KETERAMPILAN MANGAJAR: SIAP ATAU TIDAK MENJADI CALON GURU PROFESIONAL?
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5900
Keywords:
Keterampilan Mengajar, Calon Guru, Microteaching.Abstract
Calon guru harus dibekali kemampuan pedagogik agar dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Kemampuan pedagogik sangat erat dengan keterampilan mengajar yaitu keterampilan mulai dari membuka sampai menutup pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan calon guru dalam menjagar dikelas melalui perkuliahan microteaching. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Calon subjek penelitian sebanyak 78 mahasiswa dan subjek penelitian sebanyak 15 mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Ma tematika TA. 2025/2026. Instrumen yang digunakan adalah lembar rubrik penilaian microteaching. Data dianalisis dengan menggunakan persentase yaitu skor rataan dibagi dengan skor maksimal kemudian dikali 100%. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan mengajar calon guru pada kategori “sangat baik”. Dengan demikian calon guru sudah memiliki kemampuan pedagogik yang baik dan dapat dijadikan dasar bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Suska Riau memiliki bekal untuk menjadi guru professional baik dalam merancang maupun praktik mengajar.
Downloads
References
Aida, Welven. 2019. Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Edu Research 8(2):1–10. doi: 10.30606/jer.v8i2.302.
Amrin, Sayful. 2021. ‘Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Flores’. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(1):58–65. doi: 10.31004/edukatif.v3i1.233.
Asril, Zainal. 2016. Micro Teaching. 2nd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bastian, Bastian. 2019. ‘Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar’. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 3(6):1357. doi: 10.33578/pjr.v3i6.7899.
Betu, Fransiskus Soda. 2024. ‘Pentingnya Keterampilan Bertanya Peserta Didik: Kompetensi Penting Dalam Kurikulum Merdeka’. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik 8(2):1–16. doi: 10.53949/arjpk.v8i2.13.
Febrian, Febrian, and Mirta Fera. 2019. ‘Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch’. Jurnal Gantang 4(1):87–95. doi: 10.31629/jg.v4i1.1065.
Ginting, Fajrul Wahdi, Agus Muliaman, Isna Rezkia Lukman, and Mellyzar Mellyzar. 2020. ‘Analysis of the Readiness of Education Study Program Students to Become Pre-Service Teacher Based on Teacher Competency Standards’. Jurnal Pendidikan Fisika 9(2):120–27. doi: 10.22611/jpf.v9i2.20941.
Helmiati.2014. MicroTeahing Melatih Keterampilan dasar mengajar. Asswaja Pressindo. Pekanbaru.
Khakiim, Uluul, I. Nyoman Sudana Degeng, and Utami Widiati. n.d. ‘Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar’.
Kristiana, Dini, and A. Muhibbin. 2019. ‘Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaranmatematika di SMP’. Manajemen Pendidikan 13(2):204–9. doi: 10.23917/jmp.v13i2.7488.
Mansur, Nurdin. 2017. ‘Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa’. Lantanida Journal 4(2):118. doi: 10.22373/lj.v4i2.1884.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UI Press.
Mulyawati, Yuli Mulya. 2021. ‘Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan’. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2). doi: 10.33654/pgsd.v3i2.1317.
Nurmasyitah, Nurmasyitah. 2021. ‘Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching’. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro 9(1):102–3. doi: 10.24127/jpf.v9i1.3527.
Rusiadi, Rusiadi. 2020. ‘Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam’. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 6(2):10–21. doi: 10.37567/alwatzikhoebillah.v6i2.226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.