cokroaminoto Palopo

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, yaitu mengamati dan menganalisis fenomena-fenomena tertentu yang terjadi pada subjek yang diteliti. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mathematics content knowledge mahasiswa calon guru yang memprogram mata kuliah analisis kurikulum matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2019/2020, pada bulan Oktober-Desember 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memprogram mata kuliah analisis kurikulum matematika yaitu mahasiswa pada semester lima. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan dokumentasi. Pengetahuan konten matematika (mathematics content knowledge) yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah pengetahuan factual, pengetahuan konseptual, dan pengetahuan prosedural mahasiswa calon guru terhadap materi matematika yang diajarkannyaBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tidak semua mahasiswa memiliki mathematics content knowledge yang baik. Setiap mahasiswa pasti memiliki kelemahan, apakah kelemahan dipengetahuan faktualnya, konseptualnya, atau dipengetahuan proseduralnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ball, D, L., Thames, M, H., & Phelps, G. (2008). Content Knowledge for Teaching : What Makes It Special?. Journal of Teacher Education 2008 59: 389, DOI: 10.1177/0022487108324554.
Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti. (2019). Hardiknas 2019, Saatnya Indonesia Memiliki SDM Kompetitif, Inovatif, dan Berkarakter. Retrieved from sumberdaya.ristekdikti: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2019/05/02/hardiknas-2019-saatnya-indonesia-miliki-sdm-kompetitif-inovatif-dan-berkarakter/. Diakses pada tanggal 04 Februari 2020.
Fajar, I. (2012). Empat Kompetensi yang Harus Dimiliki oleh Seorang Guru Profesional. Retrieved from ibnufajar75. https://ibnufajar75.wordpress.com/2012/12/27/empat-kompetensi-yang-harus-dimiliki-seorang-guru-profesional/. Diakses pada tanggal 04 Februari 2020.
Hakim, A. (2015). Contribution of competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) on the Performance of Learning. The International Journal of Engineering and sciences (IJES). Volume 4, Issue 2, PP.01-12. ISSN (e): 2319-1813.
Kaniawati, Utari, & Suyana. (2007). Profil kemampuan Mengajar Calon Guru Fisika dalam Program Pengalaman Lapangan (PPL). Jurnal Pengajaran MIPA, Vol. 10 No.2 Hal:21-35, Desember 2007. ISSN.1412-0917.
Purnomo, Y. W. (2017). Menjadi Guru Matematika: antara Peluang, Harapan, Tuntutan dan Tantangan. Conference Paper, disampaikan pada kuliah umum dengan tema “Peran Guru Matematika dalam Persaingan Global” di Program studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta, tanggal 6 November 2017.
Salwah. (2018). Habit of Striving for Accuracy and Precision (HSAP) melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education Berbasis Gaya Kognitif. Jurnal Pedagogy 3(1) Page 118-155.
Sugiman, Kusumah, & Sabandar. (2009). Pemecahan Masalah Matematik dalam Matematika Realistik. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131930135/2009a_PM_dalam_PMR.pdf
Sulfemi, W B. (2016). Kompetensi Profesionalisme Guru dalam Menghadapi MEA. Prosiding Seminar Nasional STKIP Muhammadiyah Bogor,, ISSN 977-2443-247-02, pp 62-77.
Yang, Yang, Liu, Xiufeng, Gardella, Joseph A. (2018). Effects of Professional Development on Teacher Pedagogical Content Knowledge, Inquiry Teaching Practices, and Student Understanding of Interdisciplinary Science. Journal of Science Teacher Education, DOI: 10.1080/1046560X.2018.1439262
Published
28-02-2020
How to Cite
Salwah, S., Ashari, N. W., & A, F. (2020). PROFESSIONAL COMPETENCE: MATHEMATICS CONTENT KNOWLEDGE MAHASISWA CALON GURU PADA MATA KULIAH ANALISIS KURIKULUM MATEMATIKA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 54-61. Retrieved from https://e-journal.my.id/proximal/article/view/327
Section
Articles