PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6197
Keywords:
Bangun Ruang Sisi Datar, Instrumen Tes, Keterampilan Siswa, Komunikasi Matematis.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes yang layak digunakan untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi bangun ruang sisi datar. Kemampuan komunikasi matematis mencakup keterampilan siswa dalam menyampaikan ide, menjelaskan proses pemecahan masalah, serta menggunakan bahasa dan simbol matematika secara tepat. Instrumen dikembangkan melalui tahapan analisis kebutuhan, penyusunan kisi-kisi dan soal, validasi oleh ahli, serta uji coba terhadap 30 siswa SMP. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis dan disusun secara sistematis. Uji coba empiris menunjukkan bahwa setiap butir soal memiliki korelasi yang tinggi dengan total skor, sementara nilai reliabilitas menunjukkan tingkat konsistensi internal yang kuat. Selain itu, soal memiliki tingkat kesukaran sedang hingga mudah dan daya pembeda yang baik. Berdasarkan hasil tersebut, instrumen dinyatakan layak digunakan sebagai alat evaluasi untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Instrumen ini juga dapat menjadi referensi bagi guru dalam mendesain pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan komunikasi matematis.
Downloads
References
Arifuddin, A., & Ihsanudin, I. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis Ditinjau dari Learning Style Inventory. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1532–1543. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i2.3215
Asmianto, S. Wahyuningsih, Azizah, A. Qohar, & N. A. Atan. (2021). Design of geometry e-module for junior high school students based on gamification using the ADDIE model. AIP Conference Proceedings, 2330(1), 020008. https://doi.org/10.1063/5.0195629
Azmi, M. P., & Salam, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Segi Empat. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 181. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.10029
Awami, F., Yuhana, Y., & Nindiasari, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Self Confidence Siswa SMK. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 231–243. https://doi.org/10.30653/003.202282.236
Bariyah, C., & Wandini, R. R. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy dan Gender. Euclid, 10(2), 421–430. https://doi.org/10.33603/e.v10i2.8591
Cahyani, H. D., & Abadi, A. P. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal On Education, 6(1), 1733–1742.
Fitriyani, N., Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45–54.
Fitriyani, R., Supriatna, A., & Rosyidah, U. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Literasi Matematis untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(2), 145–156.
Handayani, K. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Self Efficacy Pada Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Realistik Berbantuan Web Video. Tesis, Universitas Negeri Semarang.
Hanifah, A., & Sutirna, S. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Didactical Mathematics, 5(2), 539–549. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6818
Isnaintri, E., & Nindiasari, H. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Implementasi Model Pembelajaran SOLE Berbantuan PhetSimulation Materi Grafik Fungsi Kuadrat. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 319–325. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.515
Ismiyah, S., Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2020). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Berdasarkan Tahap Perkembangan Kognitif. TIRTAMATH: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–10. https://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.7930
Kurnia, G. A., Anriani, N., & Hendrayana, A. (2021). Pembelajaran Matematika melalui Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 1–10. https://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v5i2.13263
Lubis, R. N., & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34.
Maukar, N. S. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Koneksi Matematis Berbasis Konteks Keislaman. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Mulyani, S., & Yuhana, Y. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Kompetensi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 40–53.
Mulyani, S., & Kurniawan, D. A. (2021). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(1), 45–56.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Nindiasari, H., & Yuhana, Y. (2021). Analisis Model Rasch pada Pengembangan Instrumen Tes Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UNTIRTA, 3(1), 10–20.
Ningrum, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa SMP. Skripsi, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Rahmawati, C. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Menggunakan Kodular untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Simanullang, C. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 2(2), 123–132.
Taufikurrahman, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri. Skripsi, Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember.
Yoong, S. M. (2022). Applying the ADDIE Model to Design and Develop an Instrument for Dyscalculia. SEAMEO Journal, 1, 55–68.
Yulianingsih, S. M. (2023). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.