PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI BILANGAN BULAT POSITIF NEGATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Natasya Sukma Murdaningrum Universitas Kristen Satya Wacana
  • Danang Setyadi Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Pengembangan Media, Kartu Domino, Bilangan Bulat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis kartu domino pada materi bilangan bulat yang ditergetkan pada siswa kelas VI sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall yang sudah diadaptasi oleh Sugiono (2015) yang memiliki 8 langkah (analisis masalah, pengumpulan data awal, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, implementasi media). Penelitian akan diuji cobakan pada 11 siswa kelas 6 SD Negeri Bugel 2 Salatiga pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan dengan cara penyebaran angket, tes dan dokumentasi pada siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan kepraktisan media, soal pretest dan post-test, dan lembar pendapat siswa (angket). Hasil dari analisis data validasi dan pendapat siswa menyatakan bahwa media ini mampu meningkatkan penguasaan materi operasi hitung bilangan bulat karena mereka dapat belajar sambil bermain sehingga tidak merasa jenuh. Penggunaan media kartu domino bilangan bulat ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini membuktikan bahwa kartu domino bilangan bulat menarik minat dan memudahkan siswa dalam belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
26-05-2023
How to Cite
Murdaningrum, N. S., & Setyadi, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO PADA MATERI BILANGAN BULAT POSITIF NEGATIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 271-280. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v8i1.2574