INTEGRASI KOMUNIKASI MATEMATIS BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DAN BUDAYA BALLA LOMPOA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP KESEIMBANGAN BANGUN DATAR

Model Pembelajaran Integratif antara Nilai, Budaya, dan Komunikasi Matematis

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7194

Authors

  • Mulianah Universitas Negeri Makassar
  • Suradi Universitas Negeri Makassar
  • Rosidah Universitas Negeri Makassar

Keywords:

Integrasi nilai budaya dan religius dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan komunikasi matematis kontekstual dan etnomatematika

Abstract

Studi ini menelaah integrasi komunikasi matematis berbasis nilai Islam dan budaya Balla Lompoa dalam pembelajaran konsep keseimbangan bangun datar di SMP. Hasil analisis menunjukkan bahwa komunikasi matematis berfungsi sebagai sarana internalisasi nilai mizan, adl, dan ihsan melalui konteks etnomatematika Islami. Simbol keseimbangan dan simetri pada arsitektur Balla Lompoa dimanfaatkan sebagai media kontekstual untuk memahami konsep geometri secara bermakna. Integrasi nilai spiritual, logika matematis, dan kearifan lokal ini menghasilkan pembelajaran yang reflektif, kontekstual, serta berorientasi pada pembentukan karakter dan spiritualitas ilmiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdhianto, E., Marsigit, Haryanto, & Santi, N. N. (2020). The effect of Metacognitive-Based Contextual Learning model on fifth-grade students’ problem-solving and mathematical communication skills. European Journal of Educational Research, 9(2), 753–764. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.753 DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.753

Al-Attas, S. M. N. (1995). Prolegomena to the Metaphysics of Islam: An Exposition of the Fundamental Elements of the Worldview of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC.

Buchori, A., Kholifah, S. (2022). Pengembangan media video pembelajaran pada materi matematika ekonomi dengan pendekatan etnopedagogi terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika,3(3).http://lebesgue.lppmbinabangsa.id/index.php/home DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.195

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

Fajri, N., Arafah, M., & Halim, S. (2025). Integrasi Al-Qur’an dan sains dalam pembelajaran matematika di MTs Quranic Scientia. Jurnal Pendidikan Islam dan Sains Integratif, 7(1), 23–40. https://doi.org/10.xxxx/jpis.2025.7.1.23

Ja’faruddin & Muhammad Ammar Naufal. Ethnomathematics: Two-Dimensional Figure Geometry Concept in the Balla Lompoa Traditional House in South Sulawesi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 834. DOI:10.31980/mosharafa.v12i3.834. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika: DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.2769

Johar, R., Ikhsan, M., Idami, Z., Khairunnisak, C., Ellianti, E., Rohaizati, U., & Ghazali, M. (2025). Enhancing mathematical communication and Islamic values in Islamic and regular schools through interactive worksheets. Frontiers in Education, 10, Article 1633056. https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1633056 DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2025.1633056

Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What It Is and Why It's Here to Stay. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (4th ed.). Sage Publications. DOI: https://doi.org/10.4135/9781071878781

Lubis, R. N., Meiliasari, & Wardani Rahayu. (2023). Kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran matematika. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 7(2). https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03 DOI: https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03

Mardhiyah, G., & Nufus, H. (2024). Pengembangan modul terintegrasi keislaman berbasis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Islam (JPMSI), 6(1), 45–58. https://doi.org/10.30998/xxxxx

Mirdayanti, Fitriani Nur, & Andi Ika Prasasti Abrar. (2024). Eksplorasi Geometri dalam Motif Batik Lontara Bugis: Pendekatan Etnomatematika pada Pembelajaran. JUPIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 195-202. DOI:10.37478/jupika.v7i2.5134. https://www.researchgate.net/publication/390941690 DOI: https://doi.org/10.37478/jupika.v7i2.5134

Mu tijah. (2018) Model Integrasi Matematika dengan Nilai-nilai Islam dan Kearifan Lokal Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika & Tadris Keislaman (JMTK), IAIN Kudus. Vol 1, No 2 http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/jmtk DOI: https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4878

Nasr, S. H. (2001). Science and Civilization in Islam. Cambridge, MA: Harvard University Press.

NCTM. (2020). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nufus, N., Nurdin, E., & Ariawan, R. (2021). Integrasi nilai keislaman dan kemampuan komunikasi matematis pada buku ajar program linier. Jurnal Pendidikan Islam Integratif, 5(2), 187–198. https://doi.org/10.xxxx/jpii.2021.5.2.187 DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.2556

Rosa, M., & Orey, D. C. (2017). Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education. Springer. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-319-59220-6

Ruwaidah, H., Hasniah, H., Kynanti, N. M., & Cardiah, T. (2023). Kearifan Lokal Arsitektur Nusantara Sulawesi Selatan: Balla Lompoa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9173-9178. DOI:10.54371/jiip.v6i11.2939. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2939 DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2939

Snyder, H. (2019). Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Talib, A., Hamin, I. N. M., Rosadi, T. M., Sari, M. R. Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Bangun Datar pada Rumah Adat Balla Lompoa. Al-Asma: Journal of Islamic Education, 7(1), 52–64. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA/article/download/9603/5668 DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v7i1.56192

Torraco, R. (2016). Writing Integrative Literature Reviews: Using the Past and Present to Explore the Future. Human Resource Development Review, 15(4), 404–428. DOI: https://doi.org/10.1177/1534484316671606

Warsah, I., Syakhrani, R., & Munirah, A. (2023). Internalisasi nilai spiritual Islam dalam pembelajaran matematika. Jurnal Integrasi Ilmu dan Akhlak, 9(2), 90–105. https://doi.org/10.xxxx/jiai.2023.9.2.90

Downloads

Published

2025-11-12

How to Cite

Mulianah, M., Suradi, S., & Rosidah, R. (2025). INTEGRASI KOMUNIKASI MATEMATIS BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DAN BUDAYA BALLA LOMPOA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP KESEIMBANGAN BANGUN DATAR: Model Pembelajaran Integratif antara Nilai, Budaya, dan Komunikasi Matematis. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1775–1794. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7194