PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN TV DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI MA NURUL AKBAR PONGKA

Authors

  • Fara Mutiara Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Paronda Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Muhammad Irfan Taufan Universitas Muhammadiyah Bone

Keywords:

Model Pembelajaran Scramble, Kemampuan Numerasi, PTK

Abstract

Penelitian ini  bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa. (2) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble.(3) Untuk mengetahui bagaimana respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Scramble.(4) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan numerasi matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Scramble. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas X sebanyak 31 Siswa. Instrumen yang digunakan yaitu Tes Hasil Belajar Siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes belajar siswa pada Siklus I yaitu nilai rata-rata siswa mencapai 65,86% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 54,83%, dilanjutkan pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,2% dengan nilai ketuntasan belajar klasikal 83,87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa kelas X MA Nurul Akbar Pongka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S. M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Pendidikan Islam Inklusif-Multikultural Implementation of the Scramble Type Cooperative Learning Model for Inclusive-Multicultural Islamic Education. 3(3), 1168–1175.
Amir, Magfirah, Malmia, & Taufik. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL). Uniqbu Journal of Social Sciences, 10(2), 25.
Approach, C. G. (2023). No Title No Title No Title. 1–23.
Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., Bayu, P., Madura, U., & Kotabumi, U. M. (n.d.). INVESTIGASI KEMAMPUAN NUMERASI. 4, 72–79.
Chairunnisa Inayatusufi, Hakim, L. El, & Sari, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 2(2), 28–37. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v2i1.15118
Goldman, J., Stein, C. L., & Guerry, S. (2020). Achievement Tests. Psychological Methods of Child Assessment, 1966, 171–197. https://doi.org/10.4324/9781003070207-9
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Ii, B. A. B. (2021). 92101619020_Bab2. 4(2), 8–32.
Ilmu, J., Nonformal, P., Jaya, M., Penyandingan, P., Bangkunat, K., Pesisir, K., Kota, B., Yunaini, L., Purwaningsih, J., Zaifan, S., & Watini, S. (2023). AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 1313 Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Informasi di TK. 9(May), 1313–1320. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Kalsum, U., & Sulastri, S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didikpada Kelas 5 SDN 027 Takatidung. Jurnal Keren, 1(5), 1–7. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2560365
Mardhiyana, D., & Izar, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah Bligo. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 249. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1234
MASKUR, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Mawadati, I., Syafi, R., Fajrin, R., & Ana, R. (2023). Analisis Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas 4 SDN 1 Tiudan Tulungagung. Jurnal Simki Postgraduate, 2(3), 257–266. file:///C:/Users/hp/Downloads/452-Article Text-2797-2-10-20230727.pdf
Mukminah, Hirlan, & Sriyani. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Berhitung Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 1. Jurnal Pacu Pendidikan Dasae, 1(1), 1–14. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/66
Mustika, H., & Mariati. (2020). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble. Lebesgue, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.9
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Mutiara, F. ., Paronda, N. ., & Asfar, A. M. I. T. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN TV DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA DI MA NURUL AKBAR PONGKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 275–283. Retrieved from https://e-journal.my.id/pedagogy/article/view/4929