Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Peganden

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5838

Authors

  • Hidayatul Khalimah Universitas Qomaruddin
  • Illah Winiati Triyana Universitas Qomaruddin

Keywords:

kecemasan matematika, hasil belajar, korelasi, regresi, pengaruh

Abstract

Di Indonesia, pembelajaran matematika masih dihadapkan pada berbagai tantangan. Banyak siswa menghadapi tantangan saat memahami materi yang diajarkan, dan salah satu penyebab paling umum adalah kecemasan saat menghadapi pelajaran matematika. Kecemasan yang dirasakan siswa dapat berdampak pada kemampuan mereka untuk memahami materi dan mencapai hasil belajar yang memuaskan, khususnya di kelas matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kecemasan siswa terhadap matematika dan bagaimana kecemasan tersebut memengaruhi hasil belajar mereka. Ketika siswa menghadapi kelas atau tugas yang berhubungan dengan matematika, mereka mungkin merasa cemas, stres, atau takut. Ini dikenal sebagai kecemasan matematika. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan desain regresi korelasional untuk menguji hubungan antara hasil belajar siswa dan kecemasan matematika. Kuesioner tentang kecemasan matematika digunakan untuk mengumpulkan data dan nilai ujian akhir semester yang digunakan sebagai indikator hasil belajar siswa. Analisis regresi sederhana digunakan untuk menentukan apakah ada korelasi antara kecemasan matematika dan prestasi akademik siswa, sedangkan analisis korelasi digunakan untuk mengamati tingkat kekuatan korelasi antara kedua variabel tersebut. Simpulan analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan matematika mempengaruhi hasil belajar siswa MTs Miftahul Ulum Peganden pada mata pelajaran tersebut. Hal ini terbukti dari hasil uji regresi yang menunjukkan bahwa kecemasan matematika siswa MTs Miftahul Ulum Peganden memiliki pengaruh terhadap hasil belajar matematika. menghasilkan persamaan regresi Ý = 30,381 + 0,200X. Artinya, setiap penambahan 1 poin pada skor kecemasan matematika (X) akan menyebabkan peningkatan 0,200 dalam hasil belajar matematika siswa (Ý). Meskipun demikian, koefisien determinasi (R2) sebesar 0,041 atau 4,1% menunjukkan bahwa kekhawatiran siswa terhadap matematika hanya berkontribusi 4,1% terhadap hasil belajar mereka. Oleh karena itu, faktor-faktor tambahan tidak disertakan dalam penelitian ini memiliki kontribusi sebesar 95,9% terhadap hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 34. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40
Atmojo, BT, & Ibrahim. (2021). Pengaruh kecemasan matematika dan konsep diri selama pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 14(2), 125–145.
Ekowati, C. K., Samo, D. D., & Njuka, K. T. N. (2021). Pengaruh kecemasan, kesulitan belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kupang. Jurnal Pendidikan Haumens, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.35508/haumeni.v1i1.4546
Gunawan, E. S., Amrullah, Novitasari, D., & Soepriyanto, H. (2024). Pengaruh kecemasan matematika dan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 6(2), 428–439. https://www.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/MANDALIKA/article/view/7393
Kurniawan, R. & Setiawan, E. (2021). Pengaruh kecemasan matematika terhadap prestasi akademik siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-53. https://doi.org/10.5678/jpp.v10i1.4567
Mamolo, LA (2021). Pengembangan tes prestasi untuk mengukur kompetensi siswa dalam matematika umum. Jurnal Pendidikan Anatolia, 6(1), 79–90. https://doi.org/10.29333/aje.2021.616a
Hikmah, N. (2024). Pengaruh kecemasan matematika, kemanjuran sef dan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP 1 Bontonomo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah, Makassar.
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan dalam Belajar Matematika dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Roisatun Nisa. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Game Edukasi dengan Program Construct 2. Jurnal Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika.
Stiawan, D., Wardono, Waluya, SB, & Prabowo, A. (2024). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional tentang Pengurangan Kecemasan Matematika Melalui Model Pembelajaran: Tinjauan Literatur Sistematis.Prisma, 7, 596–602. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Wilda Mahmudah. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah matematika tipe Hots berdasarkan Teori Newman. Jurnal UJMC. Volume4Terbitan1Halaman49-56.

Downloads

Published

2025-05-10

How to Cite

Khalimah, H. ., & Triyana, I. W. . (2025). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Miftahul Ulum Peganden. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 282–292. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5838