APLIKASI MATHUTION: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7099

Authors

  • Marcella Ananda Putri Sony Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Agung Prasetyo Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Yunis Eka Putra Sekolah Indonesia Jeddah

Keywords:

Android, Aplikasi Mathution, Media Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar Matematika, Penelitian Quasi-Experimental

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan aplikasi Mathution (Mathematic Solution) berbasis Android dalam meningkatan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Indonesia Jeddah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya capaian hasil belajar matematika siswa di Sekolah Indonesia Luar Negeri. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experimental) dengan desain pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di Sekolah Indonesia Jeddah. Dari populasi tersebut, diambil dua kelas sebagai sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII A (25 siswa) sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII C (25 siswa) sebagai kelompok eksperimen. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan aplikasi Mathution, sedangkan kelas kontrol diajar secara konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney U, serta uji N-Gain untuk mengukur tingkat peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar (75,80) dan kelas kontrol sebesar (50,37). Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan aplikasi Mathution berbasis Android berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa, sehingga aplikasi ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran interaktif yang efektif di lingkungan Sekolah Indonesia Luar Negeri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chang, L. Y.-H. (2022). An Exploration of Students’ Learning Motivation and Level of Participation through the Use of Mobile Tech in Classrooms. English Language Teaching, 16(1), 92. https://doi.org/10.5539/elt.v16n1p92

Emy Sohilait. (2021). Buku Ajar: Evaluasi Pembelajaran Matematika (1 ed.). Rajawali Pers. https://books.google.co.id/books?id=xHdbEAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Gusteti, M. U., Rahmalina, W., Azmi, K., Wulandari, S., Mulyati, A., Wahyuni, Z., AlFath, M. R., & Azizah, N. (2023). GeoGebra: Transformasi Teknologi yang Menyulap Pembelajaran Matematika Menjadi Lebih Menyenangkan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3695–3704. https://doi.org/: http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4. 1866

Hadi Wuryanto, S.Kom., M.A. & Moch. Abduh, Ph.D. (2022, Desember 5). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.dikdasmen.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li

Ishartono, N., Nurcahyo, A., Waluyo, M., Prayitno, H. J., & Hanifah, M. (2022). Integrating GeoGebra into the flipped learning approach to improve students’ self-regulated learning during the covid-19 pandemic. Journal on Mathematics Education, 13(1), 69–86. https://doi.org/10.22342/jme.v13i1.pp69-86

Istiyani, R., Muchyidin, A., & Raharjo, H. (2018). Analysis of Student Misconception on Geometry Concepts Using Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.14493

La Hewi & Muh.Shaleh. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01). https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Marwa, Hery Kresnadi, & Rio Pranata. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas V SD Mujahidin Pontianak. 06(01).

Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: Literature review. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834

Pratiwi, D., & Pranata, R. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Powerpoint terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Kelas VB di SDN 36 Pontianak Selatan. Journal on Education, 07(01). https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.7125

Purwaningrum, T. S., & Faradillah, A. (2020). Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Berdasarkan Kemampuan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1044–1054. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.287

Richard R Hake. (1999). Analyzing change/gain scores. Physics Education Research, 449–455.

Rohaeti, E. E., Evans, B. R., Wiyatno, T., Prahmana, R. C. I., & Hidayat, W. (2023). Differential learning assisted with SANTUY mobile application for improving students’ mathematical understanding and ability. Journal on Mathematics Education, 14(2), 275–292. https://doi.org/10.22342/jme.v14i2.pp275-292

Sri Mulyani, E. W. (2018). DAMPAK PEMANFAATAN APLIKASI ANDROID DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Sri Muria Betharia Hutagaol, Suprapto Manurung, & Theresia Monika Siahaan. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kualuh Hulu. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 9026–9039.

Susilawati, W. (2020). Improving Students’ Mathematical Representation Ability Through Challenge-Based Learning with Android Applications. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012010. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012010

Sutiarso, S., Coesamin, C., & Nurhanurawati, N. (2018). The Effect of Various Media Scaffolding on Increasing Understanding of Students’ Geometry Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.4291.95-102

Downloads

Published

2025-10-24

How to Cite

Ananda, M., Sutini, S., Prasetyo, A., & Putra, Y. E. (2025). APLIKASI MATHUTION: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH INDONESIA JEDDAH. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1533–1545. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7099