PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SEGIEMPAT
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.269
Keywords:
Berpikir Kreatif, Matematika, Segiempat, STADAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas VII SMPN 1 KRAMATWATU pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 KRAMATWATU yang terdiri dari sembilan kelas dan dengan teknik purposive sampling terpilih dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VII D yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E yang berjumlah 28 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes tertulis dalam bentuk soal-soal uraian (essay) sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil analisis data secara dekriptif diperoleh bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi segiempat adalah 44,47 dari skor ideal 100 serta hasil rata-rata persentasenya adalah 44% berada pada kategori kurang kreatif artinya masih banyak siswa yang belum mampu untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah pada materi segiempat. Namun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan pendekatan STAD lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.