SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PENERAPAN MEDIA, TEKNOLOGI, DAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6170
Keywords:
Komunikasi Matematis, Media Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Model Pembelajaran, Sekolah DasarAbstract
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki peserta didik sekolah dasar dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad ke-21. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas media, teknologi, dan model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik Sekolah Dasar melalui pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini menghimpun dan menganalisis 13artikel ilmiah yang terbit antara tahun 2020 hingga 2025. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan media interaktif seperti video animasi, multimedia berbasis Flash, dan permainan edukatif digital (Quizizz, QuizWhizzer) mampu meningkatkan kemampuan peserta diidk dalam menyampaikan ide matematis secara lisan, tulisan, dan visual. Integrasi teknologi digital seperti GeoGebra dan Desmos memperkuat kemampuan representasi dan komunikasi matematis. Selain itu, model pembelajaran inovatif seperti Project Based Learning, Think Pair Share, Contextual Teaching and Learning, dan Teams Games Tournament terbukti efektif mendorong keterlibatan aktif dan kolaboratif peserta didik dalam proses komunikasi matematis. Temuan ini mengindikasikan bahwa sinergi antara media, teknologi, dan model pembelajaran adaptif dapat menciptakan pembelajaran yang komunikatif, kontekstual, dan bermakna di tingkat sekolah dasar. Kajian ini merekomendasikan pentingnya pengembangan pembelajaran matematika berbasis bukti ilmiah untuk meningkatkan kualitas komunikasi matematis peserta didik secara berkelanjutan.
Downloads
References
Arrahim, A., & Pratama, A. P. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 20-27.
Fadila, R., Turmuzi, M., Saputra, H. H., & Fauzi, A. (2025). Pengaruh Media Aplikasi Quizizz Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas 5 SDN 10 Taliwang Tahun Pelajaran 2021-2022. Journal of Classroom Action Research, 7(SpecialIssue), 502-507. https://doi.org/10.29303/jcar.v7iSpecialIssue.10769
Fadliansyah, I. E. A., & Fadliansyah, F. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning Berbantuan Permainan Edukatif. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 1743-1750. https://doi.org/10.57250/ajsh.v4i3.753
Firman, D., & Ovartadara, M. (2022). Penerapan Model Project Based Learning dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(02), 2667-2678. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.579
Hermawan, D., & Prabawanto, S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(1). https://doi.org/10.17509/eh.v7i1.2791
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7-12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57
Istiyowati, L. S. (2020). Simulation and games-based learning model for learning math in higher education. Universal Journal of Educational Research, 8(9A), 16-20. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082003
Jafar, M. I., & Asriadi, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Inpres 3/77 Bajoe 1 Kabupaten Bone. MACCA: Science-Edu Journal, 2(1), 198-205. https://doi.org/10.51574/msej.v2i1.2772
Maharani, D. P., & Winanto, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Melalui Model Project Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1). https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8168
Marcelina, L. (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1551-1562. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.445
Mumtaz, M., Ahmad, N., Ashraf, M. U., Alghamdi, A. M., Bahaddad, A. A., & Almarhabi, K. A. (2022). Iteration causes, impact, and timing in software development lifecycle: An slr. IEEE Access, 10, 65355-65375
Nikolaevna, K. L., Akzhanovna, K. A., Nurgazievna, I. S., Doolotbayevna, B. A., & Oskonovna, K. A. (2024). Development of Algorithmic Competence of Students in Studying Mathematics: An Experimental Study of the Effectiveness of the Use of Information and Communication Technologies. Qubahan Academic Journal, 4(3), 851-860. https://doi.org/10.48161/qaj.v4n3a1094
Nooryanti, S., Utaminingsih, S., & Bintoro, H. S. (2020). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap komunikasi matematis siswa sekolah dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 30-34.
Nurhayati, N. (2025). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 25–32. https://doi.org/10.31851/indiktika.v7i1.16841
Nurjanah, E., Cahyadireja, A., & Ajmaliah, N. (2021). Pengaruh Model Realistic Mathematic Education Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didactical Mathematics, 4(2). https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2912
Purohit, M., Kumar, V., Solanki, V. K., & Kumar, V. (2022). Integrating Mathematics Education with Technology. World Journal of English Language, 12(3), 25. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p25
Riskyka, R., & Syafitri, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. School Education Journal, 12(3), 241–245. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21263
Rismawanti, W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran “PRO TAKTIK” Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.
Sarifah, I., Muhajir, A., Marini, A., Yarmi, G., Safitri, D., & Dewiyani, L. (2025). Mobile games and learning interest: for fifth graders in mathematics. Journal of Education and Learning (EduLearn), 19(1), 151-157. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21118
Sitorus, H., & Manurung, B. (2024). Penggunaan media pembelajaran berbasis edutainment untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(1), 23–31.
Soza Herrera, J. J. (2025). Estrategias de gamificación en la educación primaria: impacto en el desarrollo de competencias matemáticas y de comunicación. Educar, 61(1), 245-261. https://doi.org/10.5565/rev/educar.2255
Vera, S., & Suryani, N. (2025). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Model Discovery Learning Berbasis Gallery Walk dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 45–56. https://doi.org/10.24853/fbc.10.2.165-176
Wardani, O. P., Pujiastuti, H., & Ihsanudin, I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Budaya Lokal untuk Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(02), 2160-2175.
Zahra, S., Gurning, P. P., Aritonang, M. L., Gulo, A. K., & Silalahi, T. M. (2025). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3(1), 270-281. https://doi.org/10.55606/lencana.v3i1.4574
Zaenap, S., Utaminingsih, S., & Santoso, S. (2020). Efektivitas Media Takontikasi Berbasis Matematika Realistik dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29463
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.