Pengembangan Modul Ajar Sistem Pesamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5840
Keywords:
Modul Ajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Problem SolvingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul ajar berbasis problem solving melalui pemahaman pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini ditinjau dari kevalidan dan keefisienan produk. Kevalidan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh 3 validator pada angket validasi sebesar 89,7 masuk pada interval >81 dengan kriteris sangat valid. Sedangkan keefisienan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh responden melalui tahap uji coba skala kecil dengan jumlah responden sebanyak 5 siswa yang memperoleh nilai 82 masuk dalam interval 70,01 – 85 dengan kategori efisien. Sedangkan uji coba skala besar dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa memperoleh nilai 94,5 masuk dalam interval >85,01 dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti berupa modul ajar sangat valid, sangat efisien, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Downloads
References
Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. In Paedagogia (Vol. 20, Issue 1).
Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 74.
Ariskasari, D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving Polya pada Materi Vektor. Repository Uin.
Biro Pusat Statistik, S. S. K. dan T. I. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sektor Bisnis 2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 1–144.
Damiyanti, Y., & Zhanty, L. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK pada Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Problem Based Learning. Journal On Education, 1(3), 147–154.
Denia, A., Mandailina, V., & Al Musthafa, S. (2018). Pengembangan Lks Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Aritmatika. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 214.
Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. In Jakarta: Prestasi Pustaka (pp. 54–55).
Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327.
Indriani, R., Rambe, K. B., & Wandini, R. R. (2023). Pengaruh Teori Polya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32182–32186.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Surabaya: Bintang.
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Melianingsih, N., Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul, M., & Negeri Yogyakarta, U. (2015). Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Problem Solving Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp the Effectiveness of Open-Ended and Problem Solving Approach in Matter of Flat Side Construct in Junior High School. 2(2), 211–223
N. S. Salsabilla, M. N. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS. Center for Educational Policy Studies Journal, 7(1), 37–47.
Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2023). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk Kemampuan Berfikir Kritis dan Reflektif Matematis Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 182–197.
Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pq4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1).
Oktavia, L., Fatqurhohman, AH, N. I., & Agustina, Lady. (2024). Pengembangan lkpd berbasis rme dengan pendekatan etnomatematika pada materi garis dan sudut. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 97–106.
Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. In Yogyakarta: Diva Press.
Pratiwi, Y. N., Ah, N. I., Rhomdani, R. W., & Agustina, Lady. (2024). “Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Karakter dan Nilai – Nilai Islami Pada Materi SPLDV Kelas VIII di SMP Islam Gumukmas. Kadikma, 15(2), 34–45.
Saadah, S., & Amarullah, M. M. S. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Bandung. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 858–868.
Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia. PPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 94–102.
Siahaan, E. M., Dewi, S., Said, H. B., Kemampuan, A., Masalah, P., Berdasarkan, M., Polya, T., Gaya, D., Field, K., Bahasan, P., Kelas, T., Sma N, X., Jambi, K., Studi, P., Matematika, P., Batanghari, U., Slamet, J., No, R., & Jambi, B. (2018). Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 100–110.
Syahril, R. F., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1987.
Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.