ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI GAME EDUKASI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4851

Authors

  • Farah Fauziyyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Priatna Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Berpikir kritis matematis, media pembelajaran, game edukasi, pembelajaran statistika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan game edukasi, khususnya dalam konteks statistika, terutama mengenai pemusatan data (mean, median, dan modus). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berupa siswa kelas 8-D di SMP 1 Pasundan, Bandung. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 13 hingga 15 Mei 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi statistika. Dalam uji tulis, sebanyak 69,5% siswa berhasil mencapai nilai KKM setelah menggunakan game edukasi, sementara hanya 30,4% siswa belum mencapai nilai KKM. Selain itu, hasil uji soal melalui media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall menunjukkan bahwa 82,6% siswa berhasil menjawab 3 dari 3 soal dengan benar. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan game edukasi Wordwall dapat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, terutama dalam memahami konsep statistika. Meskipun terdapat beberapa siswa yang belum mencapai nilai KKM, namun secara keseluruhan, terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan game edukasi Wordwall.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Saputro, T., Ratu, N., Studi Pendidikan Matematika, P., & Kristen Satya Wacana Salatiga, U. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGUNAKAN APLIKASI CONSTRUCT 2 PADA MATERI ALJABAR KELAS VII. In Maret (Vol. 4, Issue JP2M).
Bahauddin, A., & Setyaningrum, W. (2019). Teacher’s and prospective-teacher’s perceptions of mobile math game “proadventure” implementation in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012080
Damarjati, S., & Miatun, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6442
Etcuban, J. O., & Pantinople, L. D. (2018). The Effects of Mobile Application in Teaching High School Mathematics. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3). https://doi.org/10.12973/iejme/3906
Hermawan, D. P., Herumurti, D., & Kuswardayan, I. (2017). Efektivitas Penggunaan game edukasi berjenis puzzle, RPG dan Puzzle RPG sebagai sarana belajar matematika.
Hesti, Murtiyasa, B., Sutama, markamah, prayitno, muhibbin, & anif. (2019). IMPLEMENTASI MODUL SENI PERTUNJUKKAN UNTUK.
Indiati, I., Supandi, Ariyanto, L., & Kusumaningsih, W. (2021). The effectiveness of the problem-posing method based on android applications in mathematics learning. İlköğretim Online, 20(1). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.137
Khasanah, B. A., Dwi Ayu, I., Matematika, P., Muhammadiyah, S., & Lampung, P. (2017). Tenaga Pengajar pada Program Studi Pendidikan Matematika (Issue 2).
Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 7 PONTIANAK. In Jurnal Edukasi (Vol. 14, Issue 2).
Mahmuzah, R. (2015). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING. Jurnal Peluang, 4(1).
Murtiyasa, B., Jannah, I. M., & Rejeki, S. (2020). Designing mathematics learning media based on mobile learning for ten graders of vocational high school. Universal Journal of Educational Research, 8(11), 5637–5647. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081168
Muslim Sanusi, A., Septian, A., Sarah Inayah, dan, Muwardi Komplek Pasir Gede Raya, J., & Barat, J. (2020). Matematika Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. 9(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Pramuditya, S. A., Noto, S., & Purwono, H. (2018). Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. 2(2), 165–179.
Prastyo, A. B., Gembong, S., Masfingatin, T., & Maharani, S. (2020). HOTS Android-Based student worksheets to practice creative thinking ability of vocational school students. Journal of Physics: Conference Series, 1464(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1464/1/012006
Puspita Rachma, Y., Setyadi, D., Helti Lygia Mampouw, dan, Matematika, P., & Kristen Satya Wacana Jalan Diponegoro, U. (2020). Pengembangan Mobile Learning Barusikung Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. 9(3), 3. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Rahimi, M., & Soryani, M. (2014). The relationship between efl teachers’ critical thinking skills and vocabulary learning strategy instruction across gender. International Journal of Applied Linguistics and English Literature, 3(1), 107–114. https://doi.org/10.7575/aiac.ijalel.v.3n.1p.107
Rasyid, A., Gaffar, A., & Utari, A. (2020). Efektvitas Aplikasi Mobile Learing Role Play Games (RPG). Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 107–115. https://doi.org/10.31943/mangiferaeduv4i2.47
Saputra, M. R. D., & Kuswanto, H. (2019). The effectiveness of Physics Mobile Learning (PML) with HomboBatu theme to improve the ability of diagram representation and critical thinking of senior high school students. International Journal of Instruction, 12(2), 471–490. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12230a
Setyaningrum, W., & Waryanto, N. H. (2017). MEDIA EDUTAINMENT SEGI EMPAT BERBASIS ANDROID: APAKAH MEMBUAT BELAJAR MATEMATIKA LEBIH MENARIK? Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.369
Widiyatmoko, A., Utaminingsih, S., & Santoso. (2021). Android-based math learning to improve critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1823(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1823/1/012091
Wulan Suci, N., & Pratama Murtikusuma, R. (2019). THE DEVELOPMENT OF ANDROID GAME SUPPORTED BY GAMESALAD FOR SECONDARY STUDENTS IN RATIO TOPIC. In Agustus (Vol. 1, Issue 2).

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Fauziyyah, F., & Priatna, N. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI GAME EDUKASI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 42–57. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4851