PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA SMPN 3 KARANGJATI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5875

Authors

  • Endang Triningsih Muhtar STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi

Keywords:

Google sites, Etnomatematika, Garis dan Sudut, Hasil Belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis google sites dengan pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII A SMPN 3 Karangjati. Hasil observasi menyatakan bahwa rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa aktibat kurangnya media pembelajaran yang inovatif serta minimnya keterkaitan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dan memperoleh kategori “sangat valid” dengan rata-rata nilai validasi di atas 80%. Uji kepraktisan dari respon peserta didik menunjukkan media sangat praktis dengan persentase rata-rata 87%. Uji vaiditas soal menunjukkan 0,67 yang menunjukkan reliabilitas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Google sites dengan pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternative pembelajaran inovatif yang relevan dengan budaya lokal dan perkembangan teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka
Ir. Yendri Wirda, M.Si Ikhya Ulumudin, S.Pd., M.Pd. Ferdi Widiputera, S.E., M.E. Nur Listiawati, S.S., M.Ed. Sisca Fujianita, S. P. (2020). FaktorR-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa Pusat. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Redaksi:
Khaesarani, I. R., & Hasibuan, E. K. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. 15(3), 37–49.
Nurniyati, T., Djafar, S., & Putriyani, S. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 08(November), 1981–1992.
Rahmat1, Musnar Indra Daulay2, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Rahmat1,. 5, 6014–6023.
Rohmatin, B., Sasomo, B., Rahmawati, A. D., Matematika, P., & Ngawi, S. M. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Mind Mapping Dan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Pedagogy, 8(1), 181–194.
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Wahyuni, I., & Alifia, A. L. W. N. (2022). Identifikasi Etnomatematika Pada Museum Probolinggo. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 141–148. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1136
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. 9, 1220–1230.
Wiratama, V. P. (2023). Pengembangan Media Berbasis Google sites Dengan Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas VIII MTs MA’ARIF AMBULU JEMBER.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Muhtar, E. T., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. . (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA SMPN 3 KARANGJATI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 362–375. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5875