PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN CARD SORT

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7310

Authors

  • Ainun Safira Manurung Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Agung Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Kolaborasi, Card Sort, Teams Games Tournament

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMA Al Falah Ketintang Surabaya melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Card Sort dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus memiliki dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas XI A2 tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui observasi menggunakan lembar penilaian kemampuan kolaborasi yang mencakup lima indikator diantaranya aktif berkontribusi, bekerja secara produktif, sikap bertanggung jawab, sikap berkompromi dan saling menghargai. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kolaborasi siswa dari tahap pra-siklus dengan rata-rata 39,4% (kurang), meningkat menjadi 52,04% (cukup) pada siklus 1, dan mencapai 83,68% (sangat baik) pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran yang lebih aktif, salah satunya adanya kejelasan peran tiap anggota kelompok serta peraturan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, pembelajaran matematika menggunakan model TGT berbantuan Card Sort terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erviani, I., Hambali, H., & Thahir, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 30–38. https://doi.org/10.51574/JRIP.V2I3.680

Ifada, A. I., Toyib, M., & Marhamah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 447–460. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391

Mandala, D. D., & Setyabudi, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Puzzle pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2203–2216. https://doi.org/10.23969/JP.V9I2.13576

Mevinda, N., & Yasa, A. D. (2024). Niken Mevinda, Arnelia Dwi Yasa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia. 1(2), 859–870.

Nabila, N., Kusumawati, Y., Haris, A., Muhammadiyah, U., Fakultas, B., & Islam, A. (2025). Penerapan Model Kolaborasi Sosial untuk Membangun Karakter Positif Siswa di SD Muhammadiyah Gilipanda Kota Bima. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 284–295. https://doi.org/10.51878/SOCIAL.V5I1.5148

Nurmayasari, K. V., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/BIOLOGY.V1I2.1964

Putra Herdiansyah, G., Utami, N. S., & Lestari, S. (2025). Peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah WUNY, 7(1), 65–77. https://doi.org/10.21831/JWUNY.V7I1.72856

Putri, S. G., Listiani, & Nursia. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (TINDAKAN KELAS DI KELAS IX-B SMP NEGERI 5 TARAKAN). Ptk Dan Pendidikan, 11(1), 43–50. https://doi.org/10.18592/ptk.v11i1.15872

Sabrina, R. N., & Rahayu, S. (2025). Problem Posing Berbantuan Card Sort: Strategi Alternatif dalam Pengembangan Keterampilan Kolaborasi Siswa Vokasi. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(3), 1029–1037. https://doi.org/10.51574/JRIP.V5I3.3826

Siti, L., Azizah, N., Amalia, A., Prasetyo, P. W., Studi, P., Profesi, P., Keguruan, F., Ahmad, U., Ahmad, J., Ringroad, Y., Yogyakarta, S. M. A. M., Gotongroyong, J., Petinggen, I. I., Tegalrejo, K., Yogyakarta, D. I., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ahmad, U., Ringroad, Y. (2025). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT Terintegrasi CASEL. 14(1), 21–28. https://doi.org/10.14421/fourier.2025.141.21-28

Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050

Wulandari, C. A., Rahmaniati, R., & Kartini, N. H. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/PEDAGOGIK.V16I1.2331

Downloads

Published

2025-11-22

How to Cite

Manurung, A. S., Sutini, S., & Prasetyo, A. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN CARD SORT. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 2018–2029. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7310