EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MIND MAPPING DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA

  • Binti Rohmatin Rohmatin STKIP Modern Ngawi
  • Budi Sasomo Sasomo STKIP Modern Ngawi
  • Arum Dwi Rahmawati STKIP Modern Ngawi
Keywords: Efektivitas, Mind Mapping, Realistic Mathematic Education, Konvensional

Abstract

Penerapan efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model mind mapping dan pendekatan realistic mathematic education mampu meningkatkan literasi siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan menggunakan data analisis pada taraf signifikasi 0.05  memberikan hasil hipotesis image002.png    . disimpulkan dalam kelas VIII A atau kelas Eksperimen image003.png ditolak dan image004.png diterima, maka dalam kelas A terjadi perbedaan hasil antara pretes dan posttest, dan dalam nilai N gain berada dalam rata rata 0.18 serta mampu memberikan peningkatan rata rata sebanyak 31.79 sedangkan dalam kelas kontrol hasil hipotesis yaitu image005.png yang mengakibatkan image0031.png diterima dan image0041.png ditolak. Sehingga, dalam kelas VIII B atau kelas kontrol tidak terdapat perbedaan antara pretes dan posttest dan jika dilihat dalam hasil N gain kelas kontrol memiliki rata-rata N Gain 0.01 yang berada dalam kriteria rendah, dan terjadi peningkatan rata-rata hanya 1.17.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
11-05-2023
How to Cite
Rohmatin, B. R., Sasomo, B. S., & Rahmawati, A. D. (2023). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MIND MAPPING DAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA . Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 181-195. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2466