PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN TV DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI MA NURUL AKBAR PONGKA
Keywords:
Model Pembelajaran Scramble, Kemampuan Numerasi, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble.(3) Untuk mengetahui bagaimana respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Scramble.(4) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan numerasi matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas X sebanyak 31 Siswa. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Hasil Belajar Siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa pada Siklus I yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 65,86% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 54,83%, dilanjutkan pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,2% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka.
Downloads
References
Amir, Magfirah, Malmia, & Taufik. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL). Uniqbu Journal of Social Sciences, 10(2), 25.
Approach, C. G. (2023). No Title No Title No Title. 1–23.
Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., Bayu, P., Madura, U., & Kotabumi, U. M. (n.d.). INVESTIGASI KEMAMPUAN NUMERASI. 4, 72–79.
Chairunnisa Inayatusufi, Hakim, L. El, & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.15118
Goldman, J., Stein, C. L., & Guerry, S. (2020). Achievement Tests. Psychological Methods of Child Assessment, 1966, 171–197. https://doi.org/10.4324/9781003070207-9
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ii, B. A. B. (2021). 92101619020_Bab2. 4(2), 8–32.
Ilmu, J., Nonformal, P., Jaya, M., Penyandingan, P., Bangkunat, K., Pesisir, K., Kota, B., Yunaini, L., Purwaningsih, J., Zaifan, S., & Watini, S. (2023). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 1313 Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Informasi di TK. 9(May), 1313–1320. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Kalsum, U., & Sulastri, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didikpada Kelas 5 SDN 027 Takatidung. Jurnal Keren, 1(5), 1–7. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2560365
Mardhiyana, D., & Izar, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah Bligo. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 249. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1234
MASKUR, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Mawadati, I., Syafi, R., Fajrin, R., & Ana, R. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 4 SDN 1 Tiudan Tulungagung. Jurnal Simki Postgraduate, 2(3), 257–266. file:///C:/Users/hp/Downloads/452-Article Text-2797-2-10-20230727.pdf
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66
Mustika, H., & Mariati. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble. Lebesgue, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.9
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.