ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena penelitian ini dilakukan dengan mengamati interaksi –interaksi yang terjadi di sekitar kita. Dalam masalah yang dibahas penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Jadi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang berarti peneliti ingin menjelaskan dan menggambarkan apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaiakan soal operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan karena peneliti masih menemukan banyaknya siswa kelas X yang masih kesulitan dalam pembelajaran operasi hitung bentuk aljabar. Penelitian ini dilakukan di SMA Virgo Fidelis Bawen dengan subyek siswa kelas XA. Pengambilan data yang dilakukan peneliti adalah dengan wawancara, tes dan juga observasi. Peneliti akan melakukan observasi di dalam kelas disaat siswa diajarkan oleh guru tentang operasi hitung bentuk aljabar. Setelah itu, peneliti akan mengajak 5 siswa sebagai perwakilan dari seluruh siswa kelas XA untuk mengerjakan 5 soal yang berkaitan dengan soal operasi hitung bentuk aljabar. Hasil pekerjaan siswa digolongkan dengan 3 kategori yaitu kategori tinggi, kategori sedang dan kategori rendah. Pada setiap katogeri peneliti mengambil 1 siswa. Kategori kesalahan yang digunakan peneliti adalah kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam menggunakan rumus, kesalahan dalam operasi penyelesaian dan yang terakhir adalah kesalahan dalam menyimpulkan. Pengambilan data dengan wawancara dilakukan setelah 3 siswa mengerjakan soal dan peneliti sudah mendapatkan kesimpulan dari hasil tes siswa.
Downloads
Copyright (c) 2023 Difta Alifah Salsabilla, Danang Setyadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.