ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEN GEOMETRI: TINJAUAN TEORI KASTOLAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7115

Authors

  • Vennia Abidatur Rahmah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Agung Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Analisis Kesalahan, gaya belajar, teori kastolan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah geometri, khususnya bangun ruang sisi datar, berdasarkan teori Kastolan dengan memperhatikan perbedaan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sembilan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gresik sebagai subjek yang dipilih secara purposive, masing-masing mewakili kategori gaya belajar. Data dikumpulkan melalui tes tertulis satu butir soal dan wawancara mendalam untuk menggali proses berpikir siswa serta keterkaitannya dengan gaya belajar. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan mengacu pada indikator kesalahan Kastolan yang meliputi kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual cenderung tidak melakukan kesalahan prosedural, tetapi sering mengalami kesalahan konseptual dan teknis, seperti keliru menuliskan satuan volume. Siswa kinestetik memperlihatkan variasi kesalahan yang lebih kompleks, bahkan ada yang melakukan ketiga jenis kesalahan sekaligus. Sementara itu, siswa auditori cenderung melakukan kesalahan prosedural akibat salah menafsirkan informasi dalam soal serta kesalahan teknis akibat kurang teliti. Secara keseluruhan, kesalahan konseptual menjadi temuan yang paling dominan, menandakan lemahnya pemahaman dasar siswa terhadap konsep geometri. Simpulan penelitian ini menegaskan pentingnya intervensi pembelajaran yang tidak hanya menekankan penguasaan konsep, tetapi juga pembiasaan prosedural dan ketelitian teknis sesuai gaya belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N., Utomo, D. P., & Azmi, R. D. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Minimum Competency Assesment Problems Based on Kastolan Theory. Noumerico: Journal of Technology in Mathematics Education, 1(2), 91–97. https://doi.org/10.33367/jtme.v1i2.4117

Ginting, S. D., & Nasution, H. A. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 305–315. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3063

Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR PADA MATERI GEOMETRI Analysis Of Mathematics Learning Difficulties of Elementary School Students of Grade VI on Geometry Materials. AL-IRSYAD:Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66.

Heriyati, & Handayani, S. (2022). Jurnal PEKA ( Pendidikan Matematika ). Matematika, 05(02), 90–104. https://doi.org/10.37150/3hysnw33.Copyright

Jupri, A., Fatimah, S., & Usdiyana, D. (2020). Dampak Perkuliahan Geometri Pada Penalaran Deduktif Mahasiswa: Kasus Pembelajaran Teorema Ceva. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(1), 93–104. https://doi.org/10.26877/aks.v11i1.6011

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar. Jurnal Dikma, 4(2), 250–258. http://repository.unimal.ac.id/2482/1/Artikel Mursalin Pada Dikma Vol 4 No 2 Oktober 2016.pdf

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume 1) The State of Learning and Equity in Education (Vol. 1). OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

R. Rantau, Syamsuri, H. N. (2022). Tirtamath : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 4(2), 163–176.

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581

Siregar, B. H., Sinaga, S. M., Andini, P., Masita, N., Fadilla, N., Nainggolan, G. L., Waniza, E., & Siregar, D. A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel: Perspektif Teori Kastolan. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(4), 798–807. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i4.926

Suhady, W., Roza, Y., Matematika, P., Riau, U., & Widya, K. B. (2019). Identifikasi kesalahan konseptual dan prosedural siswa dalam menyelesaikan soal pada materi dimensi tiga 1,2. 03(02), 494–503.

Susanti, E., & Kurniawan, H. (2020). Design Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan STEM. Jurnal Aksioma, 11(1), 37–52.

Yudianto, E., Dinia, L. R., Sugiarti, T., Kurniati, D., & Lestari, N. D. S. (2022). Analysis of Students’ Errors in Solving Curved Face Three-Dimensional Problems Based on Kastolan’S Stage Reviewed From Field Dependent and Field Independent Cognitive Styles. MaPan, 10(2), 188–206. https://doi.org/10.24252/mapan.2022v10n2a1

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Rahmah, V. A., Sutini, S., & Prasetyo, A. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEN GEOMETRI: TINJAUAN TEORI KASTOLAN BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1546–1562. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7115