PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

  • Nurlinda Nurlinda Universitas Muslim Maros
  • Nirfayanti Nirfayanti Universitas Muslim Maros
Keywords: Berpikir Induktif, Konsep Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Pembelajaran matematika masih didominasi dengan model pembelajaran yang konvensional, sebagian siswa terbiasa melakukan kegiatan belajar berupa proses menghafal tanpa dibarengi dengan penguasaan konsep matematika. Model pembelajaran pun berperan penting untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan guru di dalam kelas. Salah satu penyelesaian yang dapat diusahakan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran berpikir induktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berpikir induktif dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 19 Moncongloe. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII.1 SMP Negeri 19 Moncongloe yang berjumlah 21 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi oleh validator dan lembar observasi penilaian yang digunakan oleh observer. Statistik yang digunakan untuk pengujian adalah statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes dan posttest masing-masing adalah 69 dan 82,24. Hasil data pada penelitian ini berdistribusi normal dan hasil uji hipotesis diterima (H1 diterima). Sehingga ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII.1 SMP Negeri 19 Moncongloe setelah diajar dengan menerapkan model pembelajaran berpikir induktif. Oleh karena itu, terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran berpikir induktif sebelum dan sesudah diterapkan pada siswa kelas VII.1 SMP Negeri 19 Moncongloe.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
31-05-2022
How to Cite
Nurlinda, N., & Nirfayanti, N. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 96-108. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i1.1804