ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4799

Authors

  • Natasya Fadilla Hidayatulloh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Priatna Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematis, Project Based Learning, STEAM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan literasi matematis siswa selama pembelajaran berbasis proyek menggunakan STEAM. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP daerah Bandung dengan melibatkan 26 siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif ditambah dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan memberikan tes literasi matematis berbentuk 3 soal uraian dan pengamatan langsung. Indikator literasi matematis yang dipakai, yaitu 1) merumuskan keadaan secara matematis, 2) menggunakan konsep matematika dan 3) mengevaluasi hasil matematika. Temuan menunjukkan bahwa tidak semua kategori memenuhi kemampuan dalam literasi matematis. Pada soal uraian pertama, semua kategori memenuhi indikator kemampuan dalam literasi matematis. Pada soal uraian kedua, hanya kategori rendah yang tidak memenuhi. Sedangkan soal uraian ketiga hanya kategori tinggi yang memenuhi. Oleh karena itu, kategori tinggi dari jawaban siswa yang paling baik dibandingkan dua kategori lainnya. Faktor-faktor yang mempengaruhi literasi matematis dari setiap individu antara lain perilaku belajar matematika dari setiap individu, motivasi belajar, dan lingkungan kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayuningsih, F., Malikah, S., Nugroho, M. R., Winarti, Murtiyasa, B., & Sumardi. (2022). Pembelajaran Matematika Polinomial Berbasis STEAM PJBL Menumbuhkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(5), 8175–8187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3660
Daimah, U. S., & Suparni. (2023). Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka dalam Mempersiapkan Peserta Didik di Era Society 5.0. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied , 4(2), 131–139. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Khafidin, D., Diva, S. A., & Sumanji. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui STEAM Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Untuk Siswa SD Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 101–110.
Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221
Malikah, S., Winarti, Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Mustika, D., & Ain, S. Q. (2020). Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Menggunakan Model Project Based Learning dalam Pembuatan Media IPA Berbentuk Pop Up Book. Jurnal Basicedu, 4(4), 1167–1175. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.518
Mutia, Effendi, K. N. S., & Sutirna. (2021). PISA-LIKE: Uncertainty and Data Content in Statistics subject with Futsal Context. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012028
Nuurjannah, P. E. I., Amaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 15–28. https://doi.org/doi.org/10.29407/jmen.v4i01.12016
OECD. (2017). PISA for Development Assessment and Analytical Framework. www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
Pane, R. (2023). Model-Model Pembelajaran Pendidikan Matematika pada Kurikulum Merdeka. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(6), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.433
Ramadhan, W. (2023). Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEAM Melalui Project-Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(2), 171–186. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v8i2.390
Santia Ika. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 81–85. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748
Sartika, D., Silviana, D., & Syarifuddin. (2023). Implementasi Pendekatan STEAM Berbasis PJBL dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran & Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 108–118. https://doi.org/https://doi.org/https:/doi.org/10.52266/
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science) , 2(1), 58–67. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Sinaga, W., Parhusip, B. H., Tarigan, R., & Sitepu, S. (2021). Perkembangan Matematika dalam Filsafat dan Aliran Formalisme yang Terkandung dalam Filsafat Matematika. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508

Downloads

Published

2024-11-09

How to Cite

Fadilla Hidayatulloh, N., & Priatna, N. . (2024). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MELALUI PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEAM. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1–14. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i2.4799