ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

  • Elsyavira Elsyavira Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Depriwana Rahmi
  • Annisah Kurniati
  • Suci Yuniati Yuniati
Keywords: Penalaran Matematis, Eksponen, Siswa, SMA

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 di salah satu SMA Negeri yang berada di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, sebanyak 28 siswa yang berada dalam satu kelas yang sama dan memiliki hasil pembelajaran matematika yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes berbentuk uraian yang berjumlah tiga soal dengan indikator yang berbeda. Hasil temuannya menunjukkan bahwa persentase kemampuan penalaran matematis siswa pada indikator pertama yaitu sebesar 65,2% dengan kategori baik. Persentase kemampuan penalaran matematis pada indikator kedua sebesar 82,1% dengan kategori sangat baik. Dan persentase kemampuan penalaran matematis pada indikator ketiga sebesar 63% dengan kategori baik. Berdasarkan persentase tersebut dapat dinyatakan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gustiadi, A., Nina, A., Yudhi, H. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Dimensi Tiga . Jurnal Absis , 346.
Hamsiah, Masjudin, Ade Kurniawan. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPN 13 Mataram pada Materi Bangun Ruang. Media Pendidikan Matematika , 115.
Mulyani, S., Abdul, R., Fajar, A. (2022 ). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponeln Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa . Issues in Mathematics Education , 201.
Lestari, M., Subanji, Santi, I. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Matriks. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 550.
Satriani, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Eksponen dan Logaritma . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 194.
Wahyuni, Zulfa, Yenita, R., Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI , 91.
Widiati, YL., Kamid, Evita, A. (2020). Analisis Penalaran Matematis Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Materi Operasi Aljabar di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 84.
Yusdiana, B.I.,& Wahyu, H. (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Limit Fungsi. 414.
Zebua, D.M., Amin, O.H., Agnes, R.H. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving di SMK Negeri 1 Hiliserangkai Tahun Pelajaran 2021/2022. Formosa Journal of Applield Sciesces (FJAS), 527.
Published
13-05-2024
How to Cite
Elsyavira, E., Rahmi, D., Kurniati, A., & Yuniati, S. Y. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 17-28. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3530