KETERAMPILAN MANGAJAR: SIAP ATAU TIDAK MENJADI CALON GURU PROFESIONAL?

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5900

Authors

  • Annisah Kurniati Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suci Yuniati universitas islam negeri sultan syarif kasim riau
  • Depriwana Rahmi Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

Keterampilan Mengajar, Calon Guru, Microteaching.

Abstract

Calon guru harus dibekali kemampuan pedagogik agar dapat mengelola pembelajaran di kelas dengan baik. Kemampuan pedagogik sangat erat dengan keterampilan mengajar yaitu keterampilan mulai dari membuka sampai menutup pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan calon guru dalam menjagar dikelas melalui perkuliahan microteaching. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Calon subjek penelitian sebanyak 78 mahasiswa dan subjek penelitian sebanyak 15 mahasiswa semester enam Program Studi Pendidikan Ma tematika TA. 2025/2026. Instrumen yang digunakan adalah lembar rubrik penilaian microteaching. Data dianalisis dengan menggunakan persentase yaitu skor rataan dibagi dengan skor maksimal kemudian dikali 100%. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi waktu dan kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan mengajar calon guru pada kategori “sangat baik”. Dengan demikian calon guru sudah memiliki kemampuan pedagogik yang baik dan dapat dijadikan dasar bahwa mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Suska Riau memiliki bekal untuk menjadi guru professional baik dalam merancang maupun praktik mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Memi, Didi Yulistio, and Padi Utomo. 2020. ‘Keterampilan Guru Memberi Penguatan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPA di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu’. Jurnal Ilmiah KORPUS 4(1):46–53. doi: 10.33369/jik.v4i1.8227.
Aida, Welven. 2019. Analisis Kemampuan Keterampilan Dasar Mengajar (Micro Teaching) Mahasiswa Angkatan I Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian. Jurnal Edu Research 8(2):1–10. doi: 10.30606/jer.v8i2.302.
Amrin, Sayful. 2021. ‘Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Flores’. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(1):58–65. doi: 10.31004/edukatif.v3i1.233.
Asril, Zainal. 2016. Micro Teaching. 2nd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Bastian, Bastian. 2019. ‘Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar’. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) 3(6):1357. doi: 10.33578/pjr.v3i6.7899.
Betu, Fransiskus Soda. 2024. ‘Pentingnya Keterampilan Bertanya Peserta Didik: Kompetensi Penting Dalam Kurikulum Merdeka’. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kataketik 8(2):1–16. doi: 10.53949/arjpk.v8i2.13.
Febrian, Febrian, and Mirta Fera. 2019. ‘Kualitas Perangkat dan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Mata Kuliah Micro Teaching Menggunakan Analisis Model Rasch’. Jurnal Gantang 4(1):87–95. doi: 10.31629/jg.v4i1.1065.
Ginting, Fajrul Wahdi, Agus Muliaman, Isna Rezkia Lukman, and Mellyzar Mellyzar. 2020. ‘Analysis of the Readiness of Education Study Program Students to Become Pre-Service Teacher Based on Teacher Competency Standards’. Jurnal Pendidikan Fisika 9(2):120–27. doi: 10.22611/jpf.v9i2.20941.
Helmiati.2014. MicroTeahing Melatih Keterampilan dasar mengajar. Asswaja Pressindo. Pekanbaru.
Khakiim, Uluul, I. Nyoman Sudana Degeng, and Utami Widiati. n.d. ‘Pelaksanaan Membuka Dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas 1 Sekolah Dasar’.
Kristiana, Dini, and A. Muhibbin. 2019. ‘Keterampilan Dasar Mengajar Dalam Pembelajaranmatematika di SMP’. Manajemen Pendidikan 13(2):204–9. doi: 10.23917/jmp.v13i2.7488.
Mansur, Nurdin. 2017. ‘Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa’. Lantanida Journal 4(2):118. doi: 10.22373/lj.v4i2.1884.
Matthew B. Miles, A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UI Press.
Mulyawati, Yuli Mulya. 2021. ‘Pentingnya Keterampilan Guru Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan’. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3(2). doi: 10.33654/pgsd.v3i2.1317.
Nurmasyitah, Nurmasyitah. 2021. ‘Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Microteaching’. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro 9(1):102–3. doi: 10.24127/jpf.v9i1.3527.
Rusiadi, Rusiadi. 2020. ‘Variasi Metode Dan Media Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam’. Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 6(2):10–21. doi: 10.37567/alwatzikhoebillah.v6i2.226.

Downloads

Published

2025-06-05

How to Cite

Kurniati, A., Yuniati, S., & Rahmi, D. . (2025). KETERAMPILAN MANGAJAR: SIAP ATAU TIDAK MENJADI CALON GURU PROFESIONAL?. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 457–470. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5900