ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4852

Authors

  • Alya Nur Najmi Laila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Priatna Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Model Pembelajaran, PjBL, Siswa SMP

Abstract

Pemahaman konsep sangat penting sebagai pondasi dari pembelajaran. Oleh karena itu, pemahaman konsep harus diterapkan sejak dini. Karena jika sudah terjadi kesalahan di awal akan berdampak buruk untuk ke depannya. Model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) telah menjadi pendekatan yang populer dalam lingkungan pendidikan karena mengintegrasikan pembelajaran aktif, kolaboratif, dan situasional. Model pembelajaran ini bersifat kelompok yang akan menciptakan kerjasama, diskusi dan bermain pada saat pembelajaran. Sehingga model pembelajaran ini juga cocok untuk siswa kelas VII SMP. Fokus penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII di salah satu sekolah yang berada di Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengerahui bagaimana kondisi pemahaman konsep siswa.  Selain itu pendekatan kualitatif juga digunakan di penelitian ini. Berikut dengan tes dan wawancaranya. Penelitian ini menghasilkan bahwa pemahaman konsep siswa kelas VII SMP masih sangat minim.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Disdikpora. (2014). Definisi Pendidikan Menurut UU No.20 Th 2003. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://disdikpora.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/definisi-pendidikan-menurut-uu-no-20-th-2003-79
Hafisya, A. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN, PRESTASI KERJA, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN PADA PT. KAI STASIUN LUBUKLINGGAU. Thesis S1 UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://repository.radenfatah.ac.id/16725/.
Basuki. (2013). Pengaruh Penggunaan Perpaduan Teori Konektivitas Bruner dan Teori Hukum Latihan Thorndike Terhadap Peningkatan Daya Ingat Peserta Didik dalam Pelajaran Matematika Kelas 5 SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Thesis S1 Universitas Kristen Satya Wacana. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://repository.uksw.edu/handle/123456789/3789.
Lektur.ID. Arti Kata Matematika di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari https://kbbi.lektur.id/matematika.
Rachmantika, A. R., Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (unnes.ac.id).
Ningsih, F. I. (2018). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL. Thesis S1 UNIVERSITAS ISLAM MAJAPAHIT MOJOKERTO. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari http://repository.unim.ac.id/134/.
Agata, D. A., ‘Aini, K., Riswanda, J., Tastin, T. C., Afriansyah. D. (2018). Review: PEMAHAMAN KONSEP. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN BIOLOGI. Diakses pada Rabu, 1 Mei 2024, dari Review: PEMAHAMAN KONSEP | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi (radenfatah.ac.id).

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Laila, A. N. N., & Priatna, N. . (2024). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 58–69. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4852