PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR SMA

  • Putri Adiningrum Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
Keywords: Borga&Gall, ADDIE, pengembangan media, Geometri bidang datar, pop up box ular tangga, R&D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Ular Tangga yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya dalam materi geometri bidang datar untuk siswa SMA. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development metode Borg & Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono. Dalam melakukan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluations). Subjek untuk melakukan penelitian ini adalah 20 siswa SMA kelas XI MIPA yang telah mempelajari materi tentang geometri bidang datar. Penelitian menggunakan instrumen penelitian lembar validasi media yang dinilai oleh dosen ahli materi dan media. Teknik untuk pengumpulan data menggunakan hasil validasi, hasil kerja siswa, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran Ular Tangga Geometri Bidang Datar SMA sudah dikatakan layak dibuktikan dari hasil validasi ahli media dan materi (82,85%) dan rata-rata hasil dari uji coba media pembelajaran yang telah diuji coba kepada siswa (88) dikategorikan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anditya, R. (2016). Faktor-Faktor penyebab kecemasan Matematika. Artikel Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Azmi, N. (2016). Penerapan Metode Berbasis Joyful Learning Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 2 SDN 27 Ampenan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Skripsi Universitas Mataram.
Sari, Y. (2017). Penerapan Metode Joyful Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan Mengurangi Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII A SMP Kristen 2 Salatiga. Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana.
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77-89. Retrieved from: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/2450
Salam, N., Safei, S., & Jamilah, J. (2019). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi sistem saraf. AL-AHYA: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 52-69. Retrieved from: http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/alahya/article/view/5630
Published
04-12-2023
How to Cite
Adiningrum, P., & Setyadi, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MATERI GEOMETRI BIDANG DATAR SMA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 491-501. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i2.3151