Pengembangan Modul Ajar Sistem Pesamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5840

Authors

  • Sugesti Rahayu Gesti Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nurul Imamah AH Universitas Muhammadiyah Jember
  • Lady Agustina Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

Modul Ajar, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel, Problem Solving

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul ajar berbasis problem solving melalui pemahaman pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini ditinjau dari kevalidan dan keefisienan produk. Kevalidan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh 3 validator pada angket validasi sebesar 89,7 masuk pada interval >81 dengan kriteris sangat valid. Sedangkan keefisienan produk diperoleh dari nilai rata-rata yang diberikan oleh responden melalui tahap uji coba skala kecil dengan jumlah responden sebanyak 5 siswa yang memperoleh nilai 82 masuk dalam interval 70,01 – 85 dengan kategori efisien. Sedangkan uji coba skala besar dengan jumlah responden sebanyak 32 siswa memperoleh nilai 94,5 masuk dalam interval >85,01 dengan kategori sangat efisien. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan oleh peneliti berupa modul ajar sangat valid, sangat efisien, dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adikalan, N. H., Ah, N. I., & Suryaningrum, C. W. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis dengan Mind Mapping Development Of Scholarship Worksheets Based on Mathematical Grading Skills with Mind Mapping. 9(2), 245–260.

Achir, Y. S., Usodo, B., & Retiawan, R. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. In Paedagogia (Vol. 20, Issue 1).

Ariawan, R., Utami, R., Herlina, S., & Istikomah, E. (2022). Pengembangan Modul Ajar dengan Model Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 74.

Ariskasari, D. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Solving Polya pada Materi Vektor. Repository Uin.

Biro Pusat Statistik, S. S. K. dan T. I. (2018). Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sektor Bisnis 2018. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 1–144.

Damiyanti, Y., & Zhanty, L. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK pada Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Dua Variabel dengan Pendekatan Problem Based Learning. Journal On Education, 1(3), 147–154.

Denia, A., Mandailina, V., & Al Musthafa, S. (2018). Pengembangan Lks Matematika Menggunakan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Aritmatika. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 214.

Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. In Jakarta: Prestasi Pustaka (pp. 54–55).

Harefa, D., & La’ia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 327.

Indriani, R., Rambe, K. B., & Wandini, R. R. (2023). Pengaruh Teori Polya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32182–32186.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Surabaya: Bintang.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.


Melianingsih, N., Unggulan Al-Imdad Pandak Bantul, M., & Negeri Yogyakarta, U. (2015). Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Problem Solving Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp the Effectiveness of Open-Ended and Problem Solving Approach in Matter of Flat Side Construct in Junior High School. 2(2), 211–223

N. S. Salsabilla, M. N. (2024). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran IPAS. Center for Educational Policy Studies Journal, 7(1), 37–47.
Nindiasari, H., & Syamsuri, S. (2023). Peningkatan Pengetahuan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka untuk Kemampuan Berfikir Kritis dan Reflektif Matematis Guru Matematika. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(1), 182–197.

Novalia, H., & Noer, S. H. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pq4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1).

Oktavia, L., Fatqurhohman, AH, N. I., & Agustina, Lady. (2024). Pengembangan lkpd berbasis rme dengan pendekatan etnomatematika pada materi garis dan sudut. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(2), 97–106.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. In Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, Y. N., Ah, N. I., Rhomdani, R. W., & Agustina, Lady. (2024). “Pengembangan LKPD Berbasis Pendidikan Karakter dan Nilai – Nilai Islami Pada Materi SPLDV Kelas VIII di SMP Islam Gumukmas. Kadikma, 15(2), 34–45.

Saadah, S., & Amarullah, M. M. S. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Bandung. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 858–868.

Setyawan, A. A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia. PPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 94–102.

Siahaan, E. M., Dewi, S., Said, H. B., Kemampuan, A., Masalah, P., Berdasarkan, M., Polya, T., Gaya, D., Field, K., Bahasan, P., Kelas, T., Sma N, X., Jambi, K., Studi, P., Matematika, P., Batanghari, U., Slamet, J., No, R., & Jambi, B. (2018). Trigonometri Kelas X Sma N 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 100–110.

Syahril, R. F., Saragih, S., & Suanto, E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Untuk Memfasilitasi Kecakapan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1987.

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040.

Downloads

Published

2025-05-08

How to Cite

Gesti, S. R., Imamah AH, N. ., & Agustina, L. . (2025). Pengembangan Modul Ajar Sistem Pesamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Solving. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 269–281. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i2.5840