PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6147

Authors

  • Nirfayanti Nirfayanti Universitas Muslim Maros

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Program Kampus Mengajar Angkatan 8 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa Sekolah Dasar (SD) di Indonesia. Literasi dan numerasi merupakan keterampilan dasar yang krusial bagi perkembangan akademik dan kehidupan sehari-hari siswa. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan, kemampuan literasi dan numerasi siswa Indonesia masih tergolong rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil survei internasional seperti PISA. Program Kampus Mengajar diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini dengan melibatkan mahasiswa sebagai pengajar di sekolah-sekolah yang memerlukan bantuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen, yang melibatkan siswa, mahasiswa, guru, dan kepala sekolah yang terlibat dalam program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Kampus Mengajar Angkatan 8 telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD melalui program kegiatan mengajar di kelas, gerakan literasi sekolah, dan program giat numerasi. Siswa yang terlibat dalam program ini cenderung memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi, percaya diri, dan memiliki keterampilan sosial yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-ZsaDilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.19185
Azhari, B. M., Puteri, H. A., Azizah, I., Kamila, N., Nazwa, H. A., & Andriatna, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca dan Numerasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Jeron melalui Lembar Kerja Komik Berbasis STEAM dan MIKiR. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 250–262. https://doi.org/10.35914/tomaega.v5i2.1058
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604
Hidayat. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan melalui Program Kampus Mengajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Iriawan, S. B., & Saefudin, A. (2021). Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbud. (2020). Pedoman Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemdikbudristek. (2024). Program Kampus Mengajar: Buku Panduan Pelaksanaan. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Komalasari, A. S., & Riani, D. (2023). EDUKASI MANFAAT LITERASI MEMBACA DAN MENULIS DI SMK PGRI 3 BOGOR. SINKRON: Jurnal Pengabdian Masyarakat UIKA Jaya, 1(2), 82–92. https://doi.org/10.32832/jpmuj.v1i2
Lubis, S. S. W. (2020). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI MEMBACA DENGAN PEMANFAATAN MEDIA JURNAL BACA HARIAN. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 9(1), 127–135. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167
M. Dahlan R., & Murad, M. (2023). Keberanian Mengemukakan Pendapat dan Pemahaman Siswa. Journal on Education, 6(1), 775–786.
Ningrum, F. W., Nurheni, A., Umami, S. A., Sufanti, M., & Rohmadi, R. (2021). Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi. Buletin KKN Pendidikan, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i2.14550
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i1.17822
Sela, M. P. W., & Dinatha, N. M. (2024). STRATEGI PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA KELAS V DI SDK MAJAMERE. Jurnal Citra Magang Dan Persekolahan, 2(1), 254–267. https://doi.org/10.38048/jcmp.v2i1.3393
UNESCO. (2020). Education in Asia-Pacific: A Comparative Study of Literacy and Numeracy Programs. UNESCO Office.
Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Nirfayanti, N. (2025). PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SD PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 8. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 641–652. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.6147