ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4852
Keywords:
Model Pembelajaran, PjBL, Siswa SMPAbstract
Pemahaman konsep sangat penting sebagai pondasi dari pembelajaran. Oleh karena itu, pemahaman konsep harus diterapkan sejak dini. Karena jika sudah terjadi kesalahan di awal akan berdampak buruk untuk ke depannya. Model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) telah menjadi pendekatan yang populer dalam lingkungan pendidikan karena mengintegrasikan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan situasional. Model pembelajaran ini bersifat kelompok yang akan menciptakan kerjasama, diskusi dan bermain pada saat pembelajaran. Sehingga model pembelajaran ini juga cocok untuk siswa kelas VII SMP. Fokus penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII di salah satu sekolah yang berada di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui bagaimana kondisi pemahaman konsep siswa. Selain itu pendekatan kualitatif juga digunakan di penelitian ini. Berikut dengan tes dan wawancaranya. Penelitian ini menghasilkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas VII SMP masih sangat minim.
Downloads
References
Hafisya, A. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN, PRESTASI KERJA, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN PADA PT. KAI STASIUN LUBUKLINGGAU. Thesis S1 UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://repository.radenfatah.ac.id/16725/.
Basuki. (2013). Pengaruh Penggunaan Perpaduan Teori Konektivitas Bruner dan Teori Hukum Latihan Thorndike Terhadap Peningkatan Daya Ingat Peserta Didik dalam Pelajaran Matematika Kelas 5 SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Thesis S1 Universitas Kristen Satya Wacana. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://repository.uksw.edu/handle/123456789/3789.
Lektur.ID. Arti Kata Matematika di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://kbbi.lektur.id/matematika.
Rachmantika, A. R., Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (unnes.ac.id).
Ningsih, F. I. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Thesis S1 UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari http://repository.unim.ac.id/134/.
Agata, D. A., ‘Aini, K., Riswanda, J., Tastin, T. C., Afriansyah. D. (2018). Review: PEMAHAMAN KONSEP. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari Review: PEMAHAMAN KONSEP | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (radenfatah.ac.id).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.