KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3825
Keywords:
Pemecahan Masalah, Self Directed Learning, Pendidikan Matematika.Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dibutuhkan peserta didik untuk menyelesaikan masalah baik di luar ataupun di dalam konteks matematika. Peserta didik membutuhkan self directed learning untuk mengelola pembelajarannya secara mandiri serta mengambil inisiatif untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta self directed learning yang telah dimiliki peserta didik, kemudian menganalisis apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang memiliki self directed learning tinggi, sedang, maupun rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan seluruh peserta didik kelas X di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar sebagai subjek dalam penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara memberikan angket self directed learning dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang memiliki self directed learning tinggi, sedang, dan rendah.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Self Directed Learning, Pendidikan Matematika.
Downloads
References
Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan penelitian. Rineka Cipta.
BSNP, B. S. (2006). Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah; standar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Haryati, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMA dalam pembelajaran online berbantuan google classroom ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. UIN Mataram.
Nisa, R., Mahmudah, W., Jamaluddin, M., Triyana, I. W., Nalurita, I. V., & Kurniawati, Y. (n.d.). KANAL BELAJAR ONLINE OFFICIAL: MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SECARA MANDIRI.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Prabawanto, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan self-efficacy matematis mahapeserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan metacognitive scaffolding. Universitas Pendidikan Indonesia.
Purnamasari, P. D., & Sugiman, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas Xi Smk Muhammadiyah I Patuk Pada Pokok Bahasan Peluang Analysis Of Math Problem Solving Ability Student Grade Xi Smk Muhammadiyah I Patuk On Probability Discussion. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(4).
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis peserta didik SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.
Rami, D. R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING. Universitas Pendidikan Indonesia.
Saniyyah, F., & Winiati, I. (2020). Analisis Penalaran Adaptif Peserta didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 121–129.
Siahaan, Y. S., & Surya, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED.
Suryanti, S., Khikmiyah, F., Zawawi, I., & Fauziyah, S. (2017). Peningkatan penguasaan konsep matriks melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 21(1), 14–27.
Williamson, S. N. (2007). Development of a self-rating scale of self-directed learning. Nurse Researcher, 14(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.