PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU GOOGLE SITES DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI GARIS DAN SUDUT SISWA SMPN 3 KARANGJATI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5875
Keywords:
Google sites, Etnomatematika, Garis dan Sudut, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis google sites dengan pendekatan etnomatematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi garis dan sudut di kelas VII A SMPN 3 Karangjati. Hasil observasi menyatakan bahwa rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa aktibat kurangnya media pembelajaran yang inovatif serta minimnya keterkaitan materi matematika dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Media yang dikembangkan divalidasi oleh para ahli dan memperoleh kategori “sangat valid” dengan rata-rata nilai validasi di atas 80%. Uji kepraktisan dari respon peserta didik menunjukkan media sangat praktis dengan persentase rata-rata 87%. Uji vaiditas soal menunjukkan 0,67 yang menunjukkan reliabilitas tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Google sites dengan pendekatan etnomatematika efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, media ini dapat menjadi alternative pembelajaran inovatif yang relevan dengan budaya lokal dan perkembangan teknologi.
Downloads
References
Ir. Yendri Wirda, M.Si Ikhya Ulumudin, S.Pd., M.Pd. Ferdi Widiputera, S.E., M.E. Nur Listiawati, S.S., M.Ed. Sisca Fujianita, S. P. (2020). FaktorR-Faktor Determinan Hasil Belajar Siswa Pusat. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Redaksi:
Khaesarani, I. R., & Hasibuan, E. K. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share ( Tps ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. 15(3), 37–49.
Nurniyati, T., Djafar, S., & Putriyani, S. (2024). Meta Analisis Pendekatan Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 08(November), 1981–1992.
Rahmat1, Musnar Indra Daulay2, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Rahmat1,. 5, 6014–6023.
Rohmatin, B., Sasomo, B., Rahmawati, A. D., Matematika, P., & Ngawi, S. M. (2023). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Model Mind Mapping Dan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Literasi Matematika. Pedagogy, 8(1), 181–194.
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 148–157. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157
Wahyuni, I., & Alifia, A. L. W. N. (2022). Identifikasi Etnomatematika Pada Museum Probolinggo. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 141–148. https://doi.org/10.30872/primatika.v11i2.1136
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. 9, 1220–1230.
Wiratama, V. P. (2023). Pengembangan Media Berbasis Google sites Dengan Pendekatan Etnomatematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas VIII MTs MA’ARIF AMBULU JEMBER.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.