KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3825

Authors

  • Shofiyah Furaidah Universitas Qomaruddin
  • Illah Winiati Triyana Universitas Qomaruddin

Keywords:

Pemecahan Masalah, Self Directed Learning, Pendidikan Matematika.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah dibutuhkan peserta didik untuk menyelesaikan masalah baik di luar ataupun di dalam konteks matematika. Peserta didik membutuhkan self directed learning untuk mengelola pembelajarannya secara mandiri serta mengambil inisiatif untuk mencapai tujuan pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan pemecahan masalah matematis serta self directed learning yang telah dimiliki peserta didik, kemudian menganalisis apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang memiliki self directed learning tinggi, sedang, maupun rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Peneliti menggunakan seluruh peserta didik kelas X di MA Assa’idiyah Tanggulrejo Manyar sebagai subjek dalam penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan cara memberikan angket self directed learning dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang memiliki self directed learning tinggi, sedang, dan rendah.

Kata kunci: Pemecahan Masalah, Self Directed Learning, Pendidikan Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, I. K. K., Sudiarta, P. I. G. P., & Ariawan, I. P. W. (2014). PENERAPAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 2(1).
Amaliah, F., Sutirna, S., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: suatu pendekatan penelitian. Rineka Cipta.
BSNP, B. S. (2006). Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah; standar kompetensi dan kompetensi dasar SMP/MTs. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Haryati, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik SMA dalam pembelajaran online berbantuan google classroom ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. UIN Mataram.
Nisa, R., Mahmudah, W., Jamaluddin, M., Triyana, I. W., Nalurita, I. V., & Kurniawati, Y. (n.d.). KANAL BELAJAR ONLINE OFFICIAL: MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SECARA MANDIRI.
Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.
Prabawanto, S. (2013). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, dan self-efficacy matematis mahapeserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan metacognitive scaffolding. Universitas Pendidikan Indonesia.
Purnamasari, P. D., & Sugiman, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas Xi Smk Muhammadiyah I Patuk Pada Pokok Bahasan Peluang Analysis Of Math Problem Solving Ability Student Grade Xi Smk Muhammadiyah I Patuk On Probability Discussion. Jurnal Pedagogi Matematika, 5(4).
Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari resiliensi matematis peserta didik SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187–202.
Rami, D. R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING. Universitas Pendidikan Indonesia.
Saniyyah, F., & Winiati, I. (2020). Analisis Penalaran Adaptif Peserta didik dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Adversity Quotient (AQ). Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(2), 121–129.
Siahaan, Y. S., & Surya, E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik SMP IT Nurul Fadhila Percut Sei Tuan. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNIMED.
Suryanti, S., Khikmiyah, F., Zawawi, I., & Fauziyah, S. (2017). Peningkatan penguasaan konsep matriks melalui model pembelajaran kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 21(1), 14–27.
Williamson, S. N. (2007). Development of a self-rating scale of self-directed learning. Nurse Researcher, 14(2).

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Furaidah, S., & Triyana, I. W. (2024). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF DIRECTED LEARNING. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.3825