PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Pembelajaran matematika masih didominasi dengan model pembelajaran yang konvensional, sebagian siswa terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa proses menghafal tanpa dibarengi dengan penguasaan konsep matematika. Model pembelajaran pun berperan penting untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas. Salah satu penyelesaian yang dapat diusahakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berpikir induktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berpikir induktif dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 19 Moncongloe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII.1 SMP Negeri 19 Moncongloe yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh validator dan lembar observasi penilaian yang digunakan oleh observer. Statistik yang digunakan untuk pengujian adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes dan posttest masing-masing adalah 69 dan 82,24. Hasil data pada penelitian ini berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis diterima (H1 diterima). Sehingga ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri 19 Moncongloe setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran berpikir induktif. Oleh karena itu, terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran berpikir induktif sebelum dan sesudah diterapkan pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 19 Moncongloe.
Downloads
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.