ANALISIS SISTEMATIK POLA BILANGAN PADA ANYAMAN TRADISIONAL INDONESIA: KAJIAN ETNOMATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN REPRESENTASI MATEMATIS

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7229

Authors

  • Andi Cahaya Rezky Andini Universitas Pejuang Republik Indonesia
  • Suradi Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

etnomatematika, anyaman tradisonal, pola bilangan, representasi matematis, kajian sistematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan hasil-hasil penelitian etnomatematika yang berfokus pada pola bilangan dalam konteks anyaman dan tenun tradisional Indonesia serta menelaah implikasinya terhadap pembelajaran representasi matematis. Kajian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan pedoman PRISMA 2020 dengan menelaah 16 artikel terpublikasi pada periode 2015–2025 yang diakses melalui basis data Google Scholar, dan Garuda. Kriteria inklusi meliputi penelitian yang mengkaji keterkaitan antara aktivitas menganyam dengan konsep pola bilangan, pengulangan, dan struktur matematis yang berpotensi diaplikasikan dalam pendidikan matematika. Hasil telaah menunjukkan bahwa praktik anyaman dan tenun tradisional Indonesia memuat representasi matematis eksternal berupa pola aritmetika, simetri, dan rasio yang muncul dalam susunan helaian dan motif berulang. Sebagian besar studi masih bersifat eksploratif dan berfokus pada identifikasi konsep, sementara kajian yang mengembangkan representasi formal atau strategi pembelajaran kontekstual masih terbatas. Penelitian ini menegaskan perlunya studi lanjutan yang mengintegrasikan konteks budaya lokal sebagai sumber belajar representatif dalam pengembangan desain didaktik etnomatematika di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, A. M. (2016). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. DOI: https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.75

Aini, I. N. (2018). Etnomatematika: Matematika dalam kehidupan petani di Kabupaten Karawang. Teorema: Teori dan Riset Matematika. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1072

Aprilianti, I., Sunardi, & Yudianti, E. (2019). Etnomatematika pada aktivitas petani kakao Desa Temuasri Sempu Banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Saintifika, 21(1), 1–7.

Astuningtyas, E. L., Wulandari, A. A., & Farahsanti, I. (2017). Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik. Jurnal Math Educator Nusantara. DOI: https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.907

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics.

Deby, Y. S., & Yahfizham. (2023). Ethnomathematics-based mathematics learning activities in Labuhan Batu Pesisir Beach Malay communities. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2085

Dhiki, Y. Y., & Bantas, M. G. D. (2022). Eksplorasi etnomatematika pada bentuk anyaman Ende. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.37478/jupika.v5i1.1732

Fajar, F. A., Sunardi, & Yudianto, S. (2018). Etnomatematika pembuatan kerajinan tangan anyaman bambu masyarakat Osing di Desa Gintangan Banyuwangi sebagai bahan ajar geometri. Kadikma.

Gawen, M. N. H., Taga, G., & Meke, K. D. P. (2021). Eksplorasi etnomatematika bentuk anyaman daun lontar kebudayaan Lamaholot. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.847

Hidayat, E., Resfaty, A. G., & Muzdalipah, I. (2019). Studi etnomatematika: Mengungkap gagasan dan pola geometris pada kerajinan anyaman mendong di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME).

Isnaini, L. (2019). Kerajinan tenunan anyaman Bali terdapat unsur etnomatematika. Jurnal MathEducation Nusantara.

Kofi, M. D., & Nahak, S. (2020). Mengoptimalkan skemata siswa menggunakan lembar kerja siswa berbasis etnomatematika: Anyaman dan tenunan masyarakat TTU. Range: Jurnal Pendidikan Matematika. DOI: https://doi.org/10.32938/jpm.v2i1.520

Laurens, T., Kempa, R., & Serpara, H. (2020). The ethnomathematics of Tutuwaru community in the crafts of Koli leaf weaving. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek). DOI: https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp71-80

Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2020). Designing learning translation using the motifs of anyaman bambu. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v3i2.7725

Puspadewi, K. R., & Putra, I. G. N. N. (2014). Etnomatematika di balik kerajinan anyaman Bali. Jurnal Matematika.

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Journal. DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.188

Resfaty, A. G., Hidayat, E., & Muzdalipah, I. (2019). Etnomatematika kerajinan anyaman mendong masyarakat Tasikmalaya. JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2009). Symmetrical freedom quilts: The ethnomathematics of ways of communication, liberation, and art. The Journal of Mathematics and Culture.

Sari, Y., & Rusliah, N. (2020). Aspek etnomatematika pada anyaman bambu Desa Bunga Tanjung. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika.

Septianawati, T. (2014). Studi ethnomathematics: Mengungkap ide-ide matematis pada anyaman dan satuan-satuan panjang, luas, dan volume di masyarakat Kampung Naga [Tesis, Universitas Pendidikan Indonesia].

Susanti, E., Nisa, R. A., Azhari, M. N., & Marhayati, M. (2020). Ethnomathematics exploration: Number patterns in bamboo woven crafts in Tulungagung. Matematika dan Pembelajaran. DOI: https://doi.org/10.33477/mp.v8i1.1364

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Jurnal Sigma.

Zulkardi. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian students. [Doctoral dissertation, University of Twente].

Downloads

Published

2025-11-12

How to Cite

Andini, A. C. R., Suradi, S., & Rosidah, R. (2025). ANALISIS SISTEMATIK POLA BILANGAN PADA ANYAMAN TRADISIONAL INDONESIA: KAJIAN ETNOMATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN REPRESENTASI MATEMATIS. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1806–1818. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7229