PENINGKATAN KEMAMPUAN KOLABORASI SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN CARD SORT
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7310
Keywords:
Kolaborasi, Card Sort, Teams Games TournamentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMA Al Falah Ketintang Surabaya melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Card Sort dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, di mana setiap siklus memiliki dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas XI A2 tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui observasi menggunakan lembar penilaian kemampuan kolaborasi yang mencakup lima indikator diantaranya aktif berkontribusi, bekerja secara produktif, sikap bertanggung jawab, sikap berkompromi dan saling menghargai. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kolaborasi siswa dari tahap pra-siklus dengan rata-rata 39,4% (kurang), meningkat menjadi 52,04% (cukup) pada siklus 1, dan mencapai 83,68% (sangat baik) pada siklus 2. Peningkatan tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran yang lebih aktif, salah satunya adanya kejelasan peran tiap anggota kelompok serta peraturan selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Dengan demikian, pembelajaran matematika menggunakan model TGT berbantuan Card Sort terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi siswa SMA.
Downloads
References
Erviani, I., Hambali, H., & Thahir, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) Berbantuan Media Kokami terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 2(3), 30–38. https://doi.org/10.51574/JRIP.V2I3.680
Ifada, A. I., Toyib, M., & Marhamah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dalam Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning Di Sekolah Menengah Pertama. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 447–460. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.391
Mandala, D. D., & Setyabudi, T. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Puzzle pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2203–2216. https://doi.org/10.23969/JP.V9I2.13576
Mevinda, N., & Yasa, A. D. (2024). Niken Mevinda, Arnelia Dwi Yasa Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Indonesia. 1(2), 859–870.
Nabila, N., Kusumawati, Y., Haris, A., Muhammadiyah, U., Fakultas, B., & Islam, A. (2025). Penerapan Model Kolaborasi Sosial untuk Membangun Karakter Positif Siswa di SD Muhammadiyah Gilipanda Kota Bima. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 5(1), 284–295. https://doi.org/10.51878/SOCIAL.V5I1.5148
Nurmayasari, K. V., Utomo, A. P., & Sulistyaningsih, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Problem Based Learning Materi Perubahan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa SMA Negeri 1 Bangorejo. Jurnal Biologi, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.47134/BIOLOGY.V1I2.1964
Putra Herdiansyah, G., Utami, N. S., & Lestari, S. (2025). Peningkatan keterampilan kolaborasi dalam pembelajaran matematika melalui problem based learning pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah WUNY, 7(1), 65–77. https://doi.org/10.21831/JWUNY.V7I1.72856
Putri, S. G., Listiani, & Nursia. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA (TINDAKAN KELAS DI KELAS IX-B SMP NEGERI 5 TARAKAN). Ptk Dan Pendidikan, 11(1), 43–50. https://doi.org/10.18592/ptk.v11i1.15872
Sabrina, R. N., & Rahayu, S. (2025). Problem Posing Berbantuan Card Sort: Strategi Alternatif dalam Pengembangan Keterampilan Kolaborasi Siswa Vokasi. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(3), 1029–1037. https://doi.org/10.51574/JRIP.V5I3.3826
Siti, L., Azizah, N., Amalia, A., Prasetyo, P. W., Studi, P., Profesi, P., Keguruan, F., Ahmad, U., Ahmad, J., Ringroad, Y., Yogyakarta, S. M. A. M., Gotongroyong, J., Petinggen, I. I., Tegalrejo, K., Yogyakarta, D. I., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ahmad, U., Ringroad, Y. (2025). Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe TGT Terintegrasi CASEL. 14(1), 21–28. https://doi.org/10.14421/fourier.2025.141.21-28
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050
Wulandari, C. A., Rahmaniati, R., & Kartini, N. H. (2021). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.33084/PEDAGOGIK.V16I1.2331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.













