ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA
Abstract
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 1 di salah satu SMA Negeri yang berada di Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, sebanyak 28 siswa yang berada dalam satu kelas yang sama dan memiliki hasil pembelajaran matematika yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes berbentuk uraian yang berjumlah tiga soal dengan indikator yang berbeda. Hasil temuannya menunjukkan bahwa persentase kemampuan penalaran matematis siswa pada indikator pertama yaitu sebesar 65,2% dengan kategori baik. Persentase kemampuan penalaran matematis pada indikator kedua sebesar 82,1% dengan kategori sangat baik. Dan persentase kemampuan penalaran matematis pada indikator ketiga sebesar 63% dengan kategori baik. Berdasarkan persentase tersebut dapat dinyatakan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X tergolong baik.
Downloads
References
Hamsiah, Masjudin, Ade Kurniawan. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMPN 13 Mataram pada Materi Bangun Ruang. Media Pendidikan Matematika , 115.
Mulyani, S., Abdul, R., Fajar, A. (2022 ). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponeln Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa . Issues in Mathematics Education , 201.
Lestari, M., Subanji, Santi, I. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Matriks. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 550.
Satriani, S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Eksponen dan Logaritma . Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 194.
Wahyuni, Zulfa, Yenita, R., Maimunah. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI , 91.
Widiati, YL., Kamid, Evita, A. (2020). Analisis Penalaran Matematis Ditinjau dari Persepsi Siswa terhadap Materi Operasi Aljabar di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 84.
Yusdiana, B.I.,& Wahyu, H. (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif ). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Limit Fungsi. 414.
Zebua, D.M., Amin, O.H., Agnes, R.H. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving di SMK Negeri 1 Hiliserangkai Tahun Pelajaran 2021/2022. Formosa Journal of Applield Sciesces (FJAS), 527.
Copyright (c) 2024 elsyavira, Depriwana Rahmi, Annisah Kurniati, Suci Yuniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.