Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5156

Authors

  • Naurah Nadiatun Nabilah Universitas Qomaruddin
  • Illah Winiati Triyana Universitas Qomaruddin

Keywords:

analisis kesalahan, statistika, gaya belajar

Abstract

Diiringi kemajuan teknologi analisis data modern, Melimpahnya data sosial dalam revolusi industri 4.0 memotivasi para pendidik untuk memasukkan prinsip-prinsip statistika ke dalam pembelajaran di kelas. Soal-soal yang mencakup materi statistika masih sulit untuk dipecahkan oleh para siswa, menurut penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik). Siswa kelas sembilan di SMP Darussalam Tegal Joyo berpartisipasi dalam penelitian ini, yang menggunakan metodologi deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. pelajar visual  melakukan kesalahan dalam konseptual dan prosedur dalam hal ini mereka tidak memahami konsep rata-rata gabungan, sehingga rumus yang mereka gunakan ketika menyelesaikan soal kurang tepat dan cara menghitung kelas median  tidak memakai frekuensi kumulatif. 2. Pelajar auditori melakukan kesalahan konseptual dan prosedural, mereka salah memahami konsep rata-rata gabungan dan juga gagal menggunakan frekuensi kumulatif untuk mendapatkan kelas median. 3. Peserta kinestetik melakukan kesalahan prosedur dengan tidak menggunakan frekuensi kumulatif untuk mendapatkan kelas median.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aly, B. F. N., Sujadi, A., & Taufiq, I. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 135–144.
Febrianti, V., & Chotimah, S. (2020). Analisis kesulitan pada materi statistika kelas viii siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 559–566.
Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27.
Hakim, I. D., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 70–87.
Herwidi, T., & Jumroh, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa di Kelas VII SMPN 61 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1259–1265.
Jamaluddin, M., Asma, J., & Kurniasari, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal FMIPA Unesa.
Kusumarini, I., & Dhoruri, A. (2024). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DITINJAU DARI MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pedagogi Matematika, 10(2).
Mahmudah, W., Nisa, R., Triyana, I. W., & Nalurita, I. V. (2022). Pendampingan Pembelajaran Matematika di UPT SDN 36 Gresik. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 6(1), 124–129.
Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. (2020). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal materi statistika pada siswa smp kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 385–392.
Ovinka, V. T., & Hartati, L. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XII. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
Rahmawati, L., & Gumiandari, S. (2021). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Kelas 3F IAIN Syekh Nurjati Cirebon: Identification Of Learning Styles (Visual, Auditorial And Kinesthetic) English Tadris Students Class 3F IAIN Syekh Nurjati C. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(1), 54–61.
Safitri, E. L., Prayitno, S., Hayati, L., & Hapipi, H. (2021). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 348–358.
Santika, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Statistika. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Sari, D. R., & Bernard, M. (2020). Analisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal materi statistika di bandung barat. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 223–232.
Susanto, S., Guswanto, E., & Trapsilasiwi, D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Identitas Trigonometri Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Gaya Belajar. KadikmA, 9(1), 165–173.
Yofita, A., Rahmi, R., & Jufri, L. H. (2022). Analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal cerita ditinjau dari gaya belajar. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 42–56.

Downloads

Published

2025-03-21

How to Cite

Nadiatun Nabilah, N., & Triyana, I. W. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i1.5156