SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6195
Keywords:
Berpikir Kritis, Pembelajaran Matematika, Problem-Based Learning (PBL), Systematic Literature ReviewAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial dalam pembelajaran matematika, terutama dalam menyelesaikan soal cerita yang menuntut pemahaman kontekstual, analisis mendalam, dan pemecahan masalah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di Indonesia menunjukkan perlunya inovasi dalam pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis efektivitas model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode Systematic Literature Review digunakan untuk menganalisis 13 artikel ilmiah yang memenuhi kriteria inklusi. Hasil kajian menunjukkan bahwa Problem-Based Learning (PBL) secara konsisten meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui keterlibatan aktif dalam mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah nyata. Problem-Based Learning (PBL) juga mendorong peningkatan pemahaman konsep, kemampuan koneksi matematis, kepercayaan diri, dan kemandirian belajar. Kesimpulan dari studi ini mengindikasikan bahwa Problem-Based Learning (PBL) merupakan pendekatan yang relevan dan efektif dalam pembelajaran matematika abad ke-21, serta layak untuk diimplementasikan secara lebih luas dan berkelanjutan.
Downloads
References
Astuti, S. W., Wati, A. S., & Ayuwanti, I. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan Newman. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 208–223.
Badriani, I., Wyrasti, A. F., & Tanujaya, B. (2022). Student errors in solving HOTS based-match story problems with Newman's theory.
Fahmi, M., Nasution, A. M., & Putri, R. R. (2023). Effectiveness of Problem-Based Learning in Enhancing Students’ Critical Thinking Skills in Mathematics. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 10(1), 45-56.
Hartanti. A., & Purnomo. Y. W. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1728-17377.
Herliati, R. (2022). Pengaruh Model Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 45-56.
Hobri, H., Arifin, S., Murtikusuma, R. P., Oktavianingtyas, E., & Putri, I. W. S. (2021). Students' Critical Thinking Process in Solving Jumping Task According to Gregorc's Thinking Style. Jurnal Didaktik Matematika, 8(1), 15-31.
Juansah, D. E., Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2345-2358. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5213
Kurnila, V. S., Juniati, D., & Khabibah, S. (2023). Kemampuan Koneksi Dan Berpikir Kritis Siswa Sd Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Polya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 748-762. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6428
Kusumo, B. J., Novaliyosi, Y., Yuhana, Y., & Syamsuri. (2025). A systematic literature review on the application of problem-based learning in students' critical thinking abilities. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 8(1), 178–191.
Lestari, D. E., Widjajanti, D. B., Susanto, A.,& Hidayati, K.(2025). Students' self-efficacy in solving mathematical literacy-based summative assessment problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 19(1),47-62.
Mantra, I, B, N., Handayanni, N, D., & Pramawati, A, A, I, Y. (2022). Problem-Based Learning and Project-Based Learning Integration in Online Learning to Enhance Students’ Critical and Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 184-195. https://eprints.unmas.ac.id/id/eprint/5974
Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 239–246.
Mubarokah, A.A.L, & Amir, F.A. (2024). Primary Students’ Errors in Solving Mathematical Literacy Problems Based on Newman Analysis. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(2), 217-230. https://doi.org/10.22342/jpm.v18i2.pp217-230
Mumtaz, M., Ahmad, N., Ashraf, M. U., Alghamdi, A. M., Bahaddad, A. A., & Almarhabi, K. A. (2022). Iteration causes, impact, and timing in software development lifecycle: An slr. IEEE Access, 10, 65355-65375. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2022.3182703
Mustajab, A., & Rahmawati, P. (2021). Implikasi model pembelajaran problem based learning terhadap kecerdasan logika matematika. PYTHAGORAS : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 16(2), 246-252. https://doi.org/10.21831/pythagoras.v16i2.42896
Nazilah, I., Putri, A. O., & Handayani, U. F. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Mts Miftahul Ulum Dampit. Tematik: Jurnal Konten Pendidikan Matematika, 3(1), 12-23. https://doi.org/10.55210/tematik.v3i1.1996
Nengsi. R. Z., Muchlis. E. E., & Susanta. A. (2025). Model Pbl Berbantuan LKPD Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 8(2), 205-216.
OECD. (2023). PISA 2022 results: The state of learning and equity in education (Vol. I).
Pitriani, Y., & Ocktaviaini, N. N. (2020). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmatika sosial menurut polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 287-298.
Pramono, S., & Suhandi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 12-23
Pratiwi, N. P. K. A., Astawa, I. W. P., & Mahayukti, G. A. (2019). Missouri Mathematics Project (MMP), Pemahaman Konsep Matematika, dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Elemen, 5(2), 178-189.
Prihono. E. W., & Khasanah. F. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 74-87. https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v8i1.7078
Putra, A. D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 99-108.
Rahmawati, F., & Sulistyorini, R. (2021). Metode Systematic Literature Review dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2), 101-110.
Ramdhani, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 23-30.
Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-15.
Safitri, N., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2024). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 648–657.
Saparwadi, L. (2022). Kesalahan Siswa SMP dalam memahami masalah matematika bentuk soal cerita. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-12.
Sari, E. D., Zanthy, L. S., & Purwasih, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas Xi Smk Dengan Model Problem Based Learning Dan Media Komika Pro Berbantuan Geogebra. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1735-1748. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.10848
Sari, Y. M., & Wijayanti, L. (2022). Implementasi Problem-Based Learning untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Untirta, 10(1), 55-65.
Syahlan. & Simamora. R. (2022). Improve Students' Mathematical Critical Thinking Skills: Using Models For Problem-Based Learning. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3040-3051. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5503
Utomo, D. P., Putri, A. M. J., & Santoso, T. (2022). Student’s critical thinking ability to solve problems HOTS in regular, acceleration, and olympics class programs. Jurnal Didaktik Matematika, 9(1), 125-135. https://doi.org/10.24815/jdm.v9i1.23242
Waluyo. E. (2023). Penerapan Stem Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Lesson Study. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 6(3). 1113-1124. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17345
Widodo, W., & Kurniawati, L. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Untirta, 11(1), 67-79.
Zetriuslita. Suripah. Ariawan. R. & Hidayat. R. (2023). Using Problem-Based Learning to Promote Students’ Critical Thinking and Mathematical Problem-Solving Skills. Jurnal Pendidikan Progresif, 13(2), 281-295. http://dx.doi.org/10.23960/jpp.v13.i2.202311
Zulkarnain. M. A., Syaiful. & Suratno. (2023) . Using Learning Models Problem Based Learning To Improve Students’ Mathematical Critical Thinking Skilss. DESIMAL: Jurnal Matematika, 6(2), 153-162.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.