PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6147
Keywords:
Kampus Mengajar, Literasi, NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Program Kampus Mengajar Angkatan 8 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Literasi dan numerasi merupakan keterampilan dasar yang krusial bagi perkembangan akademik dan kehidupan sehari-hari siswa. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, kemampuan literasi dan numerasi siswa Indonesia masih tergolong rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil survei internasional seperti PISA. Program Kampus Mengajar diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini dengan melibatkan mahasiswa sebagai pengajar di sekolah-sekolah yang memerlukan bantuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen, yang melibatkan siswa, mahasiswa, guru, dan kepala sekolah yang terlibat dalam program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar Angkatan 8 telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD melalui program kegiatan mengajar di kelas, gerakan literasi sekolah, dan program giat numerasi. Siswa yang terlibat dalam program ini cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi, percaya diri, dan memiliki keterampilan sosial yang lebih baik.
Downloads
References
Azhari, B. M., Puteri, H. A., Azizah, I., Kamila, N., Nazwa, H. A., & Andriatna, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 250–262. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1058
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Hidayat. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Program Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Iriawan, S. B., & Saefudin, A. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. (2020). Pedoman Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbudristek. (2024). Program Kampus Mengajar: Buku Panduan Pelaksanaan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82–92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2
Lubis, S. S. W. (2020). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA JURNAL BACA HARIAN. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(1), 127–135. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167
M. Dahlan R., & Murad, M. (2023). Keberanian Mengemukakan Pendapat dan Pemahaman Siswa. Journal on Education, 6(1), 775–786.
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Sela, M. P. W., & Dinatha, N. M. (2024). STRATEGI PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS V DI SDK MAJAMERE. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 2(1), 254–267. https://doi.org/10.38048/jcmp.v2i1.3393
UNESCO. (2020). Education in Asia-Pacific: A Comparative Study of Literacy and Numeracy Programs. UNESCO Office.
Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.